Tanggal:30 May 2024

Cara Memulai Usaha Fotocopy untuk Pemula, Beserta Perkiraan Modalnya!

Saat seseorang ingin membuka usaha untuk mendapatkan keuntungan dari hasil usaha tersebut. Dapat memilih usaha fotocopy karena tidak akan merugikan bagi pebisnis pemula. Kenapa bisa tidak merugikan? Karena setiap orang pasti akan membutuhkan toko fotocopy untuk memenuhi keperluan aktivitasnya.

Kamu ingin membuka usaha fotocopy? Namun, masih bingung bagaimana cara memulainya? Yuk, simak berikut ini penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Usaha Fotocopy? 

Ilistrasi Pebisnis Usaha Fotocopy (Sumber: Pexels)

Usaha fotocopy merupakan layanan jasa menyalin atau menduplikasi tulisan atau gambar dari sebuah buku, dokumen, maupun tulisan lainnya, selain itu juga menjual perlengkapan alat tulis. Usaha ini menjadi salah satu usaha yang menjanjikan, lho! Bagaimana tidak, hampir semua orang membutuhkan jasa usaha satu ini. Terutama bagi orang yang bekerja di kantor atau anak sekolah. 

Baca Juga: Berikut Kiat Sukses Memulai Usaha Sistem Konsinyasi

Fotocopy merupakan usaha yang sudah cukup lama berkembang, meski saat ini teknologi semakin canggih dengan adanya dokumen online, pada nyatanya masih banyak orang yang memerlukan dokumen fisik, dan mencari jasa fotocopy untuk menggandakannya. Lalu, untuk kamu yang ingin memulai usaha fotocopy, apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuka usaha ini? Simak berikut ini, ya!

Tips Memulai Bisnis Fotocopy 

Ilustrasi Memulai Bisnis Fotocopy Rumahan (Sumber: Freepik)

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis fotocopy, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar bisa menjadi pebisnis fotocopy pemula yang sukses, berikut tipsnya!

1. Pilih tempat yang strategis

Untuk memulai usaha, hal yang paling utama adalah memikirkan di mana lokasi usaha yang dijalankan. Untuk membuka usaha fotocopy lokasi yang sangat cocok, seperti di area perkantoran, sekolah, kampus, perumahan, dan lainnya. Memilih lokasi yang sangat strategis agar dapat menguntungkan peluang yang sangat besar, bahkan keuntungan yang akan didapatkan akan jauh lebih efektif meningkat setiap bulannya.

Baca Juga: Surat Izin Tempat Usaha (SITU): Pengertian Dan Syaratnya

2. Gunakan mesin fotocopy yang berkualitas

Dalam bisnis fotocopy, memilih mesin fotocopy sangatlah utama, diibaratkan seperti ujung tombak dalam bisnis ini. Pilihlah mesin fotocopy dengan merek yang sudah terpercaya kualitasnya. Selain itu sesuaikan budget juga, ya! Jika memang budget kamu kurang, dan hanya bisa membeli yang bekas, pastikan barang masih bagus dan kondisi terawat dengan baik, ya!

Jika memilih mesin fotocopy yang berkualitas maka hasilnya akan berkualitas juga. Karena dengan begitu orang-orang yang percaya terhadap jasa layanan fotocopy kamu akan menjadi pelanggan tetap jika layanannya bagus.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha Kuliner Dari Pemula Hingga Sukses!

3. Mencari supplier yang berkualitas

Dalam memulai bisnis fotocopy, agar mendapatkan keuntungan yang besar dan efektif maka carilah supplier berkualitas yang berhubungan dengan bidang bisnis fotocopy atau alat tulis kantor. 

Pastikan untuk mencari dan membeli berbagai macam kebutuhan fotocopy dan alat tulis kantor dari supplier, agar keuntungan jauh lebih besar dan efektif. Seperti mencari produsen kertas yang berkualitas, bisa gunakan kertas merek Sinar Dunia (Sidu) jenis hvs.

Baca Juga: Peluang Dan Cara Memulai Usaha Konveksi

4. Utamakan kualitas dan pelayanan yang baik

Memulai bisnis fotocopy melainkan seperti bisnis jasa, karena selain menjual keperluan ATK (Alat Tulis Kantor) juga melayani jasa penggandaan dokumen. Maka sangat penting bagi pemilik fotocopy memberikan pelayanan yang terbaik. Diperhatikan dari segi kerapian pengerjaannya, kecepatan, maupun keramahan. Dengan begitu mereka akan kembali datang untuk mem-fotocopy bahkan bisa jadi mereka menjadi pelanggan tetap.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Cuci Sepatu, Modal Kecil Untung Besar!

5. Memulai promosi

Jika ingin memulai usaha, tentu melakukan promosi juga menjadi hal yang penting. Untuk kamu yang menjadi pebisnis fotocopy pemula, promosi yang dilakukan bisa, seperti memasang banner, memberi potongan khusus atau diskon di harga tertentu, pembagian brosur, ataupun promosi lewat media sosial. Dengan memberikan diskon pada setiap orang yang mem-fotocopy maka tidak menutup kemungkinan orang-orang akan kembali datang untuk fotocopy kembali.

Baca Juga: Penting Untuk Bisnis? Ini Dia Penjelasan Lengkap Data Mart!

6. Mengembangkan usaha

Ilustrasi Sedang Mengerjakan Jilid Dokumen Pelanggan dalam Usaha Fotocopy (Sumber: Pexels)

Saat kamu memulai usaha dan mulai berjalan usaha tersebut. Tentu kamu menginginkan untuk bisa mengembangkan usaha tersebut bukan? Tak terkecuali usaha fotocopy. Selain menjual jasa fotocopy dan barang, bisa juga menyediakan jasa yang berkaitan dengan fotocopy. Misalnya, jasa pengetikan, scan, jilid dan lainnya. Dengan melakukannya, tentu dapat dipastikan bahwa usaha fotocopy kamu cepat balik modal. 

Baca Juga: Sudah Punya Usaha Yang Gak Ada Matinya Ini?

Perkiraan Modal Awal Bisnis Fotocopy

Inilah perkiraan anggaran simple yang dihitung sebagai beban bulanan untuk mempermudah target pencapaian kedepannya.

  1. Sewa kios lokasi strategis Rp12.000.000/tahun, maka biaya bulanan Rp1.000.000
  2. Mesin fotocopy bekas berkualitas Rp10.000.000 
  3. Laptop dan printer Rp5.000.000
  4. Alat pendukung Rp3.000.000 
  5. Rak dan meja untuk berjualan alat tulis Rp3.000.000
  6. Gaji karyawan Rp1.000.000
  7. Listrik dan internet Rp500.000
  8. Perawatan dan tinta Rp150.000
  9. Alat tulis dan alat kantor Rp7.000.000

Ditotalkan untuk biaya modal awal sekitar Rp30.850.000. Jika di hitung, total keuntungan perbulan sekitar Rp3.819.000. Dengan keuntungan yang tidak dilebih-lebihkan cukup menggiurkan, bukan? Memulai usaha fotocopy tidak perlu khawatir akan gagal! karena bisnis usaha ini sangat menjanjikan, lho!

Baca Juga: Simulasi Bisnis: Apa Itu, Manfaat Dan Pentingnya Bagi Perusahaan!

Berikut penjelasan mengenai bisnis fotocopy, bagaimana ingin membuka usaha fotocopy? Ternyata ada banyak hal yang perlu dilakukan ketika mau membuka bisnis fotocopy ya. Jika memang benar-benar tertarik, buatlah rencana sekarang juga. Selamat mencoba dan semoga sukses!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *