Tanggal:17 May 2024

Podcast : Pengertian, Jenis, Manfaat dan Cara Membuatnya!

Pasti kamu sudah tidak asing mendengar kata podcast, bukan? Saat ini podcast menjadi salah satu trend yang ada di Indonesia. Kebanyakan content creator sampai influencer, yang membuat sebuah konten dengan berbasis radio atau biasa kita kenal dengan podcast. Pada umumnya, memang podcast tidak jauh beda dengan siaran radio, yang menampilkan hanya sekedar suara saja.

Namun, podcast dan radio tetap memiliki perbedaan yang signifikan tentunya. Di era yang semakin meningkat serba digital ini, sudah banyak podcast yang bermunculan dengan beragam topik yang dibicarakan. Para pendengar tertarik mendengar konten tersebut, yang terdapat sebuah diskusi menarik disajikan secara santai dan seru! Lalu, sebenernya podcast itu apa? Pasti penasaran bukan? Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Podcast

Ilustrasi Perlengkapan Podcast (Sumber: Pexels)

Podcast adalah siaran berupa rekaman suara dari host (orang yang berbicara di podcast) dengan membahas topik tertentu yang menarik. Podcast lebih terkesan fleksibel dan intens dibandingkan siaran radio pada umumnya. Istilah podcast pertama kali diajukan oleh seorang jurnalis The Guardian, Ben Hammersley, di tahun 2004. Kata podcast sendiri, memiliki arti kepanjangan dari play on demand and broadcast. 

Podcast bisa didengarkan kapan saja dan di mana saja, lho! Saat kamu berpergian jarak jauh podcast dapat kamu dengarkan pastinya! Menurut Edision Research dan Triton Digital lewat Oberlo, pendengar podcast selalu berkembang setiap tahun, karena banyak diminati banyak orang.

Podcast menjadi salah satu media yang berkembang pesat di beberapa tahun belakangan ini, podcast merupakan sebuah file audio digital yang dibuat dan dapat diunggah di platform online untuk semua orang. File tersebut dapat diakses melalui desktop, gadget, dan media lainnya. 

Durasi yang digunakan dalam podcast dimulai dari beberapa menit hingga jam, format yang digunakan biasanya wawancara antara host dengan narasumber, podcast individu seperti mengadakan talkshow, dan lainnya. Topik yang biasa digunakan dalam podcast, seperti traveling, musik, entertainment, olahraga, dan lainnya. 

Manfaat Podcast 

Saat kamu beraktivitas di luar rumah ataupun di dalam rumah, dan kamu sedang tidak memiliki kegiatan lainnya, kamu pernah merasa bosan, bukan? Bingung harus melakukan apa? Jangan khawatir, ya! 

Dengan mendengarkan podcast, bisa mengisi waktu luangmu, loh! Namun, sangat disayangkan. Di Indonesia budaya mendengarkan podcast masih kurang, pada nyatanya manfaat yang dapat dirasakan mendengarkan podcast sangat banyak, loh, berikut diantaranya:

Baca JugaCara Promosi Podcast!

1. Terdapat variasi kategori dalam podcast 

Banyaknya kategori bahasan yang bisa kamu gunakan dalam membuat siaran podcast. Mulai dari kategori musik, politik, komedi, hingga publik figur. Selain itu, materi dari yang akan dibahas tidak cuman informasi saja. 

Melainkan juga membahas mengenai perspektif lainnya, adanya argumen yang menarik untuk didiskusikan dan disampaikan oleh podcaster, sehingga pendengar berpikir secara terbuka dan dapat menganalisis informasi tersebut.

2. Tidak terdapat iklan

Didalam sebuah podcast, tidak terdapat satupun iklan meski tidak secara langsung. Jika tidak terlalu banyak iklan, akan membuat pendengar bisa mendengarkan podcast dengan nyaman. 

3. Podcast lebih fleksibel

Podcast dapat didengarkan kapanpun dan di mana saja, loh! Apalagi saat ini, aplikasi podcast sudah banyak ditemui di IOS ataupun Android secara gratis! Sehingga, jika kamu ingin mendengarkan podcast kamu bisa mendengarkan siaran tersebut tanpa batasan waktu maupun tempat.

4. Melatih daya imajinasi

Podcast bisa kita sandingkan dengan membaca, karena membutuhkan daya imajinasi. Pada umumnya, podcast tidak menggunakan visual, tetapi menggunakan indra pendengaran yang akan membuat para pendengar membayangkan dan memahami apa yang dibicarakan, sehingga terlatih untuk berpikir kreatif.

5. Belajar hal baru

Podcast menyediakan topik dan subjudul yang sangat beragam, kamu bisa tentukan topik apa yang akan kamu ambil! Namun, tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga memberikan kisah atau cerita dari perspektif yang berbeda, sehingga pendengar belajar mengenai pengetahuan baru.

6. Melatih stimulasi otak

Banyaknya sebuah situs edukasi yang memberikan saran bagi mahasiswa untuk lebih sering mendengarkan podcast mengenai topik pelajaran terkait. Informasi yang diberikan, kemudian ditelaah menggunakan berbagai teori serta perspektif lainnya.

7. Bagi anak-anak, podcast meningkatkan akurasi kemampuan membaca

Michael Godsey adalah seorang editor bagian pendidikan dari koran Digital The Atlantic yang mengatakan bahwa apabila kamu mendengarkan podcast, maka mampu meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Hal itu disebabkan oleh kebiasaan dalam menstimulasi otak untuk melakukan decoding yang menjadi salah satu bagian fundamental dalam membaca.

8. Memiliki podcast dapat membangun kredibilitas

Podcast dapat menjadi sarana podcaster dalam menyalurkan hobi mereka yang suka dalam berdiskusi mengenai topik tertentu. Di dalam dunia bisnis, podcast ini biasa digunakan sebagai salah satu upaya dalam kegiatan branding. Podcast yang dijalankan dengan baik, bisa meningkatkan kredibilitas kamu sebagai podcaster. Sebelum menjalankannya, tentu kamu pasti sudah tahu dan melakukan riset untuk analisis kritis. 

Dengan begitu, minat pendengar kamu akan meningkat sehingga semakin sering banyak orang yang mendengarkan podcast kamu! Oleh karena itu, makin banyak influencer ataupun content creator memanfaatkan podcast. 

Jenis Podcast Ada Apa saja?

Seperti rekaman suara, podcast dibagi tiga bagian. Dasar yang digunakan untuk menentukan, diantaranya adalah:

Ilustrasi Interview Podcast (Sumber: Pexels)

1. Solo podcast

Jenis rekaman yang dibawakan oleh satu orang saja secara monolog. Artinya, keseluruhan rekaman podcast dibacakan satu arah tanpa ada kawan bicara. Topik solo podcast adalah berupa pembahasan tentang pendapat dari host tentang satu hal yang sedang viral, membacakan cerita yang dikirimkan oleh pendengar, atau memberi informasi mengenai sesuatu.

2. Interview podcast

Interview podcast adalah tipe yang berisikan dialog antara beberapa orang dengan konteks wawancara. Guest atau narasumber yang diundang tidak harus terdiri dari 1 orang saja, namun, juga bisa berupa grup. 

3. Multi host podcast

Multi host podcast adalah tipe rekaman berupa diskusi yang diisi oleh dua host atau lebih, sehingga terdengar ramai jika dibandingkan dengan solo podcast. Jenis ini, menyajikan diskusi berupa perbedaan dan perspektif dari masing-masing orang, yang menjadikan hiburan bagi pendengar yang suka debat. 

Cara Membuat Podcast

Apakah kamu ingin memulai melakukan podcast dengan membuat sendiri? Tentu sangat bisa, asalkan kamu mengetahui yang baik dan tepat, mengenai bagaimana cara membuat podcast. Berikut cara membuatnya.

1. Menentukan tema

Hal yang perlu kamu perhatikan pertama kali, yaitu tentukan tema atau topik bahasan secara tepat sebelum kamu melakukan podcast. Kamu bisa pastikan, sesuaikan topik yang ingin dikembangkan sesuai minat kamu. Saat ini, banyak sekali podcast yang melalui layanan musik digital. Beberapa media podcast telah menyediakan kategori, misalnya olahraga, komedi, politik, film, musik, dan lainnya.

Baca JugaCara Membuat Podcast Spotify

2. Persiapkan peralatan

Saat kamu membuat podcast, sebaiknya kamu jangan menyiapkan mikrofon built pada laptop maupun komputer. Kamu juga perlu menentukan jenis mikrofon yang mempunyai fitur peredam suara yang baik agar saat proses pembuatan tidak mengganggu suara di sekitar. Serta, perlunya melakukan proses rekaman di dalam ruangan yang mempunyai peredam suara atau jauh dari kebisingan.

3. Membuat konten

Hal yang pertama kamu lakukan adalah pembuatan script untuk memulai rekaman podcast. Setelah itu, menentukan durasi yang telah disepakati, berkisar 20-60 menit.

4. Menggunakan editing software

Aplikasi editing yang kamu cari, contohnya, Adobe Auttion atau Audacity. Jika kamu memerlukan layanan fleksibel dan aplikasi penyunting audio secara lebih kompleks memakai Adobe Audacity.

5. Melakukan proses upload

Saat kamu sudah membuat podcast dengan baik, kamu harus menambahkan deskripsi  yang penting misalnya, judul, seri, deskripsi, kategori dan lainnya. Kamu juga bisa memakai layanan dari pihak ketiga, seperti Anchor untuk mengunggah tayangan podcast kamu ke dalam berbagai platform media digital yang telah ada, contohnya, podcast Spotify, SoundCloud, dan YouTube.

Baca JugaCara Membuat Podcast!

Setelah kamu mengetahui apa itu podcast, manfaat, jenis, dan cara membuat podcast. Apakah kamu tertarik? podcast Indonesia telah berubah jadi industri media yang bisa dimonetisasi. Kamu dapat memulai karir di dunia podcast dengan mengikuti kursus di vocasia lho! Momentum kepopuleran ini dapat menjadi kesempatan mengembangkan bisnis dengan menjadikan podcast sebagai saluran promosi bisnis kamu. Semangat selalu, ya!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *