Tanggal:22 June 2024

Sering Mager ? 7 Cara ini Efektif Mengatasi Rasa Malas

Siapa nih yang disini suka mageran, kerjaannya rebahan terus ? ayoo ngaku. Saat ini mager yang merupakan singkatan dari males gerak ini menjadi kata-kata favorite yang sering diucapkan oleh anak millenial. Kalo misalkan disuruh mengerjakan sesuatu pasti jawabannya identik pada menjawab mager. Tapi kalo diajakin nongki pasti langsung gercep, iya nggak nih?.

Guys memang benar kalau misalkan kita itu dalam beberapa waktu butuh yang namanya bersantai sejenak. Kalau istilah jaman sekarang lazy day lah ya. Tapi kalau terus-terusan males seperti itu kamu malah jadi tidak produktif lho. Nantinya kamu menyia-nyiakan berbagai kesempatan yang datang menghampirimu, kamu pastinya nggak mau menyesal bukan ?

Oleh karena itu kamu harus banget nih merubah sifat magermu itu. Yuk atasi rasa magermu dengan mencoba 7 (tujuh) cara mengatasi rasa malas di artikel ini. Simak penjelasannya lebih lanjut dibawah ini, ya!

Baca Juga | 5 Cara Efektif Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan, Yuk Coba!

7 Cara Efektif Mengatasi Rasa Malas

1. Buat Jadwal Kegiatanmu

List kegiatan(rawpixel.com)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat jadwal kegiatan. Buatlah jadwal kegiatanmu secara lengkap dan terperinci. Sehingga kamu merasa bahwa banyak hal yang harus kamu segera selesaikan. Masukkan juga deadline setiap pekerjaanmu, jadi setiap kamu membaca jadwal itu kamu termotivasi untuk segera menyelesaikan setiap pekerjaanmu. 

Kamu bisa membuat jadwal kegiatan dalam berupa catatan dibuku, atau catatan yang di tempel di dinding, ataupun kamu bisa menggunakan fitur di handphonemu untuk membuat jadwal. Pastikan tiap harinya kamu melihat jadwal ini ya, agar kamu selalu ingat apa saja pekerjaanmu pada hari itu. Selain itu saat kamu mencentang segala aktivitas yang sudah selesai kamu lakukan, ada rasa kepuasan tersendiri. So, you should try it guys!

Baca Juga | Mengenal Teknik Pomodoro, Solusi Tepat Manajemen Waktu!

2. Jangan Menunda-nunda Pekerjaan

Stop Menunda-nunda(awpixel.com)

Setiap ada pekerjaan, janganlah menunda pekerjaan tersebut. Karena semakin kamu menunda-nunda pekerjaan maka akan semakin banyak pula yang harus kamu kerjakan nantinya. Kamu tidak bisa berdiam diri saja membiarkan kebiasaan itu selalu  menghampirimu. Pastinya ada penyebab yang membuatmu sering menunda-nunda pekerjaan. Temukanlah penyebab tersebut, dan cari solusinya. Seperti misalnya kamu sering sekali berselancar di sosial media saat sedang mengerjakan pekerjaanmu, maka solusinya kamu harus membatasi dirimu untuk bermain sosial media. Tanamkan jiwa yang kuat bahwa kamu tidak akan tergoda dengan sosial mediamu itu, dan fokus menyelesaikan pekerjaanmu.

Baca Juga | 8 Cara Efektif Atasi Malas Belajar, Bikin Semangat Kamu Bangkit!

3. Menggunakan Metode yang Menarik saat Melakukan Pekerjaan

Metode menarik(rawpixel.com)

Untuk melawan rasa bosan terhadap pekerjaanmu, kamu perlu menemukan metode yang menarik dalam menyelesaikan pekerjaanmu. Kamu bisa melakukan pekerjaanmu sambil melakukan hal-hal yang menarik lainnya. Misalnya kamu mengerjakan pekerjaan sambil mendengarkan alunan sebuah musik. Kamu juga bisa melakukan pekerjaanmu dengan mengganti suasana tempatmu bekerja, seperti bekerja di outdoor sambil menikmati suasana alam. Dengan hal-hal yang menarik seperti itu kamu bisa memacu dirimu untuk menyelesaikan segala pekerjaanmu.

Selain itu biasanya seseorang tidak akan merasa malas jika melakukan hobinya. Nah ini bisa menjadi salah satu alternatif solusi nih. Kamu bisa mengubah hobimu juga menjadi sebuah pekerjaan. Jadi kamu bekerja sambil melakukan hobimu. Dijamin deh kamu pasti nggak mageran lagi.

Baca Juga | Metode SMART: Langkah Jitu Dalam Menggapai Target

4. Membiasakan Diri Disiplin Waktu

Disiplin waktu(rawpixel.com)

Istilah waktu adalah uang memang benar adanya. Karena setiap menit dalam waktu itu bisa menghasilkan hal-hal yang berguna. Agar bisa terhindar dari rasa malas kamu perlu membiasakan dirimu untuk disiplin waktu. Mulai dari kamu bangun tidur sampai kamu tertidur lagi kamu harus disiplin, hal ini diterapkan agar kamu terbiasa dalam mengerjakan sesuatu dengan disiplin. Memang melakukannya itu susah, tapi kalau kamu terus mencobanya lama-lama kamu akan terbiasa. Kamu harus memaksakan dirimu, jangan mau kalah dengan egomu itu. Jangan biarkan dirimu sendiri menjadi musuh terbesarmu, nantinya kamu akan menyesal dengan menyalahkan dirimu sendiri. Ayo biasakan untuk mendisiplinkan waktumu, setiap menit dalam hidupmu itu berharga. Jangan disia-sia kan ya!

5. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Tidur(pexels.com/pixabay)

Kurangnya istirahat akan membuat tubuhmu menjadi letih, alhasil perasaan malas ini pun menghampirimu. Oleh karena itu kamu harus beristirahat dengan tidur yang cukup agar pada saat kamu bangun, tubuh dan pikiranmu kembali segar. Sehingga kamu pun siap untuk beraktivitas kembali. Istirahat yang baik bagi orang dewasa adalah dengan tidur 7-9 jam. Jikalau kamu sedang sibuk, kamu harus tetap menyempatkan waktu untuk tidur ya, atur jadwal istirahatmu dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga | Mengenal Self Care: Pengertian, Jenis, Dan Cara Melakukannya

6. Meditasi

Melakukan meditasi(pexels.com/angin akyurt)

Meditasi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa malas, dan cara yang satu ini tidak perlu dilakukan dalam waktu yang lama  Dengan melakukan meditasi pikiran akan terasa lebih rileks. Lakukan dengan rutin seperti saat istirahat bekerja, dan sebelum tidur, sehingga kamu akan mendapatkan ketenangan jiwa raga yang dapat mengusir rasa malasmu. Berkonsentrasilah dengan penuh saat melakukan meditasi, agar kamu fokus membuang energi-energi negatif yang ada dipikiranmu. Kamu juga bisa mengoleskan minyak essensial atau menaruh lilin aromaterapi agar meditasimu lebih nyaman.

Baca Juga | Bantu Kesehatan Mental, Ini Dia 4 Manfaat Terapi Mindfulness

7. Ingat pada Target yang Ingin Kamu Capai

Target(rawpixel.com)

Buatlah target dalam kehidupanmu, apa saja yang ingin kamu raih. Saat kamu mulai merasa malas, ingatkan dirimu bahwa ada target yang harus kamu capai. Kamu tidak bisa malas-malasan seperti itu terus, bagaimana target akan tercapai jika kamu masih malas. Kamu pasti bisa menghilangkan rasa malas itu jika kamu memiliki tekad dan keinginan yang kuat. 

Nah itu tadi penjelasan mengenai tujuh carayang bisa kamu lakukan untuk  mengatasi rasa malas. Bagaimana pendapatmu, komen dibawah ya!

Baca Juga | 10 Cara Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *