Tanggal:08 September 2024

BluGether, Fitur Patungan Online Sahabat Si Bendahara

Mengenal Apa itu Split Bill atau Patungan

Split bill merupakan budaya yang sangat lazim dilakukan pada saat acara makan-makan bersama keluarga besar dan rekan kerja, ataupun saat berkencan dengan pasangan. Split bill juga biasanya dilakukan bersama teman-teman ketika ingin memberikan hadiah dan surprise pada salah satu temannya yang sedang berulang tahun. Split bill sendiri berarti membagi pembayaran tagihan secara merata di antara semua orang yang terlibat dalam aktivitas tersebut. Budaya ini telah melekat dan menjadi tradisi pada di banyak negara, termasuk Indonesia. Split bill biasanya terjadi karena adanya rasa ingin menghindari rasa ketidaknyamanan atau “sungkan” saat membagi biaya makanan, minuman, hadiah, ataupun trip. Dengan adanya pembagian tagihan, setiap orang hanya perlu membayar bagian mereka sendiri, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan atau kelebihan membayar.

Tak disadari, budaya split bill ini mengajarkan kita akan nilai solidaritas dan kebersamaan. Saat kita memutuskan untuk membagi tagihan, kita menunjukkan rasa saling menghargai orang lain. Hal ini dapat mempererat hubungan sosial dengan teman ataupun keluarga karena tidak akan menimbulkan masalah kecil yang berkaitan dengan ketidakadilan. Namun, apabila dalam konteks memesan makanan, budaya ini secara tidak langsung menghambat kebebasan orang-orang dalam memilih makanan atau minuman. Seseorang di dalam kelompok mungkin tidak berani memesan makanan atau minuman yang lebih mahal karena takut tagihannya sendiri yang akan membludak. Budaya ini juga menjadi topik hangat diantara pasangan-pasangan di luar sana, karena tidak sedikit yang menganggap bahwa split bill pada saat berkencan dapat memberi label ‘pelit’ atau ‘perhitungan’ pada orang tersebut. Beberapa wanita berpikir pria itu tidak sopan jika tidak menawarkan untuk membayar, namun disisi lain juga bisa jadi ada wanita yang merasa terhina jika pria terlalu bersikeras untuk membayar.

Blu BCA by BCA Digital

Disasarkan untuk teman-teman milenial dan generasi Z, Blu BCA hadir layaknya aplikasi mobile banking lainnya. Blu BCA adalah produk layanan perbankan digital yang didesain agar pengguna bisa melakukan transaksi secara online melalui aplikasi mobile banking. Aplikasi keuangan ini sangat ideal bagi para anak-anak muda yang ingin mudah dan mendapatkan keuntungan. Saldomu akan selalu utuh dengan adanya biaya admin bulanan gratis, tanpa ada potongan seperti di bank konvensional. Blu juga membebaskan biaya transfer dan tarik tunai di ATM BCA dan bebas biaya transfer ke bank lain selama 2 bulan pertama setelah membuka rekening blu dan maksimal 20 kali perbulan.

Fitur Tabungan Blu

Tak hanya menyimpan uang dalam rekening utama, Blu memperbolehkan nasabah untuk menambah jenis akun rekening lain sesuai kebutuhan setiap individu. Berikut fitur tabungan lainnya yang disajikan di aplikasi Blu:

1. bluSaving

Fitur tabungan ini berbeda dari rekening bluAccount. Jenis akun ini bisa dimanfaatkan untuk menyisihkan sebagian dari pendapatanmu saat memiliki keinginan atau bucket list, contohnya liburan, ganti kendaraan, nonton konser, upgrade hp, dan lainnya. 

2. bluGether

BluGether adalah jenis rekening bersama yang bisa digunakan untuk kepentingan kelompok, seperti acara makan bersama, arisan, trip ke luar kota, dan aktivitas lainnya. Keunikannya, kamu bisa menambahkan 24 member yang bisa kamu ajak untuk bergabung dalam akun ini, sehingga setiap orang bisa menambah atau melihat saldo dan mutasi transaksi. Jadi, semuanya menjadi transparan karena teman-temanmu dapat dengan mudah melihat semua transaksi.

3. bluDeposit

BluDeposit adalah jenis rekening deposito berjangka yang memberikan suku bunga tinggi, sehingga cocok untuk investasi. Nominal deposito yang ditawarkan juga ringan, mulai dari Rp 1 juta dengan tenor mulai dari 1 – 12 bulan. Jika kamu punya kebutuhan mendadak, deposito pun tetap bisa ditarik sebelum jatuh tempo, dengan konsekuensi tidak dapat bunga.

BluGether Jadi Andalan Para Bendahara dalam Squad

Nabung bareng menjadi lebih seru ditemani dengan bluGether. Melalui rekening tabungan single account ini, kamu bisa menabung bersama 24 teman lainnya dalam satu rekening bluGether. Dengan bluGether, patungan online jadi bebas drama dan transparan. Kamu dan teman-temanmu bisa cek saldo dan melacak transaksi bersama-sama tanpa ada rasa khawatir ataupun curiga. Kamu yang sering menjadi bendahara mendadak di dalam geng persahabatan bisa menjadi Creator akun bluGether, mengundang teman lainnya, dan menarik dana dari rekening bluGether. Di sisi lain, kamu yang menjadi member patungan bisa gabung lewat invitation dari Creator. Kamu bisa tambah dana, lihat saldo, dan lacak transaksi. Bahkan kamu juga akan diberitahu saat ada penarikan dana. BluGether juga menyediakan suku bunga 3% p.a., jadi kamu dan semua yang ada dalam 1 rekening bisa untung bareng-bareng!

Berdasarkan pengenalan singkat dari bluGether tersebut, tak bisa dipungkiri bahwa Blu BCA sangat cocok untuk mendukung budaya split bill yang terkenal di kalangan anak-anak muda. Kamu bisa segera unduh aplikasinya di Play Store atau Apple Store dan manfaatkan fitur ini untuk patungan segala keperluanmu. Namun, perlu diingat, kesepakatan bersama untuk menggunakan split bill atau tidak juga tetap harus dicapai sebagai etika dasar agar tidak ada yang merasa dirugikan dan aktivitas bisa berjalan dengan lancar. 

Penulis: Valentina Chrysanti Herjanto

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok D

Vocasia – Batch #4

Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *