Tanggal:15 May 2024

Pengalaman Kerja Terbaik di Dunia Kerja Profesional Melalui Magang Bakti BCA

 

 

 

Magang, praktik kerja, atau internship adalah aktivitas pembelajaran yang memberikan pengalaman praktis sekaligus wawasan di institusi maupun industri kepada mahasiswa sehingga mahasiswa memiliki kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahlian nantinya. Magang ini menjadi suatu program belajar dan juga berlatih bekerja secara langsung selama kurun waktu tertentu. Perusahaan yang menerima karyawan magang diwajibkan untuk memberi tugas dan bimbingan kepada mahasiswa selama program itu berlangsung. Praktik kerja disediakan bagi mahasiswa agar mahasiswa memiliki nilai dan wawasan pendidikan secara teoritik dan aplikatif, juga untuk mendapatkan pengalaman praktis yang bermakna untuk meningkatkan kompetensinya dalam memecahkan masalah yang ada di dunia kerja. Magang umumnya dilakukan oleh siswa SMK serta mahasiswa tingkat akhir.

Sebagai jembatan antara dunia pendidikan dengan dunia kerja, magang memberikan berbagai macam manfaat bagi mahasiswa. Ilmu yang dipelajari di kampus dapat diimplementasikan ke dalam pekerjaan yang diambil saat magang. Mahasiswa bisa menjalani sendiri aktivitas kerja yang nyata dan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk belajar secara optimal. Kemudian, mahasiswa juga bisa meningkatkan hard skill dari sesi pelatihan dan praktik sambil diawasi dan dibimbing oleh supervisi professional. Tak hanya hard skill, mahasiswa juga bisa mengasah soft skill nya seperti kemampuan berkomunikasi, negosiasi, dan manajemen waktu. Dengan mengikuti magang, mahasiswa dapat selangkah lebih maju dalam hal beradaptasi dengan dunia kerja. Mahasiswa bisa mulai membiasakan dirinya dengan pace pada tempat kerja yang kemungkinan besar lebih cepat dari bangku sekolah atau kuliah. Selain itu, mahasiswa juga bisa menjadi lebih unggul dan mendapatkan kemudahan saat memulai karir sebagai fresh graduate karena adanya pengalaman dan koneksi yang dibuat selama mengikuti magang.

Apakah yang Dimaksud dengan Magang Bakti BCA?

Magang Bakti BCA adalah pilihan program magang yang tepat untuk kamu lulusan SMA/SMK ataupun diploma yang ingin belajar dan berkembang bersama BCA. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan mengenai dunia perbankan, pengalaman kerja, serta bimbingan dari rekan kerja dan atasan. Pengalaman yang didapatkan berupa pengalaman yang akan membuatmu menjadi profesional di bidang operasional perbankan. Pada program Magang Bakti, tersedia dua posisi yang bisa kamu pilih, yaitu Customer Service dan Teller. Durasi program Magang Bakti ini adalah 1 tahun, dengan sistem kerja shift sesuai jadwal yang ditentukan.

Manfaat Mengikuti Magang Bakti BCA

Dengan kedua posisi yang sama-sama berhubungan langsung dengan nasabah, peserta magang dapat mengasah kemampuan interaksi dan komunikasinya dengan orang lain. Skillset tersebut merupakan skillset yang penting dan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Selain itu, melalui program ini, kamu berkesempatan besar untuk diangkat menjadi karyawan tetap jika memenuhi beberapa kriteria. Uang saku atau gaji dan tunjangan lainnya pun juga akan diberikan. Program ini juga tidak memberikan ikatan dinas, sehingga peserta bebas memilih untuk melanjutkan karir di BCA dengan memperpanjang kontrak atau mencari pekerjaan di bidang lain.

Mengintip Gaji Magang Bakti BCA

Umumnya, jumlah keseluruhan gaji magang Bakti BCA berada di atas Upah Minimum Provinsi (UMP). Peserta Magang Bakti BCA akan mendapatkan gaji hingga Rp4.650.000, belum ditambah uang lemburan, tunjangan resiko selisih, dan tunjangan lainnya. Jadi, peserta program ini bisa memperoleh gaji sekitar Rp5.000.000 per bulan.

Jika dibandingkan program magang lainnya, Magang Bakti ini memiliki nominal yang cukup menarik, bukan? Selanjutnya, kamu bisa simak cara pendaftaran programnya dibawah ini.

Cara Pendaftaran Magang Bakti BCA

Cara mendaftar program magang bakti BCA bisa kamu lakukan dengan mudah secara daring dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser atau mesin pencarian, masuk ke laman karir.bca.co.id/magang-bakti.
  2. Klik salah satu posisi yang ingin dilamar, kemudian klik Daftar.
  3. Pilih lokasi tes sesuai kota tempat tinggal atau kota terdekat.
  4. Masukkan sumber informasi lowongan magang tersebut.
  5. Pada bagian Informasi Personal, isi data secara lengkap seperti nama lengkap, nomor KTP, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, agama, alamat domisili, nomor telepon, status perkawinan, dan informasi mengenai pendidikan terakhir.
  6. Setelah itu, masukkan nama, nomor HP kontak kerabat yang bisa dihubungi.
  7. Masukkan riwayat pendidikan terakhir, opsinya mulai dari SMA/SMK, Diploma, atau S1.
  8. Selanjutnya, isi institusi pendidikan, jurusan, tahun lulus, dan nilai terakhir.
  9. Isi kegiatan organisasi apa saja yang pernah diikuti, lalu tuliskan nama organisasi, jabatan di organisasi tersebut, tanggal masuk, dan tahun selesai.
  10. Lengkapi informasi pengalaman kerja, mulai dari nama perusahaan, posisi, tanggal mulai kerja, dan tanggal berakhirnya.
  11. Terakhir, unggah foto terbaru dengan ukuran maksimal 300 KB. Klik menu ‘bersedia’ kemudian klik ‘daftar’.

Bagi kamu yang memiliki mimpi untuk belajar dan melanjutkan karir di bidang perbankan, langsung saja daftarkan dirimu dan jadilah bagian dari BCA! 

Penulis: Valentina Chrysanti Herjanto

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok D

Vocasia – Batch #4

Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *