Tanggal:18 July 2024
broker saham terbaik

13 Broker Saham Terbaik di Indonesia, Yuk Investasi!

Broker saham adalah perusahaan sekuritas yang menghubungkan emiten dengan investor yang ingin melakukan transaksi saham. Kegiatan usaha broker atau sekuritas adalah melakukan jual beli efek yang tercatat di bursa efek. Broker saham Indonesia wajib mengantongi izin dan wewenang dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dapat menjalakankan usaha dengan aman dan terkendali. Selain terdaftar resmi di OJK, kinerja broker juga harus dipertimbangkan ketika investor ingin berinvestasi. Broker saham terbaik tentu memiliki reputasi dan kredibilitas terbaik pula.

Bagaimana cara memilih broker saham terbaik untuk memulai investasi? Salah satu hal yang bisa dijadikan acuan oleh para investor adalah broker tersebut sudah tercatat sebagai Anggota Bursa (AB). Untuk menjadi AB, broker harus mempunyai sertifikat Perantara Pedagang Efek (PPE) atau Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) dan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca juga:

Siapa Saja Broker Saham Terbaik di Indonesia?

broker saham terbaik

1. Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas pernah dinobatkan sebagai broker saham terbaik versi BEI. Perusahaan sekuritas ini pernah memecahkan rekor transaksi saham terbesar Rp205 triliun dan berhasil menyabet penghargaan dalam kategori Finance Asia Country Awards for Achievement pada tahun 2018. Selain itu, Mandiri Sekuritas juga memberikan kelas investasi gratis bagi investor pemula hingga membuat proyeksi atau gambaran investasi yang diinginkan.

2. BNI Sekuritas

BNI Sekuritas adalah salah satu perusahaan perbankan yang layak disebut sebagai broker terbaik. Saat ini, BNI Sekuritas telah tersedia dalam tiga sistem, yaitu: web based, mobile, dan desktop. Lalu, tersedia juga tiga jenis rekening saham, yakni: reguler, syariah, dan margin. Pembelian saham minimal di BNI Sekuritas adalah Rp1 juta dengan biaya transaksi beli sebesar 0.17% dan transaksi jual 0.27%.

3. BCA Sekuritas

Broker saham terbaik selanjutnya adalah BCA Sekuritas dari BCA Group. BCA Sekuritas dapat membantu para investor untuk mengelola saham, baik di dalam maupun luar negeri. Sebagai broker, BCA Sekuritas juga mampu memberikan nasihat keuangan untuk para investor.

4. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

Adakah broker yang tidak hanya berfokus pada perdagangan saham tetapi juga instrumen investasi lainnya? Tentu ada! CGS-CIMB Sekuritas Indonesia adalah broker yang berfokus pada obligasi, jual beli saham, dan layangan pembiayaan investasi. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia juga memiliki tim yang bertugas untuk melakukan riset nasional dan internasional.

5. Panin Sekuritas

Broker saham terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Panin Sekuritas. Panin Sekuritas pernah meraih penghargaan sebagai Anggota Bursa Terbaik dengan Kinerja Keuangan oleh IDX Appreciation pada tahun 2018. Perusahaan sekuritas ini juga telah mendulang sukses dengan meraih berbagai penghargaan lainnya.

6. RHB Sekuritas

RHB Sekuritas adalah broker saham yang merupakan bagian dari RHB Banking Group. Sebagai perusahaan sekuritas atau broker, RHB Sekuritas sudah patut diacungi jempol. RHB Sekuritas memiliki MKDB (Modal Kerja Bersih Disesuaikan) yang cukup besar dibandingkan dengan perusahaan sekuritas pada umumnya.

7. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Broker saham Mirae Asset Sekuritas Indonesia sudah berdisi sejak tahun 1994. Keunggulan Mirae Asset Sekuritas Indonesia adalah tidak adanya biaya administrasi. Mirae Asset Sekuritas Indonesia juga berhasil meraih penghargaan sebagai sekuritas saham atau broker terbaik di Indonesia pada tahun 2018.

8. MNC Sekuritas

MNC Sekuritas adalah bagian dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk dan merupakan salah satu broker saham terbaik saat ini. Melalui MNC Sekuritas, investor ataupun trader dapat melakukan investasi dan trading saham dengan keamanan yang terjamin. Aplikasi ini mempunyai fiturtrailing order yang sangat bermanfaat untuk menjual saham saat harga sedang rendah dan membelinya saat harga tinggi.

9. Phillip Sekuritas Indonesia

Tahukah kamu, ternyata Phillip Sekuritas Indonesia adalah basecamp bagi investor yang masih berstatus mahasiswa. Phillip Sekuritas Indonesia adalah broker yang digemari mahasiswa karena biaya setoran awalnya cukup rendah. Tidak hanya sebagai broker saham, Phillip Sekuritas Indonesia juga merupakan perusahaan sekuritas reksa dana.

10. Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas adalah salah satu broker terbaik di Indonesia dengan biaya pendaftaran yang cukup murah, yakni Rp100 ribu saja. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1996 ini  telah berbasis artificial intelligence (AI) yang disebut dengan Indo Premier Online Trading (IPOT). IPOT dapat dimanfaatkan untuk mengelola reksa dana hingga saham yang syariah.

11. Stockbit

Zaman sekarang siapa yang tidak tahu Stockbit? Stockbit adalah aplikasi broker saham yang bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas. Aplikasi ini digunakan oleh para investor untuk melakukan saham online trading. Stockbit juga mempunyai fitur simulasi jual beli saham yang dapat membantu investor pemula khususnya apabila masih kebingungan tentang saham.

12. Sinarmas Sekuritas

Memboyong penghargaan Best Financial Brand Award 2021, Sinarmas Sekuritas masuk jajaran broker saham terbaik Indonesia. Layanan Sinarmas Sekuritas saat ini sudah bisa dinikmati dalam bentuk aplikasi. Keunggulan yang menarik hati investor dari broker ini adalah biaya transaksi yang cukup rendah.

13. PT Ajaib Sekuritas

Nama Ajaib pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. PT Ajaib Sekuritas adalah broker saham sekaligus sekuritas reksa dana. Semakin besar modal yang diinvestasikan di sini maka semakin kecil biaya transaksi yang harus dibayarkan.

Baca juga:

Memilih investasi jangka pendek maupun jangka panjang adalah sepenuhnya hak investor. Broker saham hanya berupaya untuk memberikan pelayanan dan perantara yang dapat dipercaya, baik oleh investor maupun emiten. Setiap aplikasi broker memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, penggunaannya kembali lagi kepada kecenderungan investor.

cara investasi crypto

Sudahkah kamu mengenal investasi Crypto? Crypto sedang hangat-hangatnya diperbincangkan, ada yang pro dan ada pula yang kontra. Apa itu aset digital Crypto? Bagaimana strategi investasi aset digital dari pemula hingga cuan mengalir deras? Intensive coaching bersama Vocasia hingga ahli di bidangnya. Jangan sampai kamu kelewatan spesial diskon 90%! Grab it fast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *