Tanggal:23 April 2024

Guest Relation Officer (GRO): Tugas, Skill, Kualifikasi dan Gajinya

Pernahkah kamu disambut dengan hangat dan nyaman saat tiba di hotel ? Jika iya, itu salah satu peran Guest Relation Officer (GRO). GRO adalah orang yang bertugas untuk menyambut, memberikan informasi, dan membantu tamu selama mereka menginap di hotel. Kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang GRO? Yuk, kepoin!

Apa Itu Guest Relation Officer?

Guest Relation Officer (GRO) adalah seorang profesional yang bertugas menyambut dan melayani tamu di hotel dan restoran. GRO bertanggung jawab untuk memastikan tamu merasa nyaman dan aman di tempat tersebut. Oleh karena itu, GRO memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pengalaman tamu.

Pentingnya peran GRO sangat terasa, karena mereka berfungsi sebagai penghubung antara pengalaman positif tamu dengan citra yang baik bagi tempat tersebut di dunia bisnis.

Tugas Guest Relation Officer

1. Menyambut tamu dengan ramah dan profesional

Salah satu tugas utama seorang Guest Relation Officer adalah menyambut tamu dengan ramah dan senyuman. GRO berperan sebagai wajah perusahaan yang menciptakan kesan positif pertama bagi setiap tamu. Tidak hanya itu, mereka harus profesional dalam penyambutan juga menjadi kunci dalam memberikan pelayanan yang menyenangkan.

2. Membantu Tamu Dalam Proses Check-in dan Check-Out

GRO tidak hanya memberikan sambutan yang hangat, tetapi juga membantu tamu dalam proses check-in dan check out. Mereka memberikan arahan, menjelaskan prosedur, dan memastikan bahwa tamu merasa nyaman selama proses tersebut berlangsung. Keahlian dalam membimbing tamu melalui langkah-langkah ini adalah salah satu aspek penting dari pekerjaan GRO.

3. Menjawab Pertanyaan dan Permintaan Tamu

Sebagai sumber informasi, GRO siap menjawab pertanyaan dan memenuhi permintaan tamu. Mereka memiliki pengetahuan tentang berbagai fasilitas dan layanan yang tersedia di tempat tersebut. Keterampilan komunikasi yang baik sangat diperlukan agar tamu merasa terbantu dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

4. Menangani Keluhan Tamu

GRO memiliki tanggung jawab untuk menangani keluhan tamu dengan bijaksana. Mereka mendengarkan dengan penuh perhatian, mencari solusi terbaik, dan memastikan bahwa tamu merasa dihargai. Kemampuan penyelesaian masalah dan empati sangat diperlukan dalam mengatasi berbagai situasi yang mungkin timbul.

5. Menawarkan Layanan Tambahan Kepada Tamu

Sebagai bagian dari tugasnya, GRO juga menawarkan layanan tambahan kepada tamu. Hal ini mencakup memberikan informasi tentang layanan khusus, paket promosi, atau kegiatan yang dapat menambah nilai pengalaman menginap tamu.

Skill yang Harus Dimiliki Guest Relation Officer

GRO harus memiliki berbagai keterampilan untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, antara lain:

  • Keterampilan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tulisan
  • Keterampilan interpersonal yang baik, mampu membangun hubungan yang baik dengan tamu.
  • Keterampilan problem solving yang baik, mampu menyelesaikan keluhan tamu dengan cepat dan memuaskan
  • Keterampilan manajemen waktu yang baik, mampu mengatur waktu dengan efisien
  • Keterampilan bahasa asing, terutama bahasa inggris.

Baca Juga: Sales Associate: Tugas, Skill, Kualifikasi Hingga Gajinya

Kualifikasi Guest Relation Officer

  • Pendidikan Minimal S1 di bidang manajemen perhotelan, pariwisata, atau bidang terkait
  • Memiliki pengalaman di bidang front office crew
  • Memiliki sertifikasi profesi dalam manajemen perhotelan menjadi nilai tambah
  • Mahir dalam bahasa asing menjadi nilai tambah
  • Kemampuan komunikasi yang baik secara lisan maupun tulisan
  • Keterampilan layanan pelanggan yang unggul dengan kemampuan mendengarkan yang baik.
  • Kemampuan interpersonal yang kuat untuk berinteraksi dengan berbagai jenis tamu dengan gaya yang ramah dan profesional.
  • Mengerti mengenai standar pelayanan pada industri perhotelan.
  • Kemampuan organisasi dan manajemen waktu yang sangat baik.

Gaji Guest Relation Officer

Gaji seorang Guest Relation Officer (GRO) dapat bervariasi tergantung beberapa faktor seperti perusahaan, pengalaman kerja, dan domisili.

Dalam industri ini, perkiraan gaji GRO umumnya berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp8.000.000. Penting untuk dicatat bahwa ini adalah perkiraan dan angka sebenarnya bisa lebih tinggi tergantung pada tingkat pengalaman dan tanggung jawab pekerjaan.

Bagi GRO dengan tingkat pengalaman entry atau level staff, upah minimum yang umum ditawarkan berada di kisaran Rp4.000.000. Selain gaji pokok, GRO juga memiliki potensi untuk mendapatkan bonus atau tip dari tamu sebagai penghargaan atas pelayanan dan kinerjanya.

Peran Penting Guest Relation Officer

Sebuah hotel tidak hanya tentang kamar tidur yang nyaman atau sajian makanan yang lezat. Ada tokoh di balik layar yang memainkan peran kunci dalam membuat pengalaman tamu menjadi luar biasa, yaitu Guest Relation Officer. lantas, apa peran penting Guest Relation Officer didalam sebuah hotel?

GRO memiliki peran yang sangat penting di sebuah hotel, peran penting GRO, yaitu:

  • Guest Relation Officer dipandang sebagai wajah ramah perusahaan
  • Mereka menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh Tamu
  • GRO mampu menangani keluhan dan permintaan tamu dengan bijaksana
  • Mampu menciptakan atmosfer ramah dan bersahabat
  • Selalu mengatasi tantangan dengan senyum
  • Membangun hubungan dengan tamu
  • Menjadi ujung tombak pelayanan pelanggan

Tips Menjadi Guest Relation Officer yang Sukses

Jika kamu bermimpi menjadi Guest Relation Officer (GRO) yang sukses, ada beberapa tips yang bisa membantu meraih tujuan tersebut. Berikut adalah beberapa saran praktis untuk membentuk karir yang memuaskan dan penuh prestasi sebagai seorang GRO:

Baca Juga: Sales Agent: Jenis, Tugas, Skill Dan Gajinya

1. Tingkatkan Keterampilan Komunikasi

Komunikasi adalah kunci dalam pekerjaan GRO. Latih keterampilan komunikasi verbal dan non-verbalmu agar bisa berinteraksi dengan tamu dengan baik. Praktikkan senyuman hangat dan cara berbicara yang ramah.

2. Perluas Pengetahuan Tentang Tempat Kerja

Mengetahui segala sesuatu tentang tempat kerja, fasilitas, dan layanan yang ditawarkan sangat penting. Jadi, selalu perbarui dirimu dengan informasi terkini. Ini akan membantumu memberikan jawaban yang tepat dan memberikan panduan yang akurat kepada tamu.

3. Ikuti Kursus/Pelatihan yang Relevan

Untuk pengembangan pribadi dan profesional, pilih kursus yang tepat. Vocasia merupakan pilihan yang sangat direkomendasikan. Dengan kurikulum yang terkini dan instruktur berpengalaman, Vocasia menawarkan kursus-kursus yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilanmu sebagai seorang GRO.

4. Bangun Jaringan dan Hubungan Baik

Hubungan baik tidak hanya dengan tamu, tapi juga dengan rekan kerja dan pihak terkait lainnya. Jaringan yang kuat dapat membantumu mendapatkan dukungan saat membutuhkan bantuan atau informasi.

5. Terapkan Keterampilan Manajemen Konflik

Bekerja dengan banyak orang berarti mungkin akan ada konflik. Pelajari keterampilan manajemen konflik untuk dapat menangani situasi yang mungkin muncul dengan bijaksana dan efektif.

6. Tampilkan Keinginan Belajar

GRO yang sukses adalah mereka yang selalu ingin belajar. Tunjukkan keinginanmu untuk terus belajar dan berkembang, baik melalui pengalaman sehari-hari maupun melalui kursus-kursus yang diikuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *