Site icon Vocasia

6 Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee yang Membuat Pemula Tergiur

logo shopee

Ilustrasi logo Shopee (freepnglogos.com)

Baca Juga | 7 Cara Tepat Membuat Bisnis Plan untuk Bisnis Kamu

Shopee merupakan salah satu platform yang dapat dikatakan ladang untung bagi pemilik bisnis yang tentu menitipkan dagangnya di sini. Mengapa tidak, Sebagian besar masyarakat mempercayakan berbelanja kebutuhan sehari-hari di Shopee dengan berbagai alasan, seperti barang yang ditawarkan sangat lengkap dan murah meriah, bahkan barang yang tidak terpikirkan oleh kita pun ada di sana, gratis ongkir, dan banyak keuntungan lainnya. Oleh karena itu, netizen +62 menyarankan Anda untuk tidak mendaratkan jempol Anda di aplikasi Shopee dalam waktu yang lama, bisa-bisa keracunan (sangkin untungnya berbelanja dan berjualan di Shopee) hehehe..

Informasi singkat di atas membuat persaingan di Shopee pun tidak mudah, meningkatnya jumlah pebisnis baru dan dunia bisnis semakin berkembang, membuat Anda harus mengetahui cara pintar untuk membuat penjualan Anda di Shopee terus meningkat, yuk simak penjelasannya.

Baca Juga | 5 Tips Pasang Iklan di Tokopedia Agar Jumlah Pengunjung Meningkat


Ilustrasi halaman utama Shopee (shopee.co.id)

Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee

1.      Kampanye

Menjalankan kampanye tentu strategi yang sangat penting untuk membangun sebuah brand agar dikenal banyak orang, terutama target audiens. Shopee menyediakan fitur ‘My Campaigns/Iklanku (Baca Juga: 6 Tips Mudah Beriklan di Shopee untuk Kamu yang Baru Memulai Bisnis) yang membantu Anda memaksimalkan jumlah penjualan yang memungkinkan pembeli dapat bergabung dengan kampanye tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun (gratis).

Ketentuan bergabung Kampanye

Cara bergabung dalam kampanye

  1. Log in/sign up sebagai penjual Shopee, kunjungi bagian ‘Pusat Pemasaran’
  2. Kemudian, pilih ‘Kampanye/Campaigns’

Di bagian ‘Upcoming/Mendatang’ kampanye akan muncul bila ada kegiatan bagi punjual untuk berganbung ke dalam kampanye. Jika produk Anda dipilih untuk kampanye, produk akan ditampilkan di spanduk kampanye desktop, aplikasi dan e-mail.

Baca Juga |7 Tujuan Sebuah Iklan dalam Kegiatan Promosi, Menguntungkan Bisnismu!

2.      Top Picks

Terdapat juga fitur ‘Top Picks from Shop/Pilihan Terbaik dari Toko’ yang dapat menambahkan 4 – 8 produk dalam satu koleksi (meningkatkan cross-selling). Dengan strategi ini, pembeli akan terdorong untuk menambakan produk Anda lainnya ke troli mereka.

Baca Juga | 5 Teknik Fotografi yang Harus Dikuasai Para Pemula

Cara membuat koleksi masuk ke ‘Top Picks from Shop’

  1. Masuk ke bagian ‘Seller Centre’, lalu pilih ‘Marketing Centre/Pusat Pemasaran’
  2. Pilihlah ‘Top Picks’ dari alat pemasaran Anda
  3. Kemudian, pilih tambah koleksi untuk membuka pemilih produk
  4. Lalu, klik tombol tambah hijau untuk menambahkan produk (minimal 4 produk dan maksimal 8 produk) (Baca Juga: Cara Membuat Efek Puzzle Pada Foto dengan Photoshop)
  5. Pilih produk (dapat dicari dengan kata kunci nama produk) yang ingin ditambahkan ke ‘Top Picks from Shop’
  6. Setelah selesai, pilih ‘Konfirmasi’
  7. Produk yang telah dipilih akan muncul di bagian kanan, bawah, jangan lupa cantumkan nama koleksi, lalu pilih ‘Simpan’
  8. Klik aktifkan koleksi ini sekarang atau aktifkan nanti.

Anda dapat melihat koleksi Anda saat membuka dasbor ‘Pilihan Teratas’.

Baca Juga |6 Cara Jitu Bisnis Pakaian Bekas Import, Pasti Untung!

3.      Flash Deals

Fitur ‘Penjualan Kilat/Flash Deals’ dapat meningkatkan penjualan Anda karena bagian ini banyak dikunjungi oleh konsumen yang hendak mencari barang diskon. Dengan fitur ini, Anda dapat menarik lebih banyak pengunjung ke toko Anda sehingga meningkatkan peluang untuk menjual produk terbaik Anda.

Ketentuan mengikuti Flash Deals

Baca Juga | Strategi Efektif Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Cara mendapatkan slot kesepakatan flash

Periksa bagian ‘Flash Sale’ di halaman ‘Seller Centre’ untuk memeriksa status aplikasi Anda. Proses peninjauan dapat berlangsung selama 7 hari kerja.

Baca Juga | 10 Strategi Pemasaran di Era Digital

Cara memastikan nominal Anda sukses

4.      Voucher

Buat voucher untuk toko Anda, ini dapat menarik konsumen melakukan transaksi. Anda juga dapat menetapkan batas untuk penggunaan voucher. Ada 2 jenis voucher, yaitu voucher produk yang hanya berlaku untuk produk tertentu dan voucher toko yang berlaku untuk semua produk.

Baca Juga | 7 Cara Sukses Menjadi Dropshipper di Shopee

Cara membuat voucher

5.      Diskon

Baca Juga | 6 Tips dan Contoh Copywriting untuk Bisnis Makanan, Auto Banjir Pelanggan Deh!

Pemberian diskon pada produk membantu Anda untuk meningkatkan keuntungan tanpa harus menurunkan harga produk. diskon dapat diterapkan untuk satu atau seluruh produk Anda, tetapi ada baiknya Anda menetapkan batas pada pemberlakuan diskon agar produk terbaik tidak lepas sebelum pelanggan lainnya melihat produk tersebut.

Cara menggunakan alat promosi diskon saya

6.      Gratis Ongkir

Baca Juga | Simak Yuk Cara Mendapatkan Gratis Ongkir Berbelanja di Tokopedia

Mengaktifkan fitur gratis ongkir efektif dalam meningkatkan jumlah penjualan. Dengan ini pembeli tidak perlu membayar ongkir untuk membeli produk Anda, sehingga konsumen yang tertarik dengan produk Anda tetapi terlalu jauh dengan lokasi di mana Anda mengirimkan produk tidak akan berpikir panjang untuk langsung membeli produk Anda. Itulah 6 strategi yang dapat Anda lakukan sebagai pebisnis untuk meningkatkan jumlah penjualan. Sebagai pebisnis, Anda harus peka dengan fitur yang ada di tiap platform yang Anda gunakan dalam berbisnis. Tiap platform tentu memiliki fitur-fitur berbeda, namun memiliki tujuan yang sama pada akhirnya yaitu membantu penjual memaksimalkan keuntungan. Jadi, jangan sekedar menaruh produk-produk Anda saja, tetapi juga memikirkan bagaimana semua produk dapat menghasilkan keuntungan dengan lebih cepat.

Baca Juga | 8 Cara Memulai Bisnis Jual Beli Emas, Untung 2x Lipat!

Exit mobile version