Site icon Vocasia

11 Daftar Negara di Kawasan Asia Tenggara beserta Profil Singkatnya

Daftar Negara di Kawasan Asia Tenggara. Sumber: pexels.com

Jumlah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara adalah 11 negara yang tersebar. Masyarakat yang menempati atau tinggal di wilayah ini didominasi oleh rumpun Melayu. Negara yang dikenal dengan kondisi iklim tropis dan bekas jajahan bangsa Eropa adalah ciri khas yang melekat pada negara-negara di kawasan Asia Tenggara. 

Sudah tahu apa saja negara yang tersebar di kawasan Asia Tenggara? Simak penjelasannya satu persatu beserta profil singkat pada tiap negaranya.  

Baca juga: Prinsip-Prinsip Dasar Akuntansi

Negara Asia Tenggara 

Apa saja negara-negara di Asia Tenggara. Sumber: pexels.com

Negara-negara di Asia Tenggara secara umum dibagi kedalam dua kelompok yakni Asia Tenggara Maritim (ATM) dan Asia Tenggara Daratan (ATD). Negara-negara Asia Tenggara Maritim (ATM) terdiri dari Indonesia, Timor Leste, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina. Sementara negara yang termasuk ke dalam Asia Tenggara Daratan (ATD) meliputi Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara juga tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yang merupakan suatu organisasi dengan mewadahi secara khusus negara-negara di kawasan Asia Tenggara. 

Baca juga: Perbedaan Barang Substitusi dan Komplementer

1. Indonesia 

Indonesia adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang menerapkan sistem pemerintahan republik. Ibu kotanya adalah DKI Jakarta dan negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara ini merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara yang memiliki 17 ribu lebih pulau.

Sistem pemerintahan republik yang diterapkan di Indonesia dipimpin oleh seorang Presiden yang bertugas sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Bahasa resmi atau bahasa nasional yang digunakan di Indonesia adalah Bahasa Indonesia serta menggunakan mata uang berbentuk rupiah. 

2. Timor Leste

Ibu kota dari negara Timor Leste adalah Dili. Sistem pemerintahan yang dianut dalam negara ini adalah sistem republik semi presidensial.

3. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam terletak dekat dengan pulau Kalimantan dan berbatasan langsung dengan Malaysia. Ibu kota negara Brunei Darussalam adalah Bandar Sri Begawan dan dipimpin oleh seorang sultan sebagai kepala pemerintahan. Brunei Darussalam menggunakan bahasa resmi yakni Melayu dan mata uang yang dipakai berupa Dollar Brunei. Brunei Darussalam memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di kawasan Asia Tenggara setelah negara Singapura.

Baca juga: Franchise Burger Blenger

4. Malaysia

Ibu kota negara Malaysia adalah Kuala Lumpur dengan memiliki pusat pemerintahan federal di Putrajaya dan termasuk kedalam negara federal. Letak negara Malaysia berdekatan dengan Indonesia membuat Malaysia memiliki dua wilayah yakni Semenanjung Malaya dan Malaysia Timur yang berada di pulau Kalimantan dan berbatasan langsung dengan Brunei Darussalam dan Indonesia. Malaysia memiliki  13 negara bagian yang dipimpin oleh sultan yang berbeda. Bahasa resmi yang digunakan adalah Melayu dan menggunakan mata uang ringgit.

5. Singapura

Singapura terletak di suatu pulau yang bertepatan dengan pucuk Semenanjung Malaya sehingga berbatasan langsung dengan Malaysia dan Indonesia. Singapura adalah negara republik yang dipimpin oleh Perdana Menteri. Bahasa yang digunakan di Singapura adalah Bahasa Mandarin, Inggris, Tamil, dan Melau sebagai bahasa resmi dan menggunakan mata uang Dollar Singapura. 

Ibu kota dari negara Singapura adalah Singapura dengan menganut sistem pemerintahan parlementer unicameral Westminter. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh kabinet dan berada di bawah kepemimpinan perdana menteri.

Baca juga: Apa itu Cyberbullying dan Bagaimana Cara Mengatasinya

6. Filipina

Filipina juga merupakan negara kepulauan di Asia Tenggara selain Indonesia. Ibu kota dari negara Filipina adalah Manila yang menganut sistem pemerintahan republik dan dipimpin oleh seorang Presiden sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara. Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Filipina serta menggunakan mata uang Peso.

7. Kamboja 

Ibu kota negara Kamboja adalah Phnom Penh dengan sistem pemerintahan yang dianut negara Kamboja adalah monarki konstitusional melalui sistem pemerintahan kerajaan kesatuan elektif dengan dipimpin oleh Raja sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Letak wilayah Kamboja berbatasan langsung dengan Thailand, Vietnam, dan Laos. Mata uang yang digunakan berbentuk Riel dengan menggunakan bahasa resmi yaitu Khmer.

8. Laos

Ibu kota negara Laos adalah Vientiane dan dipimpin oleh seorang raja yang menjabat selama 5 tahun serta perdana menteri sebagai kepala pemerintahannya. Laos adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak berbatasan langsung dengan laut. Letak wilayah Laos berada di tengah-tengah China, Myanmar, Vietnam, Kamboja, dan Thailand. Mata uang yang berlaku di Laos adalah Kip.

Baca juga: Teknik Pengumpulan Data Kuesioner dalam Penelitian

9. Myanmar

Ibu kota Negara Myanmar adalah Naypyidaw yang menganut sistem pemerintahan kesatuan parlemen republik konstitusional. Pada mulanya Myanmar bernama Burma yang merupakan negara republik konstitusional. Myanmar berbatasan langsung dengan Thailand, Laos, China, dan India. Bahasa resmi yang digunakan para penduduknya yakni Burma dengan mata uang yang berlaku berupa Kyat.

10. Thailand

Ibu kota negara Thailand adalah Bangkok dan menganut sistem pemerintahan parlementer monarki konstitusional yang dipimpin oleh seorang Raja sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Thailand adalah tempat berdirinya ASEAN. Bahasa resmi yang digunakan yakni Bahasa Thai dan mata uang yang berlaku adalah Baht.

11. Vietnam

Ibu kota negara Vietnam adalah Hanoi. Vietnam adalah negara yang berbatasan langsung dengan China, Laos, dan Kamboja. Vietnam dipimpin oleh Presiden sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Bahasa resmi yang digunakan yakni bahasa Vietnam dan mata uang yang berlaku bernama Dong.

Baca juga: Instrumen Penelitian dalam Penelitian Kuantitatif

Itu dia daftar negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara beserta profilnya secara singkat. Cukup menambah wawasan umum yang kamu miliki, bukan?

Klik tautan berikut untuk membaca artikel menarik lainnya yang dapat memperluas pengetahuan dan wawasan kamu. Jangan lupa ikuti kami di Instagram, Twitter, Youtube dan media sosial lainnya agar tidak ketinggalan update dan informasi terbaru yang tidak kalah penting!

Vocasia merupakan platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan berbagai kursus untuk menunjang keahlian dalam berbagai macam bidang. Dengan bergabung bersama Vocasia, tentunya kamu akan dapat berkesempatan untuk belajar bersama mentor-mentor yang memiliki banyak pengalaman dalam bidangnya!

Tunggu apalagi? Daftarkan diri mulai dari sekarang agar kamu bisa menikmati segala penawaran khusus di Vocasia. Gabung segera untuk mengikuti kelas online dan raih segala skills yang ingin kamu kuasai dengan harga yang terjangkau! Temukan kursus terbaru dan terkini yang cocok untuk kamu ikuti hanya dengan klik tautan berikut.

Exit mobile version