Tanggal:17 September 2024

15 Ide Jualan Bulan Puasa Modal Kecil Untung Besar

Ide jualan bulan puasa modal kecil untung besar? Emangnya ada, Sobat? Yuk! Simak artikel ini sampai habis. 

Di Bulan yang penuh keberkahan ini, bulan suci Ramadhan adalah bulan yang selalu dinantikan umat muslim dan pada bulan ramadhan ini juga momen yang pas untuk para peluang bisnis membuka usaha.

Nah, seperti apa sih ide jualan yang cocok di Bulan Puasa ini? Hal yang pasti dengan modal yang terbatas dan kalian tetap bisa mendapatkan banyak keuntungan atau balik modal. Hitung-hitung sedang belajar menjadi pebisnis atau pengusaha baru yang ingin menambah penghasilan untuk mencari uang tambahan.

15 Ide Jualan Bulan Puasa Modal Kecil Untung Besar

Ingin memulai bisnis selama bulan puasa tetapi memiliki modal terbatas? Berikut adalah 15 ide jualan bulan puasa dengan modal kecil dengan potensi untung besar. Mulai dari jualan kue kering, minuman segar, hingga makanan lainnya untuk hidangan berbuka puasa. Temukan inspirasi bisnis Anda di sini dan mulai meraih keuntungan sebanyak-banyaknya selama bulan suci ini!

1) Menjual Takjil Khas untuk Buka Puasa

Sumber: Jurnalistika

Ide jualan ini sangat cocok untuk yang ingin jualan di bulan puasa. Selain bermodal kecil, menu takjil ini juga banyak dicari orang-orang pada saat menjelang sore, biasanya berburu takjil ini dilakukan saat ngabuburit. 

Aneka ragam takjil yang dijual seperti; gorengan, es buah, kolak biji salak, lontong isi, dan sebagainya. Jangan khawatir untuk para pemula, kalian bisa melihat tutorial dan mencari resep melalui internet atau youtube.

2) Es Kelapa Muda

Sumber: Kompas.com

Kelapa muda biasanya sering dicari karena cocok dinikmati pada saat berbuka, apalagi jika kelapa muda dibuat dengan tambahan gula dan es batu; akan terasa nikmat dan menyegarkan tenggorokan.

Ide usaha ini bisa salah satu ide yang pas dijual saat bulan puasa. Cara membuatnya juga mudah dan tidak perlu ribet untuk mengolahnya.

3) Membuka Usaha Katering

Sumber: Kompas.com

Perlu diketahui oleh khalayak umum bahwa ide usaha katering ini salah satu usaha dengan rating tertinggi di bulan puasa; membuka usaha katering memudahkan orang-orang untuk mengadakan buka bersama dan tidak ingin ribet. Mereka tidak perlu pusing memikirkan atau membuat makanan untuk buka puasa karena sekarang sudah banyak yang membuka katering di bulan puasa.

Untuk yang suka masak atau ada basic dengan cita rasa yang khas, boleh dicoba untuk membuka katering homemade atau dibuat sendiri dirumah; usaha ini cocok juga untuk acara atau keperluan lainnya.

4) Menjual Kurma

Sumber: HonestDocs

Kurma adalah makanan yang wajib ada pada saat berbuka. Kurma menjadi hidangan pembuka saat adzan tiba sebelum menyantap makanan berat. Alhasil, kurma menjadi pusat perhatian. 

Biasanya kurma hanya menjadi buah tangan ketika ada orang pulang dari haji atau umroh. Namun, kali ini kurma dijual untuk hidangan buka puasa di rumah atau di tempat lainnya. Ide jualan ini bisa menguntungkan karena banyaknya permintaan.

5) Mukena

Sumber: Fitinline

Mukena adalah pakaian yang digunakan untuk sholat atau biasa disebut dengan mukena. Ketika menjelang ramadhan dan hari raya idul fitri, mukena sangat diminati oleh kaum wanita. Banyak dari mereka yang ingin mempunyai mukena baru untuk dipakai sholat tarawih dan sholat ied di hari raya.

Menjual mukena ini menjadi peluang untuk kalian yang ingin menjadi reseller atau dropshipper sehingga tidak memperlukan modal yang banyak untuk mendapatkan keuntungan.

6) Nasi Bakar

Sumber: Kompas.com

Nasi bakar adalah jenis makanan yang dibungkus daun pisang. Di dalamnya berisi nasi, topping nya seperti ayam suwir, ikan teri, cumi-cumi, dan lainnya. Nasi yang dibungkus daun pisang ini dimasak dengan cara dibakar; ciri khas itu sehingga namanya menjadi nasi bakar.

Ide jualan ini cocok banget. Selain modalnya yang tidak besar, cara membuatnya pun cukup mudah.

7) Pakaian Muslim

Sumber: Suara.com

Dalam menyambut bulan suci ini banyak orang yang ingin tampil menjadi wanita yang sholehah dan terlihat islami, karena sebagian dari wanita akan menggunakan pakaian muslim pada saat bulan puasa.

Pakaian muslim sangat banyak dibutuhkan wanita, apalagi menjelang hari raya. Itulah mengapa ide jualan ini wajib Anda coba, dan tidak perlu ribet karena bisa menjualnya secara online atau marketplace.

8) Mango Sago Creamy

Sumber: Portal Salatiga

Mango Sago ini adalah dessert yang cocok dijual pada saat bulan puasa. Minuman yang bahan utamanya adalah buah mangga. Bahan yang diperlukan dan dibutuhkan juga tidak ribet, tidak memerlukan biaya banyak.

Bahan yang digunakan adalah mangga, susu evaporasi, susu kental manis, Nutrijell rasa mangga, gula pasir, sagu mutiara, nata de coco dan lainnya. Cara membuatnya juga mudah, tinggal mencampurkan seluruh bahan-bahannya ke dalam satu tempat besar, setelah itu baru pack di cup untuk dijual.

9) Hampers Lebaran

Sumber: Alinea.ID

Hampers adalah suatu bingkisan atau hadiah yang dirangkai sebagai bentuk apresiasi atau kado untuk menyambut hari raya idul fitri.

Hampers ini salah satu ide jualan yang paling populer karena hampers ini bisa dibuat sendiri/dikreasikan sendiri untuk dijual. Untuk modal tidak perlu khawatir, karena semakin banyak permintaan maka semakin banyak keuntungan yang didapat.

Kalian bisa memulai usaha ini dengan mencari ide di internet, bisa juga melihat tutorial cara merangkai, dan apa saja biasanya isi pada hampers yang cocok.

10) Kue Lebaran

Sumber: Liputan6.com

Kue lebaran adalah bagian terpenting untuk suguhan di hari raya. Bila sudah masuk di pertengahan bulan puasa, permintaan kue lebaran sangat tinggi dan banyak peminatnya. Kue lebaran tentu banyak macamnya, jenis yang paling familiar adalah kue nastar.

Ide berjualan kue lebaran ini sangat cocok dan wajib untuk dicoba, setelah itu bisa dijual melalui online atau offline.

11) Membuka Jasa Penukaran Uang

Sumber: Okezone Economy

Jasa penukaran uang adalah tradisi yang terjadi pada saat-saat tertentu. Seringkali hadir jasa penukaran uang ini pada saat bulan puasa, dimana orang-orang mencari jasa ini untuk menukar uang besar menjadi pecahan yang banyak dan biasanya uang yang ditukar baru-baru/tidak rusak.

Ide membuka jasa ini sangat diperuntukkan untuk kalian yang masih bingung mau ngapain aja di bulan puasa ini untuk menambah penghasilan tambahan, keuntungan yang didapatkan juga tak kalah menarik pastinya.

12) Menjual Frozen Food

Sumber: SWA

Sesuatu yang praktis seperti frozen food ini sangat dicari orang-orang, karena tidak perlu ribet membuatnya. Frozen food adalah makanan siap saji yang memudahkan orang-orang sibuk kerja dan tidak sempat memasak.

Frozen food ini salah satu ide jualan juga yang pastinya laris. Kalian bisa menjualnya secara online atau bisa juga offline. 

13) Menjual Asinan Buah dan Asinan Sayur

Sumber: Fimela

Di bulan puasa ini asinan sangat cocok untuk menemani hidangan pembuka lainnya. Selain rasanya yang segar, asinan buah dan sayur ini juga banyak diminati.

Biasanya asinan buah dan sayur enak dimakan ketika pulang tarawih, cocok untuk menetralisasikan pikiran sejenak dan menikmati kesegarannya.

Ide jualan ini wajib dicoba dan cara membuatnya juga mudah, kalian bisa mencari resep yang terenak di Youtube.

14) Nasi Kebuli Ayam

Sumber: Sweetrip Indonesia

Nasi kebuli adalah makanan khas dari Timur Tengah. Di bulan puasa ini, nasi kebuli banyak peminatnya. Selain cita rasa yang khas, nasi kebuli ini juga harganya sangat terjangkau.

Nasi kebuli ayam bisa dijadikan ide untuk berjualan di bulan puasa; dijamin banyak yang suka dan tidak perlu modal banyak untuk membuatnya.

15) Es Cincau 

Sumber: cookpad.com

Es cincau adalah penutup yang manis pada saat bulan puasa. Selain menyegarkan tenggorokan, es cincau ini juga menyehatkan. 

Es cincau cocok sekali untuk menjadi ide jualan di bulan puasa. Bahan-bahan yang diperlukan juga tidak sulit, apalagi cara membuatnya yang mudah. Biasanya es cincau dijual dengan harga Rp5.000 hingga Rp6.000 per gelasnya.

Demikianlah ide-ide jualan yang cocok ada di bulan puasa. Ide jualan ini bisa menginspirasi kalian untuk berjualan yang pas di bulan puasa. Selamat mencoba! Jangan lupa untuk mengikuti Kursus di Vocasia tentang Langkah Praktis Memulai Usaha Dari 0 Hingga Mendatangkan Keuntungan untuk mengetahui langkah-langkah sebelum memulai usaha.

grit adalah

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *