Tanggal:20 September 2024

5 Kegunaan Parallel Structure dalam Suatu Kalimat, Apa Fungsinya Ya?

Banyak hal yang perlu dipelajari dalam Bahasa Inggris. Hal ini salah satunya bisa kamu lihat dalam pembentukan kalimat Bahasa Inggris yang disesuaikan dengan kondisi tertentu. 

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Tidak hanya itu, ada saatnya dalam pembentukan suatu kalimat kamu ingin menggabungkan beberapa aksi, tetapi ingin kalimat tetap efektif. Bagaimana cara melakukannya?

Dalam Bahasa Inggris, kita bisa menggunakan parallel structure yang merupakan struktur gramatikal yang berfungsi sebagai penyetaraan elemen-elemen dalam kalimat sehingga bisa disatukan.

Baca Juga: Persiapan Tes Psikotes

Pengertian Parallel Structure

Pengertian Parallel Structure. Sumber: pexels.com

Parallel structure dalam suatu kalimat Bahasa Inggris adalah kesesuaian atau kesejajaran struktur. 

Hal ini dimaksudkan sebab elemen berupa noun (kata benda), phrase (frasa), atau clause (klausa) yang ada dalam suatu kalimat menggunakan pola gramatikal yang sama.

Penggunaan parallelism atau parallel structure, dapat menunjukkan bahwa elemen-elemen dalam kalimat tersebut setara atau sama antar satu dan yang lainnya.

Adapun beberapa aturan penerapan parallel structure dalam suatu kalimat. Simak di bawah ini!

  • Parallel structure diterapkan dengan elemen yang dihubungkan oleh coordinate conjunction (and, but, or, as, dan lainnya) yang ada di dalam suatu rangkaian kalimat. Jika elemen yang dihubungkan diawali oleh article (a, an, the) atau preposition (in, on, at, dll) kamu hanya perlu menggunakan pada elemen pertama saja.
  • Parallel structure diterapkan pada elemen yang dihubungkan oleh correlative conjunction (e.g. not … but …, not only … but also …, between … and …, the more … the less, the less … the more).  
  • Parallel structure diterapkan pada elemen-elemen yang dibandingkan atau degrees of comparison. 

Baca Juga: 8 Elemen Komunikasi Massa Menurut Para Ahli

Secara rinci, adapun beberapa kegunaan dalam parallel structure yang digunakan dalm pembentukan kalimat. Yuk, simak apa saja kegunaannya!

1. Menginformasikan lebih dari satu hal dalam kalimat

Parallel structure dalam Bahasa Inggris  menekankan pada efektivitas berkomunikasi yang penting dilakukan untuk mampu membantu kamu dalam menerangkan suatu kejadian secara singkat dan jelas. 

2. Mempersingkat kalimat

Penggunaan parallel structure membantu kamu untuk menjelaskan suatu hal cukup dengan satu kalimat tanpa berbelit-belit. Akan tetapi, parallel structure dapat digunakan ketika jenis part of speech sama.  Jika berbeda, misalnya dalam verb dan adjective, ini tidak bisa dibuat perpaduan dalam parallel structure.

3. Meningkatkan readability

Readability adalah tingkat keterbacaan dari suatu kalimat yang berguna saat menulis sebuah karya tulis berbahasa Inggris. Biasanya, readability Bahasa Inggris dapat menggunakan standar Flesch-Kincaid Reading Ease. Jika skor yang diperoleh rendah, tingkat readability bagus dan tulisan kamu mudah untuk dibaca atau sebaliknya.

4. Membuat kalimat lebih padu

Keberadaan parallel structure akan membuat kalimat yang padu agar mudah untuk dipahami. Saat kamu sudah memiliki kemampuan merangkai kata kompleks yang dapat dipahami dengan cepat, level Bahasa Inggris kamu sudah mencapai level tinggi.  

5. Menunjukkan keluwesan berbahasa

Keluwesan berbahasa Inggris berkaitan dengan penjelasan sebelumnya yaitu ukuran ketika memiliki kemampuan dalam pembentukan kalimat disusun secara kompleks sehingga mudah dipahami orang lain. Jangan salah beranggapan yang keliru bahwa keluwesan berbahasa Inggris diukur atas kemampuan seseorang memahami seluruh grammar dalam Bahasa Inggris atau seberapa banyak kosakata dihafalkan. 

Baca Juga: Karakter Genre Musik Keroncong 

Setelah mengetahui penjelasan lengkap mengenai parallel structure, kamu juga perlu mengetahui contoh kalimat penggunaan parallel structure untuk memberi kemudahan dalam penggambaran kalimat yang dapat digunakan sehari-hari.

  • The doll is not for you but for your sister. (Boneka ini bukan untukmu tapi untuk adikmu.)
  • I like cooking better than running. (Saya suka memasak melebihi berlari.)
  • Vaccinate will be held in Kemayoran, Senayan, Pancoran, and Depok. (Vaksin akan diadakan di Kemayoran, Senayan, Pancoran, dan Depok.)
  • I like movie, music, and theatre. (Saya suka f.)
  • I bought bucket of flower not for my sister but for my mom. (Saya membelikan buket bunga bukan untuk kakak saya,tetapi untuk ibu saya.)
  • We enjoy reading and sitting out in the sun. (Kami menikmati membaca dan duduk-duduk di pancaran sinar matahari.)

Baca Juga: 7 Aktivitas yang Dapat Meredakan Stres Akibat Kerja

Itu dia penjelasan lengkap mengenai parallel structure dan 5 kegunaannya secara lengkap dalm suatu kalimat. Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu dapat mengakses dengan klik tautan berikut

Jangan lupa untuk ikuti kami di instagram agar kamu bisa mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya menarik dan insightful!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Vocasia menyediakan berbagai pelatihan untuk membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan Bahasa Inggris. Tunggu apalagi! Yuk segera ikuti untuk dapatkan banyak penawaran diskon kursus, lho

Baca Juga: Perbedaan CEO dan Owner

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *