Tanggal:05 May 2024
Terdepat perbedaan pada CEO dan owner

Perbedaan CEO dan Owner

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah atau sebutan CEO atau Owner. Memang kedua hal ini akan sering kamu dengar ketika mengikuti suatu webinar, workshop, seminar offline. Biasanya owner dan CEO akan menjadi seorang pembicara atau narasumber pada acara tersebut.

Banyak orang menganggap seorang CEO atau owner merupakan salah dua posisi yang dibanggakan dan dijadikan suatu prestasi tersendiri. Walaupun kedua posisi ini sama-sama menjadi incaran banyak orang, namun kenyataannya kedua posisi ini memiliki beberapa perbedaan lho!

CEO memiliki peranya sendiri dalam suatu perusahaan, begitu juga owner memiliki perannya sendiri dalam birokrasi perusahaan. Owner merupakan orang yang secara tidak langsung menjadi CEO atau bisa dibilang seorang CEO yang pasif. Maka dari itu tidak jarang seorang owner membutuhkan peran dari seorang CEO dalam suatu perusahaan.

Buat kamu yang masih bingung perbedaan CEO dan owner perusahaan, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan memberi tahumu apa saja berpedaan dari CEO dan owner.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel Vocasia di bawah ini sampai tuntas!

Perbedaan CEO dan Owner

Terdepat perbedaan pada CEO dan owner

Terdepat perbedaan pada CEO dan owner – @rawpixel.com

CEO merupakan seorang pemimpin perusahaan yang terlihat oleh para karyawan dan publik. Setiap hasil kerja dari seorang CEO akan dilaporkan kepada pemilik perusahaan atau owner.

Mungkin kamu juga sudah pernah mendengar tentang RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Rapat ini bertujuan untuk membahas bagaimana kinerja dari CEO profesional dalam jangka waktu periode tertentu.

Maka dari itu, secara fundamental kita bisa melihat adanya perbedaan tanggung jawab antara owner dan CEO perusahaan.

Berikut adalah 3 perbedaan tanggung jawab antara CEO dan Owner:

1. Perbedaan mendasar

Untuk lebih mudahnya, bisa dibilang bahwa seorang CEO merupakan orang yang mengelola perusahaan secara langsung. Kemudai owner merupakan seorang pemilik dari suatu perusahaan. Owner biasanya merupakan orang yang memiliki modal yang besar dan waktu yang tidak banyak dalam mengelola perusahaan, sehingga dia mempekerjakan seorang CEO untuk mengelola perusahaannya. Orang yang dipercayai oleh owner disebut dengan CEO.

Info tambahan, saat sekarang ini banyak startup yang menerapkan sistem CEO sekaligus pemilik perusahaan.

2. Wewenang

perbedaan wewenang dalam struktur organisasi

perbedaan wewenang dalam struktur organisasi – @rawpixel.com

Setiap perusahaan pasti memiliki struktur organisasinya masing-masing yang sudah ditentukan untuk menjaga profesionalitas di lingkungkan kerja. Dalam struktur organisasi akan dijabarkan secara rinci mengenai wewenang dari setiap karyawan.

Di dalam perusahaan, CEO merupakan orang yang memiliki jabatan tertinggi dalam perusahaan. Dimana CEO tetap harus melaporkan hasil kerjanya kepada owner perusahaan. Sedangkan owner merupakan posisi yang tidak masuk dalam struktur organisasi perusahaan, walaupun memang seorang owner memiliki hak untuk memberhentikan seorang CEO dari perusahaannya.

3. Penentuan jabatan

CEO diangkat oleh owner

CEO diangkat oleh owner – @rawpixel.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumya bahwa CEO merupakan orang yang dipilih oleh seorang owner perusahaan untuk mengelola perusahaan. Waku penentuan jabatan dari seorang CEO ditentukan oleh owner tersebut. Maka dari itu status CEO ini merupakan posisi yang bersifat periodik.

Untuk posisi owner, ini ditentukan oleh jumlah kepemilikan saham dalam perusahaan yang bersangkutan. Terlepas dari seberapa besar atau kecilnya kepemilikan saham dalam perusahaan tersebut, ia sudah bisa dikatakan sebagai owner dari perusahaan tersebut. Untuk jangka waktu seorang owner memiliki jabatan ini tidak bisa dipastikan selama orang tersebut tidak menjual sahamnya.

Demikian beberapa perbadaan dari seorang CEO dan owner. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *