Tanggal:02 May 2024

Persiapkan 7 Hal ini Sebelum Ikuti Tes Psikotes

Tes psikotes sering dianggap mudah oleh sebagian orang. Namun, ternyata tes prikotes ini memerlukan persiapan yang matang agar dapat dijalani dengan lancar. 

Kursus online belajar grammar vocasia

Tes psikologi atau dikenal dengan psikotes adalah serangkaian ujian yang dilakukan untuk mengetahui kondisi psikologis dan karakter seseorang. Tes ini biasanya menjadi salah satu rangkaian proses yang dilalui ketika kamu melamar di sebuah perusahaan 

Psikotes dalam pekerjaan umumnya dilakukan sebelum kamu lolos ke tahap lebih tinggi lagi yaitu tahap interview. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga perusahaan yang melakukan psikotes kerja setelah tahap interview karena tergantung pada prosedur dan kebutuhan perusahaan. 

Agar kamu memiliki kesiapan dalam menjalaninya, artikel ini akan memberikan tips berupa hal-hal yang perlu kamu persiapkan lebih dulu sebelu mengikuti tes psikotes.

Baca Juga: Cara belajar huruf jepang

Tips Persiapan Tes Psikotes

Tips persiapan tes psikotes. Sumber: pexels.com

Tes psikotes berguna untuk menjawab apakah kriteria seseorang sesuai atau tidak dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tidak hanya itu, tes psikotes ini adalah langkah awal bagi calon karyawan untuk menunjukkan kemampuannya.

Tidak hanya kamu yang membutuhkan persiapan, pihak perusahaan penyedia tes psikotes bagi calon karyawannya pun perlu mempersiapkan berbagai metode, peralatan ataupun perlengkapan yang diperlukan agar tes psikotes diadakan dengan lancar dan tepat sasaran. 

Bagi kamu yang sangat ingin menempati suatu posisi dalam perusahaan atau kamu yang sedang berjuang mati-matian untuk mendapatkan pekerjaan, jangan sia-siakan kesempatan dalam tes psikotes ini. Kamu perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dalam tes psikotes dengan baik sehingga bisa lolos ke tahap rekrutmen selanjutnya.

Banyak yang beranggapan bahwa saat menjalani tes psikotes adalah hal yang gampang-gampang susah. Terkadang soal-soal diberikan terlihat sangat dasar dan menimbulkan kesan sepele. Namun, perlu diingat proses awal ini sungguh menentukan perjuangan kamu dapatkan perkerjaan selanjutnya. 

Nyatanya tidak sedikit orang gagal di tahapan psikotes ini. Banyak juga calon karyawan yang merasakan bahwa psikotes itu akan susah ketika tidak mempersiapkan diri terlebih dahulu. Kamu akan tersingkirkan jauh oleh orang-orang yang sebelumnya telah melakukan persiapan dengan baik. 

Kalau sampai tes psikotes saja tidak berhasil, tentu kamu sebagai calon karyawan tidak diperkenankan untuk maju ke tahapan seleksi berikutnya. Tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Simak 7 persiapan untuk ikuti tes psikotes di bawah ini, ya!

Baca Juga: Tips persiapan SBMPTN

1. Latihan

Latihan adalah hal mutlak yang perlu dilakukan dalam kehidupan, apalagi jika kamu menginginkan untuk menguasai satu hal. Sebagai tes yang unik, psikotes yang diujikan dalam dunia kerja tidak hanya mendeskripsikan kepribadian dirimu. Akan tetapi, tes ini juga memungkinkan gabungan dari beberapa metode psikotes yang memiliki tujuan berbeda. Misalnya, psikotes ini bisa mengetahui tingkat kecerdasan dan juga bakat, tetapi ada juga tes psikotes yang hanya bertujuan untuk mengetahui kepribadianmu. 

Untuk tes yang salah satunya menguji tingkat kecerdasan, latihan adalah kunci utama yang kamu miliki. Karena tes yang akan diberikan umumnya adalah menyangkut kecepatan berpikir dan ketelitian kamu. Sering-sering membaca dan mengerjakan soal-soal psikotes dalam buku-buku yang sudah kamu beli.

Oleh karena itu, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan mengerjakan latihan soal psikotes sebelumnya. Tidak hanya dibuku, internet juga bisa kamu gunakan untuk mencari soal-soal yang tersedia sebelumnya. 

2. Jaga kekuatan fisik

Saat menghadapi ujian psikotes, kamu membutuhkan kemampuan dalam kecepatan, ketahanan, dan ketelitian yang besar. Biasanya proses psikotes berlangsung dari pagi hingga sore hari dan melalui beberapa rangkaian tes. Tentunya kamu harus dalam keadaan sehat jiwa dan raga. Hal ini bisa dilakukan dengan istirahat yang cukup pada malam hari sebelum tes berlangsung dan jangan lupakan sarapan pagi dengan makanan yang bergizi. 

Pastikan bahwa kondisi fisikmu kuat dan terhindar dari segala kondisi yang tidak nyaman. Selain itu, kamu juga perlu meningkatkan fokus sehingga dapat mengerjakan setiap soal dengan batasan waktu yang telah ditentukan. 

3. Membawa alat tulis seperlunya

Sebelum tes dimulai, pastikan kamu mempersiapkan alat tulis sendiri secukupnya. Walapun dalam tes psikotes disediakan, akan lebih baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, bila ternyata perusahaan tidak menyediakannya. Pastikan bahwa alat tulis yang kamu bawa dalam keadaan siap dan layak pakai. Bawalah alat tulis lengkap sesuai dengan yang diperlukan misalnya bolpoin, pensil, penghapus, dan penggaris.

Selain itu, penting juga untuk mempersiapkan kertas kosong. Sebab, itu akan berguna sebagai catatan saat kamu mengerjakan jenis soal yang berkaitan dengan hitungan. Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan hal kecil sebelum mengikuti tes psikotes.

4. Manfaatkan waktu

Waktu yang tertera dalam poin ini adalah waktu dimana kamu datang ke perusahaan untuk mengikuti tes psikotes ataupun saat pengerjaan tes. Alokasi waktu menjadi sangat penting agar kamu bisa memaksimalkan saat mulai mengikuti tes psikotes. 

Langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah dengan tiba di tempat psikotes setidaknya 30 menit sebelum tes dimulai. Hal ini akan sangat membantu untuk mempersiapkan segalanya termasuk mental. Hal ini juga dilakukan karena ketika kamu telat, tes psikotes akan terasa tidak tenang. Selain itu, hal ini juga akna menjadi penilaian buruk bagi HRD, lho. Hati-hati, ya!

Selain itu, sebisa mungkin jangan menyia-nyiakan waktu pengerjaan yang diberikan oleh perusahaan untuk mengerjakan psikotes kerja. Hal ini bisa kamu latih lebih dulu dengan mengerjakan soal tes psikotes menggunakan stopwatch. 

Melansir dari Verywell Mind, pada umumnya seseorang bisa mengerjakan soal pilihan ganda dalam kurun waktu 30-60 detik.

Walaupun demikian, setiap soal pasti memiliki jenis dan waktu pengerjaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, hal yang paling kamu butuhkan adalah dengan melakukan latihan dalam mengerjakan psikotes kerja sesuai dengan waktu yang biasanya diberikan oleh perusahaan.

5. Percaya akan hasil

Kepercayaan diri disinyalir juga menjadi salah satu hal yang penting kamu lakukan saat mengerjakan psikotes kerja. Masih banyak orang yang hanya fokus terhadap satu pertanyaan, sehingga ketika mencoba untuk melangkah ke pertanyaan selanjutnya malah terlihat tidak fokus dan tidak bisa berpikir logis.

Melansir dari Psychology Today, apa pun yang kamu lakukan, jangan pernah berkecil hati saat tidak bisa menjawab satu pertanyaan. Hal tersebut akan menuntunmu untuk tetap percaya diri dalam menyelesaikan semua pertanyaan, meski tidak berurutan.

6. Perhatikan Instruksi

Selalu perhatikan instruksi dan perintah yang disampaikan oleh bagian rekrutmen. Lakukan dan jawab soal sesuai dengan instruksi dan lakukan dengan sebaik-baiknya. Misalnya, perintahnya harus menjawab soal dengan menggunakan pulpen, tidak boleh menggunakan pensil. Berbagai peraturan yang beragam inilah, membuat kamu perlu memasang telinga dan terus fokus.

Lengah sedikit yang dapat kamu lakukan, bisa saja mempengaruhi hasil akhir. Fokus juga sangat membantu otak Anda untuk bisa lebih berkonsentrasi terhadap soal yang ditanyakan dan bisa menjawabnya dengan baik. Buat kerja sama yang baik dengan dirimu sendiri!

7. Berdoa

Berdoa merupakan langkah awal paling ampuh sebelum memulai segala hal termasuk dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Doa yang kamu panjatkan tidak perlu diucapkan dengan keras-keras dan tak perlu terlalu lama. 

Saat beberapa jam sebelumnya, langkah paling cepat yang dapat kamu lakukan adalah dengan memejamkan mata sejenak dan berdoa dalam hati. Berdoalah agar segalanya dimudahkan dan optimis pada hidup!

Baca Juga: Aplikasi untuk belajar bahasa

Itu dia 7 hal yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti tes psikotes. Pastikan bahwa penjelasan di atas dilakukan satu persatu, ya! Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu dapat klik tautan berikut. Ada banyak berbagai tips dan trik yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, lho! 

Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya! Ingin mantapkan skill dan pengetahuan lainnya? Vocasia sebagai salah satu online course terbaik juga menyediakan berbagai pembelajaran secara gratis untuk kamu yang ingin terus berkembang dengan mengakses tautan berikut.

Baca Juga: Cara meningkatkan traffic website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *