Tanggal:29 February 2024

7 Aktivitas yang Dapat Meredakan Stres akibat Kerja

Mendengarkan musik bisa membuat suasana lebih ceria

Pekerjaan yang dilakukan setiap hari dan memakan waktu selama berjam-jam akan menguras tenaga dan pikiran kita. Kelelahan merupakan hal yang kerap dialami oleh banyak pekerja di berbagai bidang pekerjaan. Salah satu dampak dari kelelahan adalah stress, hal ini tidak bisa kamu kesampingkan mengingat bagaimana sekarang sudah banyak orang yang mulai peduli dengan rasa stress. Sudah banyak ilmu mengenai stress management yang bisa kamu temui di manapun, ini berarti bahwa stress sudah menjadi perhatian banyak orang di luar sana.

Mungkin di luar sana termasuk kamu, masih sering tidak bisa mengelola stressnya dengan baik. Sebelum stress datang, sebaiknya kamu segera mencegah hal tersebut sebelum rasa stress tersebut mulai menghampiri kamu kedepannya.

Buat kamu yang saat ini sering merasa kelelahan atau sudah mulai merasa stress, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini karena pada artikel ini akan membahas bagaimana cara mengurangi stress dengan melakukan beberapa aktivias yang lebih menyegarkan.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel Vocasia mengenai aktivitas yang bisa mengurangi rasa stress di bawah ini sampai tuntas!

1. Wisata ke alam

Mencari udara segar di alam

Asian woman enjoying an outdoor tripMencari udara segar di alam – @rawpixel.com

Kita semua tahu bahwa dengan melepas diri dari pikiran dan beban pekerjaan akan sangat membantu mengurangi rasa stress. Namun untuk melepaskan rasa stress akibat pekerjaan bisa kamu lakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan melakukan wisata ke alam.

Gunakan waktu luang mu untuk berekreasi di tempat outdorr misalnya ke wisata alam. Sesederhana kamu berjalan kaki dan menghirup udara segar akan memberikan rasa fresh di hati dan pikiranmu.

2. Bertemu keluarga

Luangkan waktu untuk keluarga

Luangkan waktu untuk keluarga – @rawpixel.com

Sesibuk apapun kamu dalam bekerja, coba luangkan waktumu untuk tetap bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

Keluarga merupakan satu-satunya support system yang akan siap membantu kamu di setiap situasi.

3. Bertemu sahabat

Dalam hidup kamu pasti memiliki beberapa teman, bahkan beberapa dari teman kamu sudah menjadi teman dekat atau sahabat. Sahabatmu merupakan salah opsi tempat bersantai yang paling menyenangkan, sehingga beban hiduo kamu akan terasa lebih ringan setelah berjumpa dengan sahabat.

Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas dengan tean seperti bermain, ngobrol, nongkrong, menginap atau hanya sekedar makan siang bersama akan memberikan dampak positif pada pikirankamu sehingga tingkat stress akan berkurang.

4. Musik

Mendengarkan musik bisa membuat suasana lebih ceria

Mendengarkan musik bisa membuat suasana lebih ceria – @rawpixel.com

Musik adalah salah satu karya seni yang bisa menggerakan perasaan seseorang tak terkecuali menggerakan perasaan yang awalnya stress menjadi lebih ceria. Misalnya saja ketika kamu merasa sedang sedih atau stress, kemudian saat kamu memutar lagu kesukaanmu kamu akan terbawa suasana dan mulai berjoget kecil. Perlahan rasa stress dan sedihmu akan beransur menghilang. Sehingga kamu bisa lebih ceria dan semangat saat mulai kembali bekerja.

5. Bersantai

Santai merupakan dimana kamu bisa merasa rileks tanpa mengerjakan apapun, tapi perlu diketahui bahwa kamu tetap bisa menjadi produktif hanya dengan bersantai. Misalnya kamu membaca buku kesukaanmu, hal ini memang kegiatan yang dilakukan ketika bersantai tapi kamu bisa sekaligus menambah wawasan ketika membaca.

Melakukan hobi juga bisa membuat kamu produktif dan lebih ceria di waktu yang sama.

6. Memasak

Memasak makanan favorit

Memasak makanan favorit – @rawpixel.com

Tak jarang orang mulai kehilangan nafsu makan ketika stress. Cobalah untuk memasak sambil mengkreasikan makanan favorit kamu. Hal ini bisa membuat kamu lebih ceria sekaligus meningkatkan nafsu makanmu menjadi lebih baik,

Karena dengan memakan makanan yang sehat dan cukup, tubuh akan menjadi lebih sehat. Tubuh yang sehat akan mempengaruhi pikiranmu menjadi lebih sehat.

7. Tidur

Banyak orang merasa kesulitan tidur saat merasa stress. Namun perlu diketahui bahwa tidur merupakan salah satu kunci penting untuk meredakan stress.

Dimana kamu akan lebih santai. Pastikan tidur kamu selalu nyenyak sehingga kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Kamu pasti akan merasakan efeknya setelah tidur yang cukup dan nyenyak.

Demikian beberapa kegiatan yang bisa mengurangi stress. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *