Tanggal:08 September 2024

Pertanyaan Yang Sebenarnya Tidak Ingin Dijawab? Ini Cara Jawabnya!

Saat sedang wawancara, kamu pastinya sering sekali mendapatkan pertanyaan yang menurut kamu sangat tidak ingin kamu jawab, tetapi saat yang bersamaan kamu juga harus menjawabnya demi keberlangsungan wawancara yang lancar. Tetapi ingat, jangan sampai kamu menjawabnya dengan asal-asalan ya! 

Kamu juga harus memiliki jawaban yang terdengar siap dan yakin. Orang yang mewawancarai kamu pasti juga tidak ingin mendengarkan jawaban yang kurang pas dan yakin dari kamu, jadi lebih baik kamu menjawabnya dengan mengalihkan atau tidak menjawab sama sekali mungkin ya? 

Biasanya, pertanyaan-pertanyaan ini ditanyakan untuk mencari tahu kepribadian dan informasi yang dibutuhkan perusahaan sebelum menentukan tindakan dari proses lamaran kamu. Jadi, memang agak penting dan sulit untuk tidak menjawabnya, atau mungkin kamu bisa menjawabnya dengan alasan yang logis mengapa kamu tidak nyaman untuk menjawabnya. 

Lalu, contoh-contoh jawaban seperti apa aja sih yang bisa dijawab saat hal ini terjadi? Yuk kita cek bareng-bareng! 

1. Gunakan Waktu Yang Ada Sebanyak Mungkin

Saat dipertanyakan sebuah pertanyaan, pastinya kamu ingin menjawab dengan jawaban yang ingin kamu sampaikan dengan yakin dan benar. Tetapi, terkadang kita juga tidak selalu siap untuk dipertanyakan pertanyaan yang mungkin kita tidak kuasai. Maka dari itu, waktu memang sangat penting untuk dipertimbangkan agar kamu dapat menggunakan waktu lebihnya untuk mempersiapkan jawaban yang menurut kamu tepat.

2. Jangan Menjawab Semua Pertanyaan Yang Ditanyakan 

Mungkin dalam satu kali bertanya, terdapat beberapa anak pertanyaan yang harus kamu jawab. Dalam kasus ini, kamu sebenarnya tidak harus menjawab semuanya. Jawab saja pertanyaan yang menurut kamu ingin dijawab.

3. Alihkan Pembicaraan 

Mengalihkan pembicaraan juga menjadi salah satu cara untuk kamu menghindar dari pertanyaan yang tidak ingin kamu jawab. Alihkan saja topik pembicaraan kamu dan jika terjadi lagi, lakukan saja hal yang sama.

4. Menolak Dengan Sopan 

Kalau kamu tidak bisa mengalihkan pembicaraan, cara yang satu ini juga bisa kamu lakukan. Dengan langsung menolak, tidak ada lagi rasa tidak enak atau yang mengganjal di antara kamu dan orang yang bertanya, contohnya saja pewawancara. Jangan lupa untuk menolaknya dengan sopan ya!

5. Perhatikan Facial Expression & Body Language Anda 

Saat sedang menjawab atau menolak, jangan lupa untuk perhatikan ekspresi wajah dan gerakan tubuh kamu ya. Kita sendiri terkadang tidak bisa mengontrol hal tersebut, jadi diperhatikan baik-baik ya!

6. Pahami Pertanyaan Yang Ditanyakan

Hal yang paling dasar dan utama adalah memahami apa yang ditanyakan. Kalau kamu dari awal sudah tidak mengerti konteksnya, pasti susah untuk menjawab atau mengalihkannya. Jadi, jangan lupa untuk dipahami juga walaupun kamu tidak ingin menjawabnya ya!

Sekarang kamu tahu nih mau jawab seperti apa kalau tidak ingin menjawab beberapa pertanyaan ya!

basic excel training
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *