Tanggal:25 May 2024

Responden: Pengertian, Jenis, Karakteristik, Syarat dan Contohnya

Saat melakukan penelitian, biasanya akan diperlukan responden untuk memperkuat data/argumen kita. Dengan demikian, penelitian kuantitatif ataupun kualitatif dengan data responden akan sangat dibutuhkan dalam penelitian.

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Menjadi responden ada syarat dan karakteristiknya loh, seperti apa ya syarat dan karakteristik menjadi responden? Mari kita simak pembahasan artikel Vocasia kali ini.

Pengertian Responden

Responden penelitian adalah objek yang akan dimintai bantuan untuk menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan peneliti. Pertanyaan yang diberikan biasanya berupa pertanyaan terstruktur maupun pertanyaan semi terstruktur.

Hasil jawaban dari responden inilah yang akan menjadi data untuk menunjang dari hasil penelitian nanti.

Menurut salah satu ahli, yaitu Arikunto (2006) mengartikan responden subjek penelitian. Subjek penelitian adalah orang yang diminta untuk memberikan informasi ataupun fakta terhadap bahasan penelitian dan juga menjadi sumber informasi untuk menggali fakta di lapangan.

Menurut Amirin (1989), responden penelitian disebut juga dengan subjek penelitian yang ingin memperoleh keterangan dengan menanyai narasumber yang sudah ditentukan atau dipilih oleh si peneliti.

Itulah beberapa pendapat para ahli tentang responden penelitian. Dari pendapat di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa responden penelitian adalah subjek penelitian (benda atau orang atau organisme) yang dijadikan sumber informasi untuk keperluan mendapatkan data dan fakta yang dicari oleh peneliti.

Jenis-Jenis Responden

Berikutnya terdapat 2 jenis responden, yaitu responden penelitian kualitatif dan kuantitatif.

1) Metodologi Penelitian Kualitatif

Metode ini berfokus pada pengamatan yang mendalam. Oleh karena itu, penggunaan metode kualitatif dalam penelitian dapat menghasilkan kajian atas suatu fenomena yang lebih komprehensif.

2) Metodologi Penelitian Kuantitatif 

Metode penelitian yang di dalamnya menggunakan banyak angka. Prosesnya mencakup dari proses pengumpulan data sampai penafsirannya. Sedangkan Metode penelitian adalah studi mendalam dan penuh dengan kehati-hatian dari segala fakta.

Tak hanya itu, ada 2 lagi teknik pengumpulan data responden, di antaranya :

3) Probability Sampling (secara acak Sample)

Metode ini merupakan pengambilan sampel secara random. Menggunakan cara pengambilan sampel ini, semua anggota populasi diasumsikan memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel penelitian.

4) Nonprobability Sampiling 

Teknik sampling yang akan menentukan responden berdasarkan subjektivitas peneliti dab keahlian yang dimiliki peneliti.

Umumnya metode nonprobability sampling lebih sering digunakan untuk jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik ini dapat digunakan untuk menentukan responden pada nonprobability sampling.

Karakteristik Responden

Karakteristik responden adalah kriteria yang akan diberikan kepada responden agar informasi dalam penelitian dapat tertuju dengan tetap dan sesuai harapan. Hal ini bergantung pada penggunaan jenis serta metode penelitian.

Untuk cara menentukan jumlah responden kuesioner, terdapat beberapa rumus dan teori yang bisa digunakan. Misalnya menggunakan rumus aaker dan rumus slovin

Lalu, tidak ada batasan pasti untuk jumlah minimal responden kuesioner penelitian. Namun kebanyakan penelitian berdasarkan rumus slovin atau rumus aaker harus memiliki jumlah responden paling sedikit 90 sampai 100 orang.

Syarat Menjadi Responden

Untuk menjadi responden, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut perlu kamu perlu ketahui tentang syarat-syarat menjadi responden. Syarat tersebut di antara lain:

1) Penelitian Kualitatif  

Beberapa persyaratan umum ketika menentukan responden seperti apa yang sesuai untuk penelitian kualitatif adalah:

  • bersikap aktif dan responsif;

  • memiliki pendapat yang sejalan;

  • memahami topik penelitian;

  • jujur;

  • tidak ingkar janji; dan

  • menaati peraturan.

2) Penelitian Kuantitatif 

Penelitian kuantitatif hanya ada terdapat 2 syarat umum, yaitu:

  • bersifat objektif dan tidak ambigu; dan

  • representatif.

Contoh Responden

Setelah membahas mengenai pengertian, jenis-Jenis, karakteristik, dan syarat menjadi responden; kamu juga perlu mengetahui contoh responden. Berikut beberapa contoh responden:

“Kinerja Keuangan PT. Pertamina di Masa Pandemi Covid-19”

Pada penelitian tersebut, hal yang menjadi objek penelitian adalah PT. Pertamina, sedangkan untuk variabelnya adalah Kinerja Keuangan. Maka yang menjadi responden adalah laporan keuangan PT. Pertamina.

Dalam penelitian kuantitatif dapat diberi contoh penelitian sebagai berikut:

“Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMAN 1 Malang”. Maka pada penelitian tersebut yang menjadi responden adalah seluruh guru SMAN 1 Malang.

Sekian artikel mengenai responden beserta jenis dan contohnya. Semoga bisa membantu teman-teman.

Sobat mau belajar tentang analisis data-data untuk skripsi? Vocasia punya kursus “SPSS Series: Mahir Menggunakan Software SPSS bagi Pemula“. Untuk bergabung, AYO LANGSUNG KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *