Tanggal:22 April 2024

Cara Membuat Kuesioner Penelitian

Kuesioner Penelitian adalah suatu alat yang digunakan untuk mengumpulkan informasi/data yang diperoleh dari responden dalam suatu penelitian. Kuesioner tersebut berisikan beragam pertanyaan penting yang dibuat untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan penelitian.

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Pada saat membuat kuesioner tentunya tidak boleh asal-asalan, pertanyaan harus dibuat sedemikian rupa agar dapat memberikan jawaban yang logis dan bermakna. Kuesioner penelitian harus diuji kelayakan dan keandalannya sebelum digunakan, serta harus diisi oleh responden secara sukarela dan jujur. Hasil dari kuesioner ini kemudian dapat dianalisis dan digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan.

Kuesioner saat ini telah banyak yang dibuat untuk melakukan sebuah penelitian terutama untuk mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan tugas akhirnya dengan membuat penelitian. Biasanya banyak dari mereka yang membuat kuesioner penelitian dengan kuesioner online yang dapat diisi melalui Google Form. Melalui Google Form, siapa saja bisa mengisi kuesioner penelitian dengan sukarela dan jujur, sesuai dengan jawaban yang diinginkan berdasarkan pertanyaan yang dibuat peneliti.

Nah, setelah mengetahui penjelasan tentang kuesioner penelitian, mari lihat Cara Membuat Kuesioner Penelitian, diantaranya sebagai berikut:

Sumber: Rumahweb

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kuesioner penelitian melalui Google Form: 

  1. Login ke akun Google Anda dan buka Google Form di browser Anda. 
  2. Klik pada tombol “Blank” untuk membuat formulir kosong baru atau pilih salah satu template yang tersedia. 
  3. Berikan judul dan deskripsi singkat tentang penelitian Anda pada bagian atas halaman. Judul dan deskripsi harus jelas dan menjelaskan tujuan penelitian. 
  4. Mulailah menambahkan pertanyaan pada kuesioner. Untuk menambahkan pertanyaan, klik pada tombol “+ Add question”. 
  5. Pilih jenis pertanyaan yang ingin Anda ajukan, seperti pertanyaan pilihan ganda, jawaban pendek, paragraf, atau skala likert. 
  6. Tulis pertanyaan Anda dengan jelas dan singkat. Pastikan pertanyaan yang Anda ajukan relevan dengan tujuan penelitian Anda. 
  7. Berikan opsi jawaban jika pertanyaan Anda menggunakan format pilihan ganda atau skala likert. 
  8. Tambahkan pertanyaan lain jika diperlukan dan klik pada tombol “Next” di bagian bawah halaman. 
  9. Pilih tema atau desain kuesioner yang ingin Anda gunakan, atau buat tema kuesioner Anda sendiri. 
  10. Atur pengaturan kuesioner, seperti siapa yang dapat mengisi kuesioner dan apakah responden perlu memasukkan data mereka untuk mengisi kuesioner. 
  11. Lihat ulang (Preview) kuesioner untuk memastikan semua pertanyaan dan opsi jawaban terlihat dengan baik. 
  12. Setelah kuesioner selesai, bagikan kuesioner dengan responden melalui tautan yang diberikan atau dengan mengundang responden melalui email. 

Itulah langkah-langkah yang tepat untuk membuat kuesioner penelitian melalui Google Form. Pastikan kuesioner Anda sudah diuji coba dan diperbaiki sebelum disebarluaskan kepada responden.

Tahapan-Tahapan Pembuatan Kuesioner

Berikut ini adalah beberapa tahapan dari pembuatan kuesioner:

1) Tentukan tujuan penelitian 

Sebelum membuat kuesioner, tentukan tujuan penelitian Anda dan apa yang ingin Anda ketahui dari responden. Tujuan penelitian yang jelas akan membantu Anda dalam menentukan pertanyaan yang relevan dan mengarahkan pada jawaban yang diinginkan. 

2) Tentukan sampel responden 

Tentukan siapa yang menjadi target responden Anda, apakah mereka adalah kelompok umum atau spesifik seperti pelanggan atau karyawan. Hal ini akan membantu Anda menentukan jenis pertanyaan dan opsi jawaban yang tepat untuk kuesioner. 

3) Pilih jenis pertanyaan 

Pilih jenis pertanyaan yang ingin Anda ajukan dalam kuesioner, seperti pilihan ganda, skala likert, jawaban singkat, atau pertanyaan terbuka. Pastikan jenis pertanyaan yang dipilih sesuai dengan tujuan penelitian dan responden yang ditargetkan. 

4) Buat pertanyaan 

Buat pertanyaan yang jelas dan mudah dimengerti oleh responden. Pastikan pertanyaan mengarahkan pada jawaban yang relevan dan bermakna untuk tujuan penelitian Anda. Hindari menggunakan pertanyaan ganda yang sulit dimengerti atau menjebak responden dengan pertanyaan yang tendensius. 

5) Atur urutan pertanyaan 

Atur urutan pertanyaan sedemikian rupa sehingga alur logis dan mudah diikuti oleh responden. Pertanyaan awal sebaiknya mengarah pada topik umum dan pertanyaan akhir berfokus pada topik yang lebih spesifik. 

6) Buat opsi jawaban (jika perlu) 

Jika Anda menggunakan jenis pertanyaan seperti pilihan ganda atau skala likert, buat opsi jawaban yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hindari memberikan opsi jawaban yang ambigu atau tidak relevan.

7) Lakukan uji coba kuesioner 

Lakukan uji coba kuesioner dengan sejumlah responden untuk memastikan pertanyaan dan opsi jawaban sudah mudah dimengerti dan dapat memberikan jawaban yang bermakna. 

8) Buat tampilan kuesioner 

Pastikan kuesioner Anda mudah dibaca dan menarik bagi responden. Gunakan format dan tata letak yang sesuai dengan tujuan penelitian dan target responden. 

Setelah itu, kuesioner dapat disebarkan kepada responden yang ditargetkan. Pastikan bahwa kuesioner sudah teruji dan sudah memenuhi standar kualitas sebelum disebarluaskan.

Nah Sobat, demikianlah penjelasan tentang kuesioner penelitian dan cara membuatnya di Google Form. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari referensi tentang cara membuat kuesioner penelitian.

Baca Juga: Strategi Sukses Penulisan Skripsi Secara Tepat, Cepat, dan Cermat

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *