Tanggal:29 February 2024

7 Software Animasi 3D Mudah, Cocok untuk Pemula!

Membuat animasi 3D merupakan kegiatan yang cukup digemari bagi sebagian orang. Ada yang mendalaminya sebagai hobi, namun  ada pula yang menjadikan sebagai mata pencaharian utama. Perkembangan animasi yang semakin baik, menjadikan profesi animator sebagai prospek  karier yang cukup menjanjikan. Hal tersebut berdampak pada mulai bermunculan sekolah animasi dan kompetisi-kompetisi animator terbaik.

Tidak hanya itu saja, kini tersedia beragam software animasi 3D yang dapat kamu gunakan.  Mulai dari software desain 3D berbayar hingga gratis, software desain 3D yang memiliki fitur sederhana hingga lengkap, Kamu dapat menyesuaikan software-software tersebut sesuai kebutuhanmu.

Bagi kamu yang baru saja belajar membuat animasi 3D, perlu memilih software animasi 3D yang tepat yang mudah digunakan. Kamu, tidak perlu bingung, Vocasia sudah merangkum beberapa software animasi 3D terbaik yang mudah digunakan untuk pemula. Simak penjelasan berikut ini.

1. Blender

Blender merupakan software animasi 3D yang bersifat open source. Software ini berfungsi untuk membuat video game, film animasi, pengeditan video atau memberikan efek visual. Banyak fitur keren yang ditawarkan oleh Blender seperti untuk modeling, animating, simulating, rigging, rendering, motion tracking hingga composing.

Software ini juga memiliki tampilan antarmuka yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan keinginan. Kelebihan lain Blender adalah termasuk software multi-platform yang dapat digunakan pada Linux, Windows, dan Mac. Software yang satu ini juga support dengan banyak format file.

2. KeyShot

Tampilan software Keyshot. Sumber: keyshot.com

KeyShot merupakan salah satu software animasi 3D yang dapat kamu gunakan secara gratis. Software satu ini memiliki kemampuan dalam membuat animasi 3D dan animasi 2D. Salah satu fitur andalan yang dimiliki KeyShot adalah real-time rendering yang dapat menampilkan hasil secara instan. Fitur-fitur lain yang dimiliki software ini diantarnya focus caustics untuk kontrol pencahayaan, fleksibel akses, tekstur dinamis untuk mensimulasikan tampilan lanskap di dunia nyata.

3. Cinema 4D

Software animasi 3D yang satu ini paling direkomendasikan untuk para pemula. Karena Cinema 4D ini tidak serumit software animasi 3D yang lainnya. Selain itu dalam penggunaanya, software ini tidak perlu spesifikasi komputer yang tinggi. Meskipun begitu hasil yang dihasilkan Cinema 4D sama baik dengan software 3D terbaik lainnya.

Cinema 4D juga memiliki kurva yang lembut sehingga cocok digunakan buat kamu yang sedang belajar animasi 3D. Lewat software ini kamu bisa langsung mencoba fitur-fitur yang sudah disediakan mulai dari pemotongan adegan hingga pengembangan konsep. Software yang satu ini  juga memiliki fitur high speed yang canggih.

4. Zbrush

Tampilan software Zbrush. Sumber: apkpure.comSoftware animasi 3D selanjutnya yang cocok untuk pemula dalah Zbrush. Software ini bisa bermanfaat untuk membuat modeling 3D, pahat dan texturing.  Kualitas software animasi 3d ini cukup baik. Software animasi 3D ini juga menyediakan banyak sekali fasilitas dan fitur lengkap yang bisa kamu gunakan. Selain itu, Zbrush juga memperbolehkan untuk mengekspor model 3D dari software lainnya. Zbrush juga sangat bisa diandalkan untuk semua kalangan, terutama pemula dalam penggunaan ataupun teknik membuat desain.

5. PowToon

Powtoon merupakan salah satu software animasi 3D terbaik yang cocok untuk pemula. Software ini memungkinkan pengguna membuat presentasi dan animasi pendek. Banyak variasi gaya animasi yang bisa kamu langsung gunakan baik untuk animasi kartun atau infografis. Powtoon adalah software berbasis web sehingga bisa diakses dari mana saja selama ada koneksi internet. Program ini bagus untuk pemula, karena proyek biasanya berupa animasi kecil namun penuh warna dan informatif. Kurva pembelajarannya sangat kecil, memastikan bahwa pengguna yang awam sekalipun dapat mulai membuat animasi yang hebat dalam waktu singkat.

6. Daz Studio

Tampilan software Daz Studio. Sumber: daz-3d.id.uptodown.com

Daz Studio merupakan salah satu software animasi 3D gratis yang cocok untuk dicoba oleh  pemula. Software ini berfungsi untuk membuat animasi kecil dan film pendek, Fitur-fitur yang disediakan Daz Studio cukup lengkap. Daz Studio adalah alternatif yang bagus untuk software animasi 3D yang lebih canggih. Software ini memungkinkan kamu untuk membuat proyek tanpa mengutak-atik setiap hal kecil dalam hal rendering dan pemetaan aset. Dengan Daz Studio ini kamu bisa mencoba membuat animasi 3D dengan mudah karena terdapat tutorial interaktif yang dapat menunjang pembelajaranmu.

7. Tinkercad

Tinker CAD  merupakan software animasi 3D yang dapat digunakan secara gratis. Software ini bisa digunakan untuk membuat 3D model dari dasar menggunakan basic modeling operations, tapi dengan tambahan fungsi untuk menggabungkan atau memisahkan bentuk model yang sedang dibuat. Tinker CAD juga memberikan kemudahan dalam pembuatan desain. Pembuatan desain rumit dapat dibuat dengan lebih cepat, mudah, dan terkesan sederhana bagi penggunanya. Sehingga software ini cocok digunakan untuk pemula.

Baca juga :

Memahami Pengertian Dan Jenis-Jenis Animasi

Suka Nonton Film Animasi? Yuk Ketahui Lebih Dalam Profesi Animator

Ingin Jadi Animator Andal? Pahami Skill Dan Deskripsi Pekerjaannya!

Nah, itulah 7 software animasi 3D yang mudah dan praktis digunakan untuk para pemula. Setiap software memiliki kelengkapan fitur dan fasilitas yang berbeda-beda. Kamu dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba!

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *