Tanggal:23 July 2024

10 Cara Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

Manusia merupakan makhluk yang senantiasa bersosialisasi dengan orang lain. Perlu adanya jalinan hubungan yang baik kepada semua orang agar seseorang bisa hidup sosial bermasyarakat. Agar bisa menjalin hubungan yang baik dengan semua orang, kita sebagai individu di masyarakat harus memiliki sifat kepribadian yang menyenangkan. Sifat kepribadian yang menyenangkan ini identik dengan ceria, ramah, dan supel atau pandai bergaul.

Sejatinya manusia memiliki tipe kepribadian masing-masing. Namun untuk menjadi pribadi yang menyenangkan bagi sebagian orang nampaknya sangat sulit. Bukan berarti mereka tidak baik, namun mereka hanya sulit untuk mengutarakan diri mereka kepada orang lain. Alhasil terkadang saat mereka berusaha, justru terlihat canggung dan akhirnya mereka dikira tidak memiliki kepribadian yang baik. Apakah kamu juga seperti itu guys ? kalau kamu memiliki kesulitan seperti itu kamu tidak perlu khawatir lagi. Di artikel ini akan membantu kamu dengan memeberikan 10 (sepuluh) cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang menyenangkan. Simak lebih lanjut di bawah ini, ya!

Baca Juga | 5 Cara Menjadi Pribadi Yang Optimis, Yuk Coba!

10 Cara Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan agar menjadi pribadi yang menyenangkan di mata orang lain.

1. Menegur Sapa Terlebih Dahulu

Menyapa(pexels.com/amina filkins)

Apabila kamu melihat seseorang yang kamu kenal sedang berpapasan dengan kamu, tidak ada salahnya untuk kamu menegurnya terlebih dahulu. Dengan kamu menegur terlebih dahulu maka orang tersebut merasa bahwa kehadirannya dianggap oleh dirimu. Tegurlah dengan baik, kamu bisa menyebut nama panggilannya agar hubunganmu semakin akrab. Selain itu jikalau kamu bertemu dengan seseorang yang belum kamu kenal dengan baik. Tidak ada salahnya juga untuk kamu memulai pembicaraan agar saling mengenal. Karena bisa jadi orang tersebut termasuk juga termasuk orang-orang baru yang berada dilingkungan sekitarmu. Dengan itikad baikmu yang seperti ini maka orang-orang akan respect pada dirimu bahwa kamu merupakan seseorang yang memiliki pribadi menyenangkan, dan pandai bergaul.

Baca Juga | Ekstrovert Dan Sedang Mencari Kerja? Berikut Pekerjaan-Pekerjaan Yang Cocok Untuk Kamu!

2. Sering Tersenyum

Terseyum ceria(rawpixel.com)

Salah satu cara agar menjadi pribadi yang menyenangkan adalah dengan sering tersenyum. Senyumanmu akan memberikan energi positif kepada orang-orang yang ada disekelilingmu. Jika kamu selalu memberikan senyuman manismu saat bertegur sapa dengan orang lain.  Tentu saja mereka pun akan reflek membalas senyumanumu, dan perbincangan akan semakin hangat jika lawan bicaramu juga merasa senang akan kehadiranmu. Selain itu senyuman ramahmu ini akan menjadi ciri khas dirimu yang akan selalu teringat oleh orang-orang yang berada disekitarmu. Ketika ada seseorang yang mencoba menanyakan perihal tentang dirimu. Maka mereka akan mengatakan bahwa kamu adalah sosok pribadi yang ramah dan  menyenangkan.

Baca Juga | 7 Tips Hidup Bahagia Sederhana, Mulai Dari Hal Kecil

3. Menjadi Pendengar yang Baik

Mendengarkan(pexels.com/andrea piacquadio)

Seseorang dengan pribadi yang menyenangkan maka mereka merupakan seseorang pendengar yang baik. Karena lawan bicaramu akan senang jika semua pembicaraan atau curahan yang diutarakannya itu selalu didengarkan. Oleh karena itu, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik. Dengarkan apa yang mereka sampaikan, sehingga ketika mereka meminta solusi darimu. Kamu bisa memberikan solusi yang terbaik, karena kamu mendengarkan seluruh rangkaian cerita yang mereka sampaikan.

4. Gunakan Kata-kata yang Baik Saat Berbicara

Berbicara(pexels.com/helena lopes)

Saat berbicara dengan seseorang gunakanlah kata-kata yang baik, sopan, dan ramah. Hindarilah kata-kata yang kurang baik seperti menyindir, atau menyela. Perhatikan juga intonasimu saat berbicara. Jangan berbicara dengan terlalu pelan, ataupun terlalu cepat karena lawan bicaramu tidak akan memahami maksud dari pembicaraanmu. Selain itu jangan gunakan nada bicara yang keras dan kasar, karena kamu akan di cap sebagai seseorang yang angkuh. Perhatikan semua aspek yang baik saat berbicara agar menghindar dari segala konflik yang mungkin terjadi.

Baca Juga | Kenapa Public Speaking Penting Untuk Dipelajari? Berikut Penjelasannya

5. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif(pexels.com/shevts production)

Seseorang yang selalu berpikir positif akan selalu dikelilingi orang-orang yang positif pula. Karena energi positif akan selalu menginspirasi banyak orang di sekitarnya. Selain itu jika kamu berpikir positif maka kamu tidak akan cepat mudah tersinggung. Kamu tidak akan banyak berpikir negatif dan suudzon terhadap orang lain. Oleh karena itu seseorang yang selalu berpikir positif cenderung akan terhindar dari pertikaian.

Baca Juga | 7 Cara Mengatasi Overthinking, Apa Saja Ya?

6. Bisa Dipercaya

Pandai menyimpan rahasia(pexels.com/alexandr podvalny)

Seseorang dengan pribadi yang menyenangkan adalah sosok yang bisa dipercaya, dan pandai dalam menyimpan rahasia. Oleh karena itu kamu harus pandai menjaga rahasia orang lain, jangan mengumbarnya. Karena apa yang mereka sampaikan bisa jadi merupakan hal yang mereka jaga selama ini, namun mereka percaya bahwa dengan berbicara denganmu dapat sedikit meredakan keluh kesah yang mereka alami. Jadi jagalah rahasia orang yang ada disekitarmu ya, kalau kamu mengumbar rahasia mereka. Maka seseorang akan merasa tidak respect padamu lagi.

7. Tidak Pilih-pilih Teman

Teman sejati(rawpixel.com)

Cara yang bisa kamu lakukan agar menjadi pribadi yang menyenangkan adalah dengan banyak bergaul atau membangun relasi pertemanan. Namun yang perlu kamu tanamkan adalah, jangan pernah pilih-pilih teman ya. Jangan pernah memandang siapapun dengan perspektif yang sempit. Dengan kamu tidak pilih-pilih teman kamu akan mendapatkan relasi pertemanan yang luas, dan dukungan support yang kuat dari mereka. Pilih-pilih teman juga ini tidak baik lho, karena mereka akan menganggapmu sebagai orang yang sombong yang hanya mau bergaul dengan orang-orang dengan kriteriamu saja.

8. Selalu Berempati

Peduli terhadap orang lain(pexels.com/liza summer)

Milikilah sifat empati pada dirimu. Apabila seseorang sedang berada dalam kesedihan atau musibah, kamu selalu siap menghadirkan dirimu untuk mensupport dan menolong mereka. Begitu juga sebaliknya hal itu akan terjadi pada dirimu, jika kamu sedang kesusahan maka mereka pun akan senantiasa menolongmu.

Baca Juga | Inilah 7 Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Untuk Upgrade Kualitas Dirimu

9. Suka Bercanda

Humoris(pexels.com/andrea piacquadio)

Selipkan candaan dan humor saat kamu berbicara agar perbincanganmu semakin hangat, dan juga kamu menjadi lebih akrab dengan lawan bicaramu. Dengan kamu sering mengajak bercanda mereka, maka kamu akan dinilai sebagai pribadi yang tidak kaku dan ramah saat berbicara. Hal itu yang akan menjadikan dirimu menjadi pribadi yang menyenangkan dimata orang lain.

10. Mengendalikan Ego

Ego(pexels.com/cottonbro)

Cara terakhir untuk menjadi pribadi yang menyenangkan adalah dengan mengendalikan ego. Jika kamu berhasil mengendalikan egomu maka kamu akan menjadi pribadi yang menyenangkan di mata orang lain. Kamu tidak memaksakan kehendak orang lain, dan tidak berbuat seenaknya saja kepada orang lain. Untuk itu kendalikan egomu agar terhindar dari segala bentuk pertikaian dimasyarakat.

Nah itu tadi sepuluh cara menjadi pribadi yang menyenangkan. Bagaimana pendapatmu ? komen dibawah ya!

Baca Juga | Sering Lupa ? Lakukan Cara ini untuk Meningkatkan Daya Ingat

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *