Tanggal:26 February 2024

Ingin Jadi Animator Andal? Pahami Skill dan Deskripsi Pekerjaannya!

Bidang desain selalu mengulik rasa penasaran setiap orang. Baik pecinta seni maupun orang awam, seluruhnya menikmati hasil karya seni dengan cara pandangnya masing-masing. Di era sekarang, desain mulai beralih ke dunia digital. Seluruh komponennya mengikuti perkembangan zaman. Contohnya bidang desain animasi. Kamu yang menyukai animasi tentu mengenal istilah animator.

Secara sederhana, animator merupakan seseorang yang membuat animasi. Namun tak hanya sampai disitu, kamu perlu memahami pengertiannya lebih dalam. Animator adalah orang-orang yang membuat satu set gambar dan mengombinasikannya menjadi sebuah gambar bergerak dan hidup. Sebagai seorang animator tentu memiliki tanggung jawab penuh menciptakan gambar seolah hidup dan indah dipandang.

Kelak, gambar hidup itu menjadi video yang kerap kamu lihat di film, iklan, televisi, maupun video game. Sehingga, dapat dikatakan sebenarnya tugas dari animator tidak berbeda jauh dengan desainer. Keduanya sama-sama membuat gambar dan hanya berbeda dalam gerak-gerik gambarnya saja.

Animator dituntut memikirkan satu set gambar berwujud video animasi yang menarik untuk ditonton. Contohnya seperti kartun yang menjadi bagian dari animasi juga. Kamu tertarik menjadi seorang animator andal? Pelajari skill dan deskripsi pekerjaan secara seksama, ya. Menjadi seorang animator tidak hanya mengandalkan pembuatan gambar, lho. Seluruh komponen gambar didalamnya harus mampu menciptakan kesan hidup melalui setiap geraknya.

Deskripsi Pekerjaan Animator

1. Membuat gambar animasi

Ilustrasi Animasi Kartun (pexels)

Animator ditugaskan untuk membuat animasi karakter yang ekspresif. Animasi ini harus bisa menggambarkan banyak emosi di dalamnya serta mengintegrasikan komponen 3D menjadi sebuah produk animasi yang berkualitas. Kamu perlu belajar cara mengekspresikan animasi dan mengimplementasikan dalam gambar visual. Membuat gambar animasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan karakter yang dibutuhkan. Setiap detail gambarnya perlu kamu pikirkan dengan matang. Animator juga harus bisa berkolaborasi dengan produser, klien, serta animator lain saat membuat sebuah animasi. Mereka akan banyak terlibat rapat dalam membicarakan ide dan konsep mengenai animasi yang kelak akan dipakai.

2. Membuat storyboard

Ilustrasi Merancang Storyboard (pexels)

Perancangan storyboard akan dijadikan dasar pembuatan animasi. Storyboard adalah pembentukan gambar visual setiap tahap demi tahap dalam setiap adegannya. Storyboard ini akan berlandaskan pada sebuah narasi sehingga punya nilai cerita yang kuat. Mengapa storyboard ini penting? Pasalnya, storyboard merupakan cara paling mudah untuk menggambarkan ide ke seluruh anggota tim tersebut. Setiap ide yang digambarkan dalam bentuk visual akan semakin memudahkan pekerjaan pembuatan animasi secara langsung. Animator juga dapat memiliki gambaran atas hasil jadi dari setiap bentuk animasinya. Dengan adanya storyboard, semua anggota yang kesusahan memahami ide akan dengan mudah menangkap maksud dari cerita yang dibuat.

Skill Animator

Menjadi seorang animator tentu membutuhkan skill tersendiri yang mumpuni. Untuk mendapatkan skill tersebut, mengeyam pendidikan formal bisa menjadi alternatif. Saat perusahaan membutuhkan animator, biasanya mereka akan melihat kualifikasi pendidikan animator tersebut. Alangkah baiknya kamu pernah mengenyam pendidikan kuliah di bidang animasi, seni, desain, film, video, maupun multimedia. Kamu pun bisa mengikuti suatu kursus seperti belajar membuat ilustrasi dan desain grafis. Animator juga harus memiliki mata yang baik dan detail. Selain itu, animator harus memiliki skill yang baik dalam komunikasi dan storytelling. Tak kalah penting juga harus mempunyai rasa estetika yang baik dan rasa mau bekerja sama.

Animator juga harus menguasai beberapa software. Software menjadi bagian penting menjadi lembar kerja tiap harinya. Hal ini semata untuk memudahkan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari. Beberapa software tersebut antara lain Adobe After Effects, Adobe Premier, Autodesk 3ds Max, dan Autodesk Maya. Software tersebut menjadi penunjang kamu saat menciptakan suatu gambar animasi. Animasi yang kamu buat pun memiliki beragam bentuk dan gaya tersendiri. Ditambah saat kamu berani mengeksplor berbagai fitur di dalamnya. Tentu saja hal itu akan membuat hasil animasi yang dibuat semakin memukau.

Search Lebih Banyak : Memahami Pengertian dan Jenis-Jenis Animasi

Jenis-jenis Animator

  • Animator tradisional
  • Animasi 2D
  • Animasi 3D
  • Animator motion graphic
  • Animator stop motion

Nah, itulah penjelasan mengenai profesi animator. Kamu bisa memahaminya mulai dari pengertian hingga belajar mengerti kemampuannya. Pahami bidang desain dan olah setiap rasa dengan baik. Kamu pun bisa menciptakan hasil karya animasi memukau dari rasa yang tercurahkan. Kamu perlu belajar dengan tekun memahami penggunaan setiap software-nya secara maksimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

autocad
belajar photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *