Tanggal:17 September 2024

Cocok untuk Kaum Mager, Transaksi Lebih Mudah dengan Mobile Banking

Tahukah Anda? Berdasarkan data dari Newzoo pada tahun 2022, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna smartphone terbesar keempat di dunia. Dilansir dari sumber yang sama pula, tercatat bahwa sepanjang tahun 2022 yang lalu terdapat sekitar 192,15 juta pengguna smartphone di Indonesia.

Hal tersebut terjadi sebagai akibat dari adanya fenomena globalisasi yang mengakibatkan semakin tidak terbatasnya antara ruang dan waktu melalui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dunia.

Dampak positif yang timbul dari adanya fenomena ini pun beragam, salah satunya yaitu semakin mudah dalam melakukan transaksi pembayaran. Saat ini hanya dengan bermodalkan smartphone saja anda sudah bisa mengirim, membayar dan menerima uang dengan bantuan aplikasi mobile banking.

Dengan begitu anda tidak perlu repot-repot lagi pergi keluar rumah. Masifnya penggunaan mobile banking di Indonesia terjadi karena dianggap sebagai metode pembayaran yang paling praktis dan mudah.

Lalu, apa sebenarnya pengertian dari mobile banking? Berikut adalah pengertian dari mobile banking beserta fungsi, fitur, kelebihan serta kelemahan yang dimilikinya.

Apa itu Mobile Banking?

Mobile banking merupakan suatu layanan berbentuk aplikasi yang ditawarkan oleh bank untuk mempermudah transaksi keuangan nasabahnya. Aplikasi ini tentunya menyediakan beragam fitur yang memudahkan anda dalam melakukan transaksi seperti transfer uang, berbelanja, hingga membayar bermacam bentuk tagihan seperti asuransi, listrik, dan sebagainya tanpa harus pergi ke ATM.

Untuk bisa mendapatkan pelayanan-pelayanan tersebut, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengunduh aplikasi mobile banking pada google playstore atau appstore. Selanjutnya, anda harus mendaftarkan akun ke aplikasi berdasarkan bank atau rekening yang anda gunakan.

Jika sudah melakukan pendaftaran dan sinkronisasi dengan bank, barulah anda bisa menggunakan berbagai macam fitur yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa fitur-fitur yang secara umum terdapat pada aplikasi mobile banking.

Fitur Mobile Banking

Melanjuti penjelasan yang sebelumnya dapat diketahui bahwa mobile banking merupakan aplikasi layanan dari bank yang menyediakan beragam macam fitur di dalamnya. Bahkan, fitur-fitur yang ditawarkan oleh mobile banking sudah serupa dengan mesin ATM namun dalam bentuk yang lebih sederhana melalui smartphone saja. Berikut adalah beberapa fitur dari mobile banking yang ditawarkan oleh pihak bank.

  1. Fitur transfer antar sesama bank.
  2. Fitur transfer ke bank lain.
  3. Pembayaran tagihan kartu kredit.
  4. Pembayaran listrik, PDAM, pulsa internet dan tv kabel.
  5. Pembayaran e-commerce seperti top up e-wallet.
  6. Pembayaran premi BPJS Kesehatan dan beragam asuransi swasta.
  7. Pembayaran pendidikan.
  8. Pembayaran travel dan tiket.
  9. Layanan investasi seperti reksadana, deposito, dan sebagainya

Sebenarnya, masih banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh aplikasi mobile banking, akan tetapi semuanya tergantung dengan pihak bank atau rekening yang digunakan. Lalu, sebenarnya apa saja sih fungsi dari mobile banking? Simak selengkapnya di bawah ini.

Fungsi dari Mobile Banking

Adapun beberapa fungsi yang dimiliki dari aplikasi mobile banking ini, yaitu: 

  1. Menunjukkan laporan dan ringkasan aktivitas keuangan dari nasabah baik dari segi kartu debit maupun kredit yang diikuti.
  2. Nasabah dapat melakukan pembayaran non-tunai dengan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) ketika tidak memiliki uang tunai.
  3. Nasabah dapat memeriksa jumlah saldo dan riwayat transaksi melalui fitur mutasi rekening yang terdapat pada aplikasi.
  4. Mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi tarik tunai tanpa menggunakan kartu.

Setelah mengetahui fungsi – fungsi dari mobile banking, tentunya aplikasi mobile banking ini memiliki kekurangan dan kelebihan yang selanjutnya akan kita bahas lebih lanjut agar anda bisa menjadi lebih berhati-hati dan makin paham sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

Kekurangan Mobile Banking

Berikut adalah beberapa kekurangan dari mobile banking.

  1. Perlu adanya smartphone untuk dapat mengakses aplikasi mobile banking. Hal ini dikarenakan aplikasi tidak bisa diakses melalui PC, laptop serta gadget lainnya layaknya internet banking.
  2. Karena tidak secara tatap muka, pembayaran melalui mobile banking memiliki resiko berupa rentan penipuan smishing. Smishing sendiri merupakan salah satu bentuk penipuan dengan menyamar menggunakan data seseorang yang beratas namakan institusi keuangan yang modusnya menanyakan informasi detail dari rekening yang anda miliki melalui telepon. Maka dari itu, anda harus berhati-hati dalam menerima panggilan dari nomor tak dikenal.
  3. Memiliki resiko pencurian data sehingga anda harus lebih waspada terhadap modus penipuan.
  4. Adanya biaya tambahan berupa SMS jika ingin mendaftarkan nomor rekening di aplikasi dan pada saat pembuatan akun pertama kali di aplikasi untuk mendapatkan kode OTP.

Kelebihan Mobile Banking

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, aplikasi mobile banking tentunya juga memiliki berbagai macam kelebihannya sendiri yang terdiri dari : 

  1. Dapat diakses sesuai dengan keinginan asalkan memiliki akses internet yang baik.
  2. Hemat waktu dan biaya karena nasabah tidak perlu repot-repot lagi untuk mendatangi bank atau ATM jika ingin melakukan transaksi
  3. Memiliki banyak fitur yang sederhana dan mudah dimengerti
  4. Keamanan yang terjamin karena aplikasi ini membutuhkan kode akses tersendiri agar bisa masuk ke akun yang sudah terdaftar.
  5. Dapat melakukan transaksi dengan hanya bermodalkan smartphone saja.

BCA Mobile sebagai Solusi Melakukan Transaksi yang Mudah

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari aplikasi mobile banking secara umum, apakah anda tertarik untuk menggunakannya? Jika iya, salah satu contoh mobile banking yang bisa anda gunakan adalah BCA mobile. Dengan menggunakan BCA Mobile, segala transaksi perbankan yang anda lakukan akan berlangsung dengan lebih nyaman, praktis dan mudah melalui m-BCA, KlikBCA dan InfoBCA. Penjelasan lebih lengkap terkait dengan BCA Mobile dapat anda akses di sini. 

Adapun beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan BCA Mobile ini, yaitu:

  1. Bisa digunakan di mana saja
  2. Navigasi aplikasi yang user friendly sehingga anda tidak perlu khawatir akan kesusahan dalam penggunaan karena aplikasi telah dibuat sedemikian rupa agar mudah digunakan segala kalangan umur mulai dari remaja, dewasa,  hingga orang tua. 
  3. Adanya fitur yang lengkap mulai dari mutasi rekening sampai fitur untuk membayar berbagai macam kebutuhan seperti listrik, air, pulsa, asuransi dan sebagainya melalui m-banking BCA.
  4. Dapat melakukan pemeriksaan saldo dan top up flazz dengan mudah dan cepat asalkan sudah memiliki fitur NFC pada smartphone.
  5. Dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu di ATM hanya dengan memasukkan PIN dan kode token.
  6. Dapat meminimalisir resiko kartu tertelan di ATM dengan melakukan tarik tunai tanpa kartu. Selain itu, juga terdapat fitur blokir kartu jika mengalami kehilangan.
  7. Kompatibel dengan berbagai jenis tabungan BCA.

Setelah mengetahui keuntungan dari BCA Mobile, apakah anda sudah merasa tertarik untuk menggunakan BCA Mobile? Nikmati seluruh layanan aplikasi dengan cara mendownload aplikasi pada Playstore maupun Appstore atau bahkan dengan mendatangi langsung ke kantor cabang BCA sekitar anda! Karena BCA akan Senantiasa di Sisi Anda.

Referensi :

Universal BPR. (March 13, 2023). Mobile Banking Adalah: Pengertian, Fitur, dan Contohnya. https://universalbpr.co.id/blog/mobile-banking-adalah/ 

Ditulis Oleh I Gusti Ayu Windi Putri Ardana (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *