Tanggal:25 April 2024
medical representative adalah

Medical Representative: Tugas, Skill, Jenjang Karir dan Gajinya

Medical representative adalah seseorang yang bertugas memasarkan dan menjual produk kepada para profesional di industri kesehatan, seperti dokter, perawat, dan apoteker. Profesi ini sangat penting dalam industri kesehatan, karena mereka bertanggung jawab untuk memasarkan dan menjual produk kesehatan kepada para profesional di bidang kesehatan. Tugas utama seorang Medical Representative meliputi mempromosikan produk, menjalin hubungan dengan pelanggan, mengelola area coveragenya, dan memberikan laporan secara teratur kepada atasannya. Untuk menjadi Medical Representative, diperlukan keterampilan komunikasi, organisasi, mendengarkan, dan pengetahuan produk kesehatan. Jenjang karir dalam profesi ini meliputi posisi Medical Representative, Ketua Tim, Manager Area, Manager Regional, hingga Manager Nasional. Besaran gaji seorang Medical Representative bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi, pengalaman, dan perusahaan tempat mereka bekerja.

Apa itu Medical Representative?

Medical representative (MedRep) adalah seseorang yang bertugas memasarkan dan menjual produk kepada para profesional di industri kesehatan, seperti dokter, perawat, dan apoteker. Mereka bekerja sebagai penghubung antara perusahaan farmasi dan para profesional di bidang kesehatan, memastikan produk kesehatan yang dihasilkan dapat menjangkau para spesialis industri dan digunakan oleh masyarakat umum. Tugas utama mereka meliputi mempromosikan produk, menjalin hubungan dengan pelanggan, mengelola area coveragenya, dan memberikan laporan secara teratur kepada atasannya. Untuk menjadi medical representative, diperlukan keterampilan komunikasi, organisasi, mendengarkan, dan pengetahuan produk kesehatan. Jenjang karir dalam profesi ini meliputi posisi Medical Representative, Ketua Tim, Manager Area, Manager Regional, hingga Manager Nasional.

Tugas Medical Representative

Tugas utama seorang medical representative adalah mempromosikan produk kesehatan yang dibawanya ke dokter, perawat, dan apoteker, menjalin hubungan dan relasi yang baik dengan pelanggan dalam jangka panjang, mengelola area coveragenya secara profesional sehingga memberikan hasil yang optimal, dan memberikan laporan secara lisan dan tertulis kepada atasannya secara teratur yang berisi rencana kunjungan, hasil kunjungan, evaluasi kunjungan, aktifitas kompetitor, dan sales yang dihasilkan. Selain itu, mereka juga melakukan survey apotek untuk mengenai pola peresepan dokter terhadap produk sendiri maupun kompetitor, dan melakukan tugas-tugas administratif seperti mengelola anggaran yang dialokasikan untuk berbagai pengeluaran, seperti bepergian ke berbagai lokasi dan mengatur kebutuhan presentasi serta menyimpan catatan seluruh kegiatan yang bersangkutan dengan penjualan dan merencanakan kegiatan di masa depan bersama area sales manager. Untuk menjadi medical representative, diperlukan keterampilan komunikasi, organisasi, mendengarkan, dan pengetahuan produk kesehatan.

Skill yang Harus Dimiliki Medical Representative

Medical representative memerlukan beberapa keterampilan dan skill yang penting untuk menjabat posisi ini. Berikut adalah beberapa skill yang harus dimiliki oleh medical representative:

  • Keterampilan komunikasi: Baik dalam bentuk komunikasi tertulis atau verbal, keterampilan komunikasi sangat penting bagi medical representative untuk menyampaikan informasi produk dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
  • Keterampilan organisasi: Medical representative harus mampu mengelola waktu dan tugas mereka dengan efisien, serta membuat laporan kerja yang tepat dan terlancar.
  • Keterampilan mendengarkan: Memperhatikan dan memahami kebutuhan pelanggan serta memberikan solusi yang sesuai dengan situasi.
  • Pengetahuan produk kesehatan: Medical representative harus memiliki pengetahuan mendalam tentang produk yang dijual dan cara penggunaannya.
  • Pemahaman medis: Mereka harus memahami berbagai istilah medis dan informasi yang relevan tentang produk yang dijual.
  • Kemampuan administrasi: Medical representative harus mampu mengelola anggaran yang dialokasikan untuk berbagai pengeluaran, seperti bepergian ke berbagai lokasi dan mengatur kebutuhan presentasi.
  • Kemampuan interpersonal: Medical representative harus mampu berkomunikasi dan menghadapi pelanggan dengan baik, serta membangun hubungan yang baik dengan kollega.
  • Kemampuan negosiasi: Mereka harus mampu menawarkan produk dengan efektif dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan baik.
  • Kemampuan beradaptasi: Medical representative harus mampu beradaptasi dengan situasi yang berbeda dan mengatasi hambatan yang mungkin dihadapi.
  • Kemampuan mengoperasikan komputer: Familiaritas dengan penggunaan perangkat lunak seperti Word dan Excel sangat penting bagi medical representative.

Dalam karier medical representative, keterampilan ini akan membantu mereka menjangkau tujuan penjualan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan kollega.

Jenjang Karir Medical Representative

Jenjang karir dalam profesi medical representative umumnya dimulai dari posisi entry-level dan dapat berkembang ke posisi-posisi yang lebih senior seiring dengan pengalaman dan kinerja. Berikut adalah beberapa jenjang karir yang umum dalam profesi medical representative:

  • Medical Representative: Merupakan posisi entry-level di mana seseorang memulai karirnya sebagai medical representative. Tugas utamanya meliputi memasarkan produk kepada para profesional di industri kesehatan dan memastikan produk tersebut dapat menjangkau pasar dengan baik.
  • Senior Medical Representative: Setelah beberapa tahun pengalaman, seseorang dapat naik ke posisi senior medical representative. Pada posisi ini, tanggung jawabnya mungkin bertambah, termasuk mengelola tim, mengawasi area coveragenya, dan mencapai target penjualan yang lebih tinggi.
  • Ketua Tim: Posisi ini melibatkan pengelolaan tim medical representative dan bertanggung jawab atas pencapaian target penjualan di wilayahnya. Mereka juga berperan sebagai penghubung antara tim dan manajemen perusahaan.
  • Manager Area: Sebagai seorang manajer area, seseorang akan bertanggung jawab atas beberapa tim medical representative di wilayahnya. Mereka akan fokus pada pengembangan strategi penjualan dan memastikan pencapaian target penjualan di wilayahnya.
  • Manager Regional/Manager Nasional: Posisi manajerial yang lebih senior, di mana seseorang akan bertanggung jawab atas beberapa wilayah atau bahkan secara nasional. Mereka akan terlibat dalam pengembangan strategi penjualan yang lebih luas dan mengelola tim manajerial di bawahnya.

Jenjang karir ini dapat bervariasi tergantung pada perusahaan dan pengalaman individu. Dalam profesi ini, pengembangan karir seringkali didorong oleh kinerja, pengalaman, dan kemampuan individu dalam mencapai target penjualan dan mengelola tim dengan baik.

Gaji Medical Representative

Gaji seorang Medical Representative (MedRep) bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi, pengalaman, dan perusahaan tempat mereka bekerja. Berdasarkan sumber yang ditemukan, berikut adalah perkiraan besaran gaji untuk seorang MedRep di Indonesia:

  • Gaji seorang MedRep di Indonesia umumnya berada dalam kisaran antara Rp 5.000.000 hingga Rp 12.000.000 per bulan.
  • Untuk seorang fresh graduate, gaji awal MedRep berkisar antara 3-5 juta rupiah per bulan.
  • Sumber lain menyebutkan bahwa gaji utama seorang MedRep adalah sekitar Rp 2.000.000–Rp 5.000.000, tergantung pada perusahaan dan pengalaman kerja.

Perlu diingat bahwa besaran gaji ini dapat bervariasi dan bergantung pada berbagai faktor. Selain gaji pokok, MedRep juga dapat menerima insentif, tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, dan manfaat lainnya, tergantung pada kebijakan perusahaan tempat mereka bekerja.

Cara Menjadi Medical Representative

Untuk menjadi Medical Representative, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan:

  • Belajari tentang industri farmasi dan produk yang Anda inginkan untuk jual: Informasi tentang perusahaan, produk yang dijual, dan penggunaannya akan membantu Anda dalam menjawab pertanyaan pelanggan dan menyusun argumen penjualan yang efektif.
  • Kembangkan keterampilan dan skill yang diperlukan: Keterampilan komunikasi, organisasi, mendengarkan, pengetahuan produk kesehatan, dan pemahaman medis sangat penting dalam profesi ini. Dapatkan pendidikan dan pelatihan yang sesuai untuk membantu Anda mengembangkan keterampilan-keterampilan ini.
  • Mencari lowongan kerja: Anda bisa mencari lowongan kerja di situs web tempat perusahaan farmasi atau melamar di platform lowongan kerja online. Pastikan Anda memilih perusahaan yang sesuai dengan keberadaan Anda, sistem kerja, lokasi kerja, dan kisaran gaji yang ditawarkan.
  • Mengikuti proses pengawasan dan pelatihan: Setelah Anda diterima sebagai Medical Representative, Anda mungkin perlu mengikuti proses pengawasan dan pelatihan yang disediakan oleh perusahaan, seperti pelatihan tentang produk, strategi penjualan, dan teknik pemasaran.
  • Mulai bekerja: Setelah pelatihan dan pengawasan selesai, Anda akan dimasukkan ke posisi Medical Representative dan dimasarkan ke area kerja yang telah disediakan oleh perusahaan.
  • Mengembangkan jaringan dan hubungan: Dalam profesi ini, jaringan dan hubungan yang baik dengan para profesional di industri kesehatan dan kollega sangat penting untuk menjangkau tujuan penjualan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
  • Mencapai target penjualan: Sebagai Medical Representative, Anda harus mencapai target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini mungkin melibatkan menjual produk ke berbagai klinik, rumah sakit, dan apotek.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mulai carier sebagai Medical Representative dan berkembang dalam profesi ini.

Upgrade skillmu bersama Vocasia

Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda melalui berbagai kursus yang ditawarkan oleh Vocasia. Berikut adalah beberapa kursus yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda:

  1. Basic Excel Training For Professional Employees & Recruitment Selection Candidates
  • Pelatihan ini mengundang Anda untuk memahami secara menyeluruh Microsoft Excel, dimulai dari konsep dasar. Keterampilan ini sangat umum digunakan oleh para profesional di dunia kerja dan sering menjadi pertimbangan utama dalam proses seleksi karyawan baru.
  1. Langkah Praktis Belajar Ms Office Word
  • Program pelatihan ini merupakan skill wajib yang harus dikuasai oleh setiap orang, khususnya bagi mereka yang ingin bekerja di bidang perkantoran maupun bagi anak sekolahan. Materi kursus ini mencakup pengenalan Ms Word, pengelolaan dokumen, pemformatan teks, tabel, dan banyak lagi.
  1. Komunikasi Efektif di Dunia Kerja
  • Program ini akan membantu Anda memahami cara berkomunikasi langsung maupun tidak langsung, di dunia bisnis dan di lingkungan kerja. Anda akan mempelajari manfaat komunikasi bisnis, bentuk komunikasi, serta hambatan komunikasi di dunia kerja dan bagaimana mengatasinya.

Anda dapat mengakses kursus-kursus ini melalui platform Vocasia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan Anda.

Dengan begitu, profesi Medical Representative menawarkan beragam peluang dan tantangan yang menarik. Dari tugas yang melibatkan interaksi langsung dengan para profesional kesehatan hingga pengembangan skill komunikasi dan negosiasi, serta jenjang karir yang menjanjikan, menjadi seorang Medical Representative dapat menjadi pilihan karir yang memuaskan. Dengan pengetahuan yang mendalam tentang tugas, skill, jenjang karir, dan gaji yang dapat diharapkan, diharapkan pembaca dapat mempertimbangkan profesi ini sebagai pilihan karir yang menarik dan bermanfaat.

Penulis : Asep – Vocasia

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *