Tanggal:18 May 2024

Familiar tetapi Asing, Apa itu Kartu Kredit?

Seiring dengan berkembangnya zaman, segala kegiatan manusia berjalan menjadi lebih pesat, termasuk kebutuhan manusia dalam memenuhi kehidupan sehari-harinya yang secara tidak langsung akan semakin bertambah pula.

Maka dari itu, tak jarang dari kita yang akan merasakan berada di titik sangat menginginkan dan membutuhkan suatu produk. Akan tetapi, disisi lain produk yang dibutuhkan seringkali memiliki harga beli yang cukup mahal karena banyaknya peminat.

Maka dari itu, dalam rangka mendapatkan produk yang diinginkan, tak sedikit dari kita yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan kartu kredit.

Namun, sebelum memutuskan menggunakan kartu kredit, sudah seharusnya kita mengetahui dengan seksama tentang fungsi, cara penggunaan dan jenis-jenis dari kartu kredit yang dipilih. Karena pada umumnya setiap bank akan menawarkan sistem kartu kredit yang berbeda-beda. 

Apa yang dimaksud dengan Kartu Kredit?

Sebelum membahas lebih jauh terkait dengan fungsi, cara penggunaan dan jenis dari kartu kredit, pasti banyak dari kamu yang sering mendengar benda bernama kartu kredit bukan?

Lalu, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan kartu kredit? Jadi, kartu kredit merupakan suatu alat pembayaran non tunai yang diterbitkan oleh bank dalam bentuk kartu.

Dengan adanya kartu kredit ini, masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya dalam melakukan pembayaran atau transaksi di awal yang dibayarkan oleh bank, yang setelahnya dapat dibayar setiap awal bulan ke bank yang bersangkutan.

Lalu, melalui penggunaan kartu kredit transaksi yang kamu lakukan akan menjadi lebih fleksibel karena dapat dilakukan secara online.

Kemudian, sebelum memutuskan penggunaan kartu kredit terdapat pula beberapa persyaratan yang diberikan oleh bank, maka dari itu sebelum menggunakannya pastikan bahwa kamu sudah benar-benar menyetujui dan menyimak segala persyaratan yang ada. Selanjutnya, marilah kita simak lebih lanjut penjelasan dari fungsi dari kartu kredit di bawah ini.

Fungsi Kartu Kredit


Setelah adanya penjelasan di atas, adapun beberapa fungsi dari kartu kredit, yaitu : 

  1. Alat Pembayaran Yang Relatif Nyaman, Praktis Dan Aman
    Hal tersebut dilihat dari proses transaksi yang cepat sehingga efisien dari segi waktu, keamanan terjamin serta kemudahan dalam pemblokiran dan penerbitan ulang kartu ketika mengalami kehilangan sehingga tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  2. Penolong Dalam Keadaan Darurat
    Dengan kartu kredit, kamu dapat melakukan pembayaran yang bersifat darurat jika mengalami suatu musibah atau keadaan darurat yang tak memungkinkan untuk bisa memperoleh uang tunai dengan cepat.
  3. Adanya Perlindungan Tambahan atas Pembelian
    bentuk perlindungan tambahan yang umumnya disediakan oleh pihak bank penerbit kartu kredit adalah bantuan dalam menyelesaikan masalah seputar produk, yang mana hal tersebut berarti jika kamu mendapatkan produk yang cacat dari suatu brand yang bekerja sama dengan penerbit, maka kamu dapat menghubungi bank penerbit untuk meminta pengembalian produk.
  4. Memudahkan Mengatur Keuangan
    Untuk membayar tagihan dari kartu kredit, umumnya kamu akan diberikan dua metode pembayaran yaitu melalui cicilan atau secara penuh sehingga hal tersebut sama dengan memudahkan kamu dalam menentukan anggaran keuangan sesuai dengan kemampuan.
  5. Mempermudah dalam Transaksi Online
    Saat ini, hampir semua situs belanja online menerima pembayaran dengan kartu kredit sehingga kamu bisa langsung membayar belanjaan mu tanpa perlu pergi ke luar rumah.
  6. Pengeluaran Lebih Teratur
    Adanya lembar transaksi dari setiap penggunaan kartu kredit, maka kamu dapat melacak pengeluaranmu setiap bulannya sehingga kamu menjadi lebih bisa mengatur pengeluaran menjadi lebih tertata.

Cara Penggunaan Kartu Kredit

Setelah mengetahui lebih lengkap terkait dengan fungsi dari kartu kredit. Kira-kira bagaimana cara menggunakan kartu kredit? Apakah sama dengan kartu debit atau tidak?

Jawabannya adalah tidak, karena kartu kredit memiliki perbedaan yang cukup spesifik dibandingkan dengan kartu kredit. Maka dari itu, berikut adalah cara penggunaan kartu kredit yang baik dan aman.

1. Pastikan Limit Kartu Kredit Sesuai dengan Kemampuanmu
Perlu diketahui bahwa limit dalam kartu kredit bukanlah untuk dihabiskan melainkan kamu juga harus memastikan bahwa limit tagihan kartu kredit yang kamu gunakan masih dalam batas kemampuan kamu. Gunakanlah kartu kredit sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan supaya kedepannya kamu dapat terhindar dari jumlah tagihan yang membludak.

  1. Selalu Memonitor Pengeluaran
    Walaupun dengan menggunakan kartu kredit bisa memudahkan kamu dalam bertransaksi, namun pengendalian pengeluaran haruslah tetap dilakukan karena jika kamu terlibat dengan hutang kartu kredit, maka yang ada kamu hanya akan menyusahkan diri sendiri. Jadi, monitor dan mengendalikan pengeluaran itu sangat penting ya, kawan!
  2. Lakukan Pembayaran Kartu Kredit dengan Tepat Waktu
    Setelah bertransaksi menggunakan kartu kredit, jangan lupa untuk selalu mengecek tanggal jatuh tempo tagihan mu dan bayarlah tagihan tersebut sesuai dengan waktu dan kemampuanmu. Dengan begitu kamu terhindar dari bunga dan biaya keterlambatan atau late charge fee yang justru bikin tagihanmu makin banyak, lho.
  3. Lakukan Pembayaran dengan Maksimal, Jika kamu memiliki rezeki lebih akan lebih baik jika kamu melakukan pembayaran tagihan secara maksimal sehingga kamu tidak perlu melakukan pembayaran yang mahal untuk melunaskan tagihan serta bunga yang didapatkan setiap bulannya.
  1. Lakukan Penutupan Kartu Kredit Sesuai Prosedur
    Ketika kamu ingin melakukan penutupan kartu kredit, selalu pastikan bahwa proses tersebut sudah dilakukan oleh pihak yang berwenang dan tidak ada tagihan yang tertinggal atau belum selesai. Kamu bisa memohon permintaan penutupan kartu kredit secara tertulis atau resmi untuk dijadikan sebagai arsip dan bukti bahwa telah melakukan penutupan.

    BCA Menawarkan Berbagai Jenis Kartu Kredit untuk Memenuhi Kebutuhanmu
    Nah, berdasarkan penjelasan di atas, apakah kamu tertarik untuk memiliki kartu kredit? Jika iya, kira – kira jenis kartu kredit apa sih yang sekiranya cocok untuk kebutuhanmu? Eits, tapi kamu nggak perlu bingung kawan! Karena saat ini BCA telah memiliki banyak jenis kartu kredit yang memiliki manfaat serta promo menarik yang sesuai dengan kebutuhan kamu, lho!  Adapun beberapa kategori kartu kredit yang ditawarkan yaitu BCA Card, Visa, Mastercard, JCB, Unionpay, dan American Express. Penasaran apa saja benefit serta persyaratan yang dibutuhkan? Simak informasi selengkapnya di sini!

    Referensi :
    Maulida, R. (July 4, 2022). Apa Itu Kartu Kredit? Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya di Sini! https://www.online-pajak.com/tentang-pajak/mengenal-kartu-kredit.

Ditulis Oleh I Gusti Ayu Windi Putri Ardana (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *