Tanggal:14 May 2024

6 Ancaman Usaha Fotokopi yang Harus Segera Dihindari!

Ancaman usaha fotokopi.

Usaha fotokopi menjadi salah satu jasa yang sangat bermanfaat bagi banyak orang, khususnya para pelajar ataupun pekerja. Ketidakmampuan mereka dalam finansial untuk membeli buku baru akhirnya dapat diatasi berkat bantuan dari usaha fotokopi ini. Para pelajar ini hanya perlu meminjam buku tersebut, membawanya ke tempat fotokopi untuk akhirnya dibuat kopiannya. Selain buku, berkas-berkas atau dokumen lain pun dapat dibuat salinannya di jasa fotokopi ini. Itulah mengapa jasa fotokopi begitu bermanfaat dan dibutuhkan bagi setiap pelajar ataupun pekerja kantoran. Tak heran jika akhirnya banyak didapati usaha-usaha fotokopi terbuka di dekat area-area seperti sekolahan, perkantoran, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Teknik Fotografi Yang Harus Dikuasai Para Pemula

Usaha fotokopi begitu dibutuhkan oleh masyarakat, karena selain yang telah dijelaskan sebelumnya. Hasil dari kopian atau salinannya juga jelas, tak begitu buram, sehingga masih bisa terbaca oleh mata. Harga dari jasa fotokopian tersebut juga dinilai sangat murah dan terjangkau di kantong masyarakat. Itulah mengapa tak mengherankan jika jasa fotokopi sangat dicari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Nah, melihat bagaimana menguntungkannya usaha fotokopi ini untuk dilakukan. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya sebagai bisnis utama ataupun bisnis sampingan? Jika ya, kamu sudah berada di halaman yang tepat.

Baca Juga : Ini Dia Cara Menjual Foto Hasil Jepretanmu

Semua bisnis apapun bentuknya tentulah memiliki kelemahan, kelebihan, hambatan, ataupun ancaman yang dapat membahayakan keberlangsungannya. Tak terkecuali bisnis fotokopi ini. Untuk itulah, sebelum memulai usaha fotokopimu, ada baiknya untuk kamu mengetahui apa saja ancaman yang dapat membahayakan usahamu tersebut. Loh, memangnya harus? Ya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan mengetahui ancaman-ancaman berikut ini, kamu bisa meminimalisasi kerugian yang akan dialami bisnismu tersebut nantinya. Lalu, apa saja ancaman-ancaman tersebut? Langsung saja, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga : 5 Ancaman Bisnis Hijab, Belajar Ambil Peluang dari Trend yang Ada!

1. Banyaknya Pesaing di Bidang yang Sama

Banyaknya kompetitor.
Banyaknya kompetitor. Sumber: Pexels

Ancaman usaha fotokopi #1 yang harus kamu waspadai adalah akan ada banyaknya pesaing di bidang yang sama. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan jasa fotokopi ini, tentunya hal tersebut juga akan berimbas pada akan ada banyaknya orang yang membuka usaha tersebut. Nah, kamu bisa melihat di pinggir-pinggir jalan, bagaimana banyaknya usaha ini telah terbuka. Adanya kompetitor di bidang ini tentunya akan mengancam keberlangsungan usaha fotokopi yang kamu buka tersebut. Loh, kok bisa? Ya, usaha fotokopimu tersebut bisa saja tersingkir dan kalah saing jika tak bisa mengimbangi usaha fotokopi lainnya yang telah buka lebih dulu. Mereka sudah lama dibuat dan sudah memiliki banyak pelanggan loyal. Tentunya akan sulit untuk usaha fotokopimu yang baru buka tersebut untuk bersaing dan mendapatkan pelanggan. Apalagi jika usaha tersebut saling berdekatan. Lalu, apa yang harus kamu lakukan? Tentunya dengan meningkatkan pelayanan dan membuat usahamu tersebut lebih menonjol dibandingkan usaha lain, krisis tersebut akan mudah tersingkirkan.

Baca Juga : 8 Teknik Pencahayaan Dalam Fotografi

2. Banyak Kantor atau Sekolah Memiliki Mesin Fotokopi Sendiri

Mesin fotokopi sendiri.
Mesin fotokopi sendiri. Sumber: Pexels

Ancaman usaha fotokopi #2 yang juga harus kamu waspadai karena dapat membahayakan keberlangsungan usaha fotokopimu tersebut adalah semakin banyaknya kantor atau sekolah yang menyediakan mesin fotokopinya sendiri. Tak dapat dipungkiri bahwa kini banyak sekolah dan kantor yang melakukan hal demikian untuk para siswa dan pekerjanya. Mengapa? Tentunya untuk memudahkan mereka, sehinga para siswa dan pekerjanya tersebut tak perlu repot-repot berjalan keluar dari gedung kantor dan sekolah hanya untuk mencari usaha fotokopi. Jadi, dengan adanya hal tersebut, kegiatan mereka menjadi cepat, mudah, dan praktis. Namun, tentunya hal tersebut berbanding terbalik dengan nasib usaha fotokopi yang ada. Adanya hal ini justru akan merugikan dan membahayakan keberlangsungan usaha mereka karena tentu saja akhirnya akan semakin menipis pengunjung yang datang untuk fotokopi.

Baca juga : 6 Ancaman Bisnis Online yang Bisa Membahayakan Bisnismu, Ayo Segera Hindari!

3. WFH/Sekolah Daring

WFO dan sekolah daring.
WFO dan sekolah daring. Sumber: Pexels

Ancaman usaha fotokopi #3 yang harus kamu waspadai ketika ingin membuka usaha sejenis adalah adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan para pekerja dan siswanya melakukan kegiatan belajar dan bekerja mereka dari rumah. Mereka juga tak memerlukan untuk memfotokopi, karena biasanya sumber belajar ataupun tugas dikumpulkan secara soft file saja. Tak perlu dikopi. Padahal, salah satu sumber keuntungan terbesar yang didapatkan oleh para penguasa fotokopi adalah dari para siswa dan pekerja. Lalu, bagaimana jika keadaan mengharuskan siswa dan pekerja tersebut melakukan kegiatan mereka di dalam rumah? Tentunya pemasukan tak akan lagi didapatkan. Usaha fotokopi akhirnya terpaksa untuk tutup karena kekurangan ini.

4. Kerusakan Mesin Fotokopi

Kerusakan mesin.
Kerusakan mesin. Sumber: Pexels

Adanya kerusakan mesin fotokopi juga tentunya menjadi salah satu ancaman yang harus diwaspadai. Mesin tentunya kadang kala akan mengalami masalah seperti rusak. Oleh karena itu, mereka membutuhkan servis. Nah, mengapa hal ini menjadi ancaman? Pertama, adanya mesin yang tak prima dalam bekerja, tentunya dapat menghasilkan hasil kopian yang tak baik. Kedua, dari hal tersebut, akhirnya pelanggan kecewa dan memilih untuk memfotokopi di usaha lainnya. Oleh karena itu, selalu cek kondisi mesin fotokopimu, sehingga kejadian di atas tidak terjadi ya!

5. Lokasi yang Kurang Strategis

Lokasi tak strategis.
Lokasi tak strategis. Sumber: Pexels

Ancaman bisnis fotokopi #5 yang juga harus kamu waspadai sehingga tidak terjadi di bisnismu tersebut adalah adanya penetapan lokasi yang kurang terjadi. Banyak pengusaha asal dalam memilih lokasi tempat usaha mereka buka. Dalam benak mereka, “Yang penting sudah punya lokasi.” Padahal lokasi sangat menentukan bagaimana keberlangsungan bisnisnya tersebut. Oleh karena itu, jika ingin bisnis fotokopimu maju dan berkembang, kamu harus menentukan lokasi yang strategis, misalnya dekat sekolah, perkantoran, dekat pemukiman, banyak dilewati orang, dekat jalan raya, dan lain sebagainya.

Baca juga : 5 Ancaman Bisnis Fashion, Harus Pintar Membaca Peluang atau Ancaman, Nih!

6. Banyak yang Sudah Beralih ke PDF

Beralih ke soft file seperti PDF.
Beralih ke soft file seperti PDF. Sumber: Pexels

Ancaman bisnis fotokopi terakhir yang harus kamu waspadai adalah perkembangan era teknologi yang memudahkan segala sesuatunya, seperti salah satunya banyak beralihnya orang menggunakan soft file berupa PDF. Dengan adanya soft file yang bisa mereka baca menggunakan HP, laptop, atau komputer, mereka tak perlu lagi mengkopinya. Adanya PDF ini juga dinilai lebih irit alias tak butuh untuk mengeluarkan biaya apapun. Hal tersebut tentunya sangat mengancam usaha fotokopimu tersebut, bukan?

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Jika kamu tak mau ketinggalan diskon spesial dari Vocasia kalian bisa klik tautan di bawah ini !.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *