Tanggal:07 May 2024

Apa itu Lorem Ipsum? Yuk Pahami Serba-Serbinya dalam Desain!

Bagi seorang desainer pasti tidak asing dengan kalimat “Lorem ipsum dolor sit amet” atau yang biasa disingkat lipsum. Lorem ipsum merupakan teks standar yang ditempatkan untuk mendemostrasikan elemen grafis atau presentasi visual seperti font, tipografi, dan tata letak.

Teks ini memang banyak digunakan dalam kebutuhan desain namun ternyata masih banyak orang yang belum tau fungsi asal usul dan makna istilah dari Lorem Ipsum ini. Maka dari itulah Vocasia akan membahas secara rinci apa itu lorem ipsum.

Definisi & Fungsi

Lorem ipsum merupakan sebuah standar kalimat dummy (bukan nyata/sampel./sementara) yang berfungsi menjadi model untuk memenuhi kebutuhan tata letak teks, font dan tipografi sehingga orang yang melihat lebih bisa memfokuskan diri ke elemen visualnya saja tanpa membaca arti dari teks ini. Lorem ipsum disebut juga sebagai teks pengisi (filler text/placeholder text). Lorem ipsum ini merupakan sebuah kalimat yang sebenarnya memiliki arti yang berbahasa latin. Bukan hanya dalam dunia desain grafis Lorem ipsum juga biasanya digunakan untuk kebutuhan dalam desain web.

Lorem ipsum telah menjadi standar penulisan di industri percetakan dan penataan huruf (typesetting) yang lahir di tahun 1500an. Namun, Lorem Ipsum baru dipopulerkan pada tahun 1960 dengan diluncurkannya lembaran-lembaran Letraset yang menggunakan kalimat dari Lorem Ipsum. Ketenaran Lorem ipsum pun makin terasa seiring munculnya Software Publishing di desktop.

Sejarah Singkat

Lorem Ipsum ini memiliki makna dan tidak asal asalan. Lorem Ipsum berakar dari sebuah naskah sastra latin klasik dari era 45 sebelum masehi. Ini berarti kalimat ini sudah mencapai lebih dari 2000 tahun.

Lorem Ipsum berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari naskah “de Finibus Bonorum et Malorum” (Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan) karya Cicero, yang ditulis pada tahun 45 sebelum masehi. Buku ini adalah risalah dari teori etika yang sangat terkenal pada masa Renaissance. Baris pertama dari Lorem Ipsum, “Lorem ipsum dolor sit amet..”, berasal dari sebuah baris di bagian 1.10.32.

Sejak tahun 1500an Lorem Ipsum telah digunakan sebagai text standar oleh industri-industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting.

Penggunaan lorem ipsum tidak hanya bertahan selama 5 abad saja, tapi juga telah beralih ke penataan huruf elektronik, tanpa ada perubahan apapun. Ia mulai dipopulerkan pada tahun 1960 dengan diluncurkannya lembaran-lembaran Letraset yang menggunakan kalimat-kalimat dari Lorem Ipsum.

Tujuan Penggunaan Lipsum

Alasan Lorem Ipsum digunakan sebagai teks standar dalam sebuah karya desain dikarenakan huruf-huruf yang ada pada teks Lorem Ipsum memiliki penyebaran huruf yang normal dan merata ketimbang menggunakan kalimat seperti “Ini contoh paragraf, bagian isi disini”. Sehingga dapat diibaratkan sebagai sebuah naskah yang dapat dibaca (walau sebenarnya cukup membingungkan).

Beberapa perangkat lunak termasuk penyunting teks (atau plug-in yang serupa) dapat meng-generate secara acak dari “teks lorem“, jarang sekali yang memiliki kemiripan dengan berbagai teks kanonik. Kalaupun ada, kemiripannya hanya sekadar menampilkan bahasa Latin yang kacau-balau.

Contoh Penerapan Lipsum

Rata-rata pengembang website atau aplikasi menggunakan lipsum sebagai contoh teks, berbagai versi dari lipsum juga sudah ditambahkan semisal dimasukkan unsur humor dan sebagainya.

Meskipun tujuan lipsum ini baik tetap saja ada masalah yang ditimbulkan, Bagaimana Anda mendesain sesuatu yang bahkan tidak Anda pahami? Bagaimana konten yang tidak signifikan berkontribusi untuk menciptakan UX (user experience) atau pengalaman pengguna yang disesuaikan?

Pengujian dengan lorem ipsum ibarat menghilang di lautan tanpa peta, Anda tidak akan pernah menemukan jalan pulang. Sulit untuk mendapatkan umpan balik/feedback dari klien atau calon konsumen tentang sesuatu yang tidak mereka ketahui, sulit bagi Anda untuk merancang sesuatu yang tidak Anda ketahui.

Terlepas dari permasalahan diatas semua tergantung pada desainer itu sendiri, jika ingin mempertahankan penggunaan lorem ipsum karena alasan lebih mudah dan simple tetap bisa diterima.

Tapi walau bagaimanapun konten asli tetap lebih baik, jika Anda menuliskan konten yang relevan dengan tema desain atau sesuai dengan target audience desain tersebut akan mempermudah Anda untuk mendapatkan umpan balik tentang tampilan desain yang Anda buat. Ini akan mendorong Anda utu merefleksikan jenis pesan yang ingin dikomunikasikan. Sebuah kelebihan yang tidak Anda dapatkan ketika menggunakan Lorem Ipsum.

autocad
adobe illustrator
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *