Tanggal:29 February 2024
asuransi mobil

Serba-Serbi Asuransi Mobil: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya!

Sobat Vocasia sudah punya mobil, tapi belum diasuransikan? Mungkin saat ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mencari asuransi mobil terbaik. Tahukah kamu? Mengapa harus terburu-buru memiliki asuransi mobil? Apa saja, sih, manfaat dari asuransi mobil?

Saat ini, sebagian besar masyarakat masih belum mengetahui atau memprioritaskan asuransi mobil. Padahal, melihat dari kegunaannya sendiri, asuransi mobil memiliki banyak manfaat, loh. Seperti memberikan perlindungan kendaraan dan pengemudi dari kemungkinan kecelakaan di masa depan. 

Nah, buat kamu yang belum tau dan mengenal lebih jauh soal asuransi mobil, yuk, simak artikel dari Vocasia di bawah ini.

Pengertian Asuransi Mobil

Ilustrasi Asuransi Mobil (Sumber: Freepik.com)

Asuransi mobil pada umumnya merupakan produk perlindungan berupa pemberian manfaat atau ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan pada kendaraan mobil kamu. Beberapa kerugian atau kerusakan ini mungkin disebabkan oleh adanya tabrakan, tindak kejahatan, jatuh, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, ada beberapa syarat pertanggungan yang dapat dijamin oleh perusahaan asuransi. Ini termasuk yang berkaitan dengan kerusakan kendaraan dan kewajiban yang terdiri dari kewajiban pihak ketiga dan kewajiban penumpang. Asuransi mobil sendiri juga dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Baca Juga: Asuransi: Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya

Manfaat Asuransi Mobil Secara Umum

Ilustrasi Asuransi Mobil (Sumber: Freepik.com)

Serupa dengan manfaat asuransi jiwa yang melindungi kamu dari berbagai risiko, asuransi mobil juga memberikan manfaat yang menyeluruh bagi aset kamu (dalam hal ini kendaraan roda empat). Yuk, simak apa saja manfaat dari asuransi mobil di bawah ini.

1. Menutup biaya perbaikan mobil apabila terjadi kerusakan

Manfaat yang paling umum dari asuransi kendaraan atau mobil adalah melindungi pemilik kendaraan dari kerugian dengan menutupi biaya perbaikan mobil yang diperlukan, mulai dari kerusakan akibat kesalahan, kebakaran selama perjalanan, dan konsekuensi lainnya.

Perusahaan asuransi biasanya bekerja sama dengan bengkel berbeda, yang merupakan bengkel bersertifikat dan mitra di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan dokumen terlampir, kamu dapat mempercepat klaim kamu dengan mengirimkan SPK (Surat Perintah Kerja) ke bengkel, sehari setelah laporan kerusakan.

2. Memberi perlindungan mobil dari risiko kecelakaan

Dalam keadaan apa pun, kamu pasti tidak ingin mengalami tabrakan atau kecelakaan lalu lintas lainnya saat mengemudi. Namun, untuk perlindungan dini, asuransi kendaraan mobil sangat penting. Oleh karena itu, perbaikan kendaraan pasca-kecelakaan dapat diproksikan dengan tingkat keparahan relatif dari jenis kerusakan. Perlindungan ini juga mencakup kerusakan dari benturan, terbalik, terguling, terpeleset dan terjatuh.

3. Memberi proteksi jika terjadi kehilangan akibat pencurian

Risiko kehilangan mobil karena dicuri dapat menimpa siapa saja, dan di mana saja. Tergantung pada produk asuransi mobil yang ditawarkan, kamu mungkin menerima manfaat asuransi mobil sebagai ganti perangkat atau unit baru. Saat kamu mengajukan klaim mobil hilang, kamu dapat mencadangkannya dengan bukti CCTV dan bukti lainnya. Barang bukti juga bisa dijadikan bahan untuk melapor ke polisi sebagai pihak yang berwajib.

4. Memberi rasa tenang dan aman

Keuntungan penting lainnya dari asuransi mobil adalah kamu tidak perlu khawatir dengan biaya yang akan kamu keluarkan karena asuransi mobil kamu akan menanggungnya sesuai dengan polis yang berlaku. Dengan ketenangan pikiran dan rasa aman, kekhawatiran dan kecemasan kamu pasti akan hilang saat mengemudi. Karena jika hal yang tidak terduga terjadi, kamu sudah terlindungi. Namun demikian, selalu ingat untuk mengemudi dengan hati-hati demi keselamatan kamu sendiri dan keselamatan pengguna jalan lainnya, ya!

5. Membantu merencanakan keuangan dan mengurangi pengeluaran

Tidak ingin rugi karena risiko kerusakan hingga kehilangan yang mungkin saja terjadi? Apalagi jika tabungan kamu pas-pasan dan dana darurat kamu pun tidak cukup, biaya mendadak seperti ini akan membuat kamu pusing karena pengeluaran keuangan tidak sesuai dengan rencana atau yang kamu perkirakan. Maka dari itu, kamu bisa memberikan proteksi untuk mobil kamu dengan asuransi. Dengan asuransi mobil, kamu akan selalu terbebas dari biaya tambahan. Dengan demikian, pengeluaran keuangan yang kamu rencanakan tidak akan terhambat dan situasi keuangan kamu akan lebih stabil.

6. Menyediakan manfaat lebih dari sekadar produk asuransi mobil

Asuransi mobil memberikan perlindungan maksimal jika terjadi kecelakaan dengan bantuan hukum jika ada pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. Beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan manfaat tambahan berupa asuransi jiwa. Selain itu, sesuai dengan ketentuan masing-masing perusahaan asuransi, kamu bisa mendapatkan berbagai reward dengan berlangganan polis, mulai dari e-toll rewards, voucher BBM, hingga berbagai reward menarik lainnya.

7. Menjadi sarana investasi yang bagus

Mungkin belum banyak yang tau bahwa menggunakan asuransi mobil, seperti Allianz, Qoala, BCA itu seperti sebuah investasi. Mengapa demikian? Asuransi melindungi dan mengasuransikan aset yang dapat berfungsi sebagai tempat menabung. Dalam jangka panjang, asuransi mobil dapat menjaga harga mobil kamu pada level tertinggi dengan merawat berbagai komponen dan melindungi dari berbagai kerusakan yang fatal, jika kamu memutuskan untuk melakukannya, ini juga akan memengaruhi harga jual.

Baca Juga: Lump Sum: Pengertian, Keuntungan, Kekurangan, Dan Contoh Penerapannya

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah

Ilustrasi Asuransi Mobil (Sumber: Freepik.com)

Menggunakan mobil atau kendaraan tentu akan membantu mobilitas kamu. Jadi, untuk mendapatkan asuransi dan pertanggungan mobil terbaik, kamu perlu memilih dengan bijak. Tertarik dengan asuransi mobil? Sebelum memutuskan beli asuransi kendaraan, pastikan kamu telah mempelajari polis dengan teliti, ya. Namun sebelum itu, simak tips memilih asuransi mobil terbaik dari Vocasia berikut ini, yuk.

1. Pilih jenis asuransi sesuai kebutuhan

Agar dapat menikmati manfaat asuransi mobil secara maksimal, silakan pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, dengan asuransi mobil baru, kamu akan lebih baik memilih polis all risk, karena manfaat pertanggungan lebih luas. Jika kamu memiliki mobil yang lebih tua dan tinggal di daerah dengan risiko pencurian yang tinggi, kamu lebih baik membeli polis TLO. Karena harga premium lebih terjangkau. Namun, perlu diketahui bahwa tarif premi didasarkan pada jenis asuransi dan usia kendaraan, serta tarif asuransi mobil yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Bandingkan polis dari berbagai perusahaan untuk mendapatkan harga premi terbaik

Ingin mendapatkan harga premi termurah? Bandingkan polis dari perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Lifepal memungkinkan kamu untuk membandingkan polis asuransi secara online dari berbagai perusahaan asuransi mobil di Indonesia.

3. Pilih asuransi kendaraan dengan rekanan bengkel luas

Mitra bengkel yang luas akan membantu memudahkan kamu ketika ingin melakukan perbaikan. Itulah mengapa penting untuk mencari perusahaan yang memiliki mitra bengkel resmi (authorized) untuk merek otomotif kamu, atau mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan bengkel yang tidak resmi (non-authorized)

4. Bandingkan harga premi dengan fitur yang ditawarkan

Besaran premi asuransi kendaraan bermotor sudah diatur oleh OJK. Namun, fitur dan layanan yang ditawarkan oleh setiap produk berbeda. Untuk alasan ini, sebelum membeli polis, kamu harus mengetahui perlindungan, fitur, dan manfaat tambahan yang ditawarkannya.

5. Pilih perusahaan asuransi dengan kredibilitas terpercaya

Asuransi yang dapat diandalkan atau kredibel berarti tidak hanya merek yang dikenal, tetapi juga layanan yang dapat diandalkan dan keluhan yang sesedikit mungkin. Kamu bisa melihat berbagai review produk asuransi mobil di internet dan forum serta mendapatkan testimoni dari pengguna jasa asuransi. Dengan mempertimbangkan hal ini, kamu juga dapat mempertimbangkan pro dan kontra dari pilihan asuransi mobil masa depan kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Demikianlah penjelasan tentang asuransi mobil, beserta manfaat dan tips memilih asuransi mobil. Semoga artikel ini akan membantu kamu memahami, terutama jika kamu sedang mencari asuransi mobil terbaik untuk mobil kesayanganmu. 

Buat kamu yang tertarik juga dengan dunia asuransi, dan ingin mendapatkan penghasilan, kamu bisa banget mengikuti kelas Panduan Meraih Sukses Sebagai Agen Asuransi Terpercaya agar menjadi agen asuransi handal yang memberikan penghasilan dan komisi yang cukup besar buat kamu! Ikuti kelasnya sekarang!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *