Tanggal:03 May 2024
Bahaya Narkoba

Bukan Hanya Kesehatan, Apa Saja Bahaya Narkoba?

Narkoba atau narkotika adalah obat atau zat berbahaya dan adiktif yang dapat membahayakan kesehatan dan kehidupan manusia. Narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menimbulkan berbagai efek negatif baik secara fisik, mental maupun sosial. Itulah mengapa penting untuk memahami bahaya narkoba dan menghindari penggunaannya. 

Efek Psikologis (Mental)

Salah satu efek narkoba adalah efek psikologis atau mental yang sangat merugikan yang dapat mengubah perilaku, emosi, dan cara berpikir seseorang, atau diantaranya:

Perubahan Perilaku 

Menggunakan narkoba dapat membuat seseorang merasa euforia atau bahagia berlebihan. Namun, ketika efek narkoba hilang, pengguna narkoba mungkin mengalami kesedihan dan kehilangan kegembiraan dalam hidup. Selain itu, pengguna narkoba mungkin mengalami perubahan kepribadian yang drastis, seperti menjadi lebih paranoid, agresif, atau mudah tersinggung. 

Gangguan Emosional 

Penggunaan narkoba dapat menyebabkan gangguan emosional seperti depresi, kecemasan dan kebingungan. Narkoba juga dapat membuat penggunanya merasa ketakutan dan paranoid. Selain itu, pengguna narkoba juga dapat mengalami perubahan suasana hati yang drastis seperti gembira, sedih, marah, atau cemas. 

Cacat Mental 

Penggunaan narkoba dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti gangguan psikotik, halusinasi dan kecanduan. Pengguna narkoba juga dapat mengalami gangguan persepsi, seperti  halusinasi atau mendengar suara-suara yang tidak ada. Hal ini dapat membuat pecandu tidak nyaman  bahkan membahayakan keselamatan dirinya sendiri.

Dampak Sosial 

Pecandu mungkin menjadi lebih tertutup, menarik diri dari orang lain, dan mengalami kesulitan berkomunikasi. Selain itu, pengguna narkoba mungkin mengalami isolasi sosial dan kesepian.  

Pengaruh Pendidikan dan Pekerjaan 

Dimana pengguna narkoba mungkin mengalami kesulitan belajar dan berkonsentrasi. Selain itu, pengguna narkoba mungkin merasa malas dan kurang bersemangat dalam bekerja.

Kecanduan 

Ketergantungan ini dapat membuat pecandu narkoba sulit untuk berhenti menggunakan narkoba. Ketergantungan ini berubah menjadi sangat candu, ini dapat membuat pecandu merasa lemah dan kehilangan kendali atas hidupnya.

Efek Fisik

Penggunaan narkoba juga dapat menimbulkan berbagai dampak negatif untuk fisik. Beberapa dampak fisiknya antara lain: 

Kerusakan Otak 

Obat-obatan dapat merusak otak dan sistem saraf pusat. Penggunaan obat yang berlebihan dapat mengganggu konsentrasi, belajar dan menghambat pertumbuhan otak. 

Gangguan Pernafasan 

Jenis obat tertentu, seperti heroin, kokain, dan methamphetamine, dapat mempengaruhi saluran udara dan menyebabkan kerusakan paru-paru serta masalah pernapasan lainnya. 

Kerusakan Jantung 

Obat-obatan dapat merusak hati dan mengganggu fungsi hati. Kerusakan hati akibat penggunaan narkoba dapat menyebabkan sirosis, suatu kondisi di mana jaringan hati rusak dan tidak berfungsi dengan baik. 

Penyakit Jantung 

Penggunaan narkoba juga dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Beberapa obat dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan merusak otot jantung. 

Kerusakan Ginjal 

Obat-obatan dapat merusak ginjal dan mengganggu fungsi ginjal. Kerusakan ginjal akibat obat dapat menyebabkan gagal ginjal, suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya. 

Efek Sosial

Selain efek kesehatan fisik dan mental, narkoba memiliki efek sosial yang signifikan. Efek sosial dari narkoba sangat besar dan dapat merusak setiap orang atau masyarakat secara keseluruhan. Berikut diantaranya:

Peningkatan Tingkat Kejahatan 

Penggunaan narkoba dapat meningkatkan jumlah kejahatan di masyarakat. Pecandu narkoba sering melakukan kejahatan seperti  perampokan, pencurian dan distribusi. Selain itu, pengguna narkoba juga kerap mengalami kekerasan dan konflik dengan aparat keamanan. 

Rusaknya Hubungan Sosial 

 Narkoba juga dapat merusak hubungan sosial antara individu dan masyarakat. Pecandu narkoba sering berperilaku tidak tepat, seperti merusak harta benda, mencuri, dan menipu. Hal ini menyebabkan masyarakat kehilangan kepercayaan  terhadap pengguna narkoba dan membuat mereka menarik diri serta sulit  berinteraksi dengan orang lain.  

Peningkatan Mortalitas 

Penggunaan narkoba dapat meningkatkan angka kematian di masyarakat. Overdosis obat dapat menyebabkan kematian yang tak terhindarkan. Selain itu, pengguna narkoba berisiko lebih besar mengalami kecelakaan atau kejahatan yang dapat mengakibatkan kematian. 

Dampak Pada Keluarga dan Anak-Anak 

Narkoba juga dapat berdampak signifikan pada keluarga dan anak-anak. Keluarga pecandu narkoba sering bergumul dengan kecemasan dan rasa tidak aman yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari. Anak dari keluarga pengguna narkoba seringkali mengalami ketidakstabilan emosi dan kesulitan  belajar karena lingkungan yang tidak kondusif. 

Kerugian Keuangan 

Narkoba dapat menyebabkan kerusakan ekonomi yang besar bagi masyarakat. Pecandu narkoba sering menghabiskan uang mereka untuk narkoba dan tidak memiliki cukup uang untuk kebutuhan sehari-hari atau bahkan untuk keluarga mereka. Selain itu, pengguna narkoba seringkali tidak dapat mempertahankan pekerjaannya atau bahkan kehilangan pekerjaan karena narkoba mempengaruhi produktivitas dan konsentrasi mereka. Implikasi untuk pendidikan 

Pendidikan 

Pecandu narkoba sering mengalami kesulitan belajar dan menjaga konsentrasi selama kuliah atau sekolah. Hal ini mempersulit para pecandu untuk mendapatkan pendidikan mereka dan mereka memiliki keterampilan kerja yang buruk.

Oleh karena itu pemerintah perlu mengambil langkah-langkah untuk melindungi keselamatan dan kesehatan masyarakat terhadap bahaya narkoba. Meski pemerintah terus berupaya memberantas narkoba, peredaran narkoba tetap saja terjadi. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk memahami pentingnya pelarangan narkoba dan tidak terlibat dalam penggunaan dan peredaran narkoba.

Dan Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki masalah dengan narkoba, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter dan juga menyarankan orang tersebut. Jangan menundanya karena kecanduan narkoba dapat berdampak serius, seperti yang dimuat dalam artikel ini. Mari kita ambil langkah positif bersama dan temui dokter untuk mendapatkan bantuan dan dukungan yang Anda butuhkan. Anda bisa mengunjungi psikolog klinis maupun pskiater andalan Mitra Keluarga di cabang terdekat. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya! Jangan lupa untuk selalu sehat dan bahagia.

Penulis: Nabila Sabna (Kelompok C)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *