Tanggal:23 July 2024

Brainware: Pengertian, Fungsi, Jenis, Komponen dan Contohnya

Kebanyakan orang mungkin pernah mendengar istilah software dan hardware, tapi pernahkah kamu mendengar istilah brainware? Beberapa orang masih asing dengan istilah brainware. Padahal, suatu komputer tidak akan dapat beroperasi tanpa adanya brainware.

Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai brainware, mulai dari pengertian, fungsi, jenis, dan komponen brainware berikut ini.

Pengertian Brainware

Brainware adalah orang yang mengoperasikan perangkat komputer, baik dalam bentuk perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Tingkatan brainware terdiri atas system analyst,  programmer, administrator, dan operator.

Bagian-bagian brainware terdiri atas operator komputer, teknisi, trainer, konsultan, project manager, programmer, graphic designer, spesialis jaringan, database administrator, dan system analyst.

Secara garis besar, brainware memiliki peran untuk memastikan jika perangkat komputer yang digunakan beroperasi sesuai dengan keinginan penggunanya.

Meski perangkat komputer sudah didesain dengan canggih, tetapi masih butuh dieksplorasi dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan bidang pekerjaan. Sehingga brainware adalah komponen penting dalam mengatur proses komputer bekerja secara optimal dan terarah.

Brainware juga sering disebut sebagai perangkat intelektual karena hardware dan software tidak bisa dioperasikan tanpa brainware. Hubungan hardware, software, dan brainware saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Tidak ada yang paling penting, karena semuanya memiliki peranan masing-masing. Apabila ketiga hal tersebut seimbang, komputer akan menjadi lancar dan optimal ketika digunakan.

Fungsi Brainware

Brainware merupakan bagian penting dari beroperasinya sebuah sistem komputer. Oleh karena itu, brainware memiliki beberapa fungsi utama yang wajib diketahui.

1. Sebagai Administrator

Administrator adalah tanggung jawab seseorang yang dianggap memiliki kemampuan untuk mengelola suatu sistem operasi beserta juga program-program yang dijualankan dari sebuah komputer atau jaringan dalam perusahaan.

Tanpa adanya administrator, sebuah sistem tidak akan beroperasi secara optimal. Selain itu, ada juga administrator database yang bertanggung jawab terhadap kelancaran sistem database perusahaan termasuk juga untuk mengatur, mengelola, dan menyimpan arsip maupun data-data penting perusahaan.

2. Sebagai Programmer

Programmer bertugas untuk membuat program yang dibutuhkan perusahaan dalam sistem komputerisasi. Programmer juga berperan sebagai pihak yang bertanggungjawab menjaga keamanan dan kelancaran seluruh sistem komputer perusahaan.

Secara garis besar, programmer memiliki tugas melakukan perancangan. Programmer akan menentukan bagaimana program komputer nantinya berjalan dengan lancar serta memastikan keamanan program terlindungi dari crashing maupun virus.

3. Sebagai Operator

Operator bertugas untuk menjalankan sistem operasi serta program dalam perangkat komputer perusahaan. Operator akan bertindak dalam melakukan perawatan sistem operasi komputer, menyiapkan akses pada data, informasi, dan lain-lain. Selain itu, operator juga melakukan pemantauan dan memastikan jika perangkat komputer sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Baca Juga | Programmer: Pengertian, Tugas, Skill, dan Gaji

Brainware dibagi menjadi dua komponen utama, yaitu spelialisasi pada hardware dan software komputer. (Image: Unsplash)

Komponen Brainware

Dari penjelasan pengertian brainware di atas, dapat disimpulkan bahwa brainware adalah seorang operator yang memiliki pengetahuan dalam bidang hardware dan software komputer.

Brainware dibagi menjadi dua komponen utama, yaitu spelialisasi pada hardware dan software komputer. Berikut adalah komponen-komponen brainware.

1. Hardware Engineer

Hardware engineer adalah seseorang yang memiliki keahlian lebih dalam menangani perangkat keras/hardware komputer. Mereka bertanggaung jawab dalam pengembangan dan pembuatan hardware-hardware baru yang lebih canggih dari versi sebelumnya.

2. Software Engineer

Software engineer adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang pembuatan dan pengembangan software komputer. Posisi ini umumnya diisi oleh programmer-programmer handal yang menguasai berbagai bahasa pemrograman komputer.

Baca Juga | Tugas Dan Tanggung Jawab Software Engineer Jenis-jenis Brainware

Jenis brainware saat ini semakin beragam karena sistem komputer sudah merambah ke berbagai aspek pekerjaan. Pertumbuhan digitalisasi yang pesat membutuhkan program komputer yang mampu mendukung kinerja dan aktivitas pekerjaan.

3. Operator Komputer

Operator komputer merupakan brainware yang bertanggung jawab menggunakan sistem pengolah data yang berhubungan dengan komputer.

Operator komputer mengikuti instruksi programmer dan tidak boleh merubah apapun yang sudah dikerjakan programmer. Operator komputer juga bertanggung jawab dalam melakukan proses pengolahan data yang ada kaitannya dengan komputer.

4. Teknisi

Teknisi adalah salah satu brainware yang bertugas melakukan maintance semua perangkat komputer ketika terjadi masalah. Seorang teknisi harus memahami berbagai permasalahan yang terjadi seputar komputer dan perangkatnya.

5. Programmer

Programmer disini bertugas untuk membuat dan mempersiapkan program yang dibutuhkan serta dapat mendukung sistem komputer yang akan dibuat atau telah dirancang.

Programmer menjadi posisi penting karena jika adanya serangan hack atau virus pada database perusahaan, maka perlu adanya tindakan perlindungan dan pencegahan yang dibutuhkan.

7. Konsultan

Seorang brainware pada bidang ini harus memiliki kritaria yang spesifik. Konsultan tidak hanya harus memiliki cakupan ilmu yang luas dan bisa membaca arah serta keadaan, namun juga harus dapat memberikan rekomendasi atau konsultasi yang dapat membawa klien menentukan langkah mereka selanjutnya.

8. Project Manager

Kemampuan memimpin yang baik adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang project manager. Hal tersebut karena segala sesuatu yang berkaitan dengan pengaturan, mulai dari waktu, koordinasi antardivisi, hingga pengaturan budget menjadi tanggung jawab project manager sebagai brainware.

Dasar-dasar kepemimpinan menjadi hal yang penting bagi seorang project manager. Kemampuan tersebut dibutuhkan untuk memimpin dan membimbing orang-orang yang bekerja agar project tersebut sukses.

9. Trainer

Trainer adalah salah satu brainware yang memiliki pengetahuan lebih banyak dan luas. Brainware jenis ini diperlukan sebagai pengatur distribusi data (dalam cakupan ilmu pengetahuan) dari satu orang ke yang lainnya.

Sehingga trainer memiliki tanggung jawab penuh untuk mendidik dan membimbing orang lain di bidang yang digelutinya.

10. Spesialis Jaringan

Menjadi seorang spesialis berarti menguasai satu bidang tertentu secara mendalam. Spesialis Jaringan adalah brainware yang ahli dalam dunia jaringan komputer dan bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan jaringan komputer.

11. Sistem Analis

Sistem analis adalah user yang bertugas dalam merancang, membuat, mengawasi, dan mengevaluasi program. Kejelian menjadi kemampuan utama yang dimiliki oleh sistem analis, agar ketika membuat program atau aplikasi tidak membuat kesalahan fatal.

12. Database Administrator

Database administrator adalah jenis brainware yang bertanggung jawab pada semua database. Baik untuk memantau aplikasi, organisasi, maupun database lain yang dianggap penting.

Brainware memiliki peran penting dalam pengoperasian suatu komputer. (Image: Unsplash)

Contoh Brainware

Brainware memiliki banyak contoh yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa contoh brainware adalah sebagai berikut.

1. Netter

Netter merupakan contoh brainware yang memudahkan individu atau sekelompok orang dalam mencari informasi di internet. Netter sendiri bisa digolongkan sebagai individu yang memang menggunakan internet, kelompok perusahaan, ataupun organisasi.

2. EDP Departement

Entry Data Processing (EDP) merupakan salah satu bagian perusahaan yang dikenal sebagai departemen IT. EDP memiliki tugas untuk mengelola data-data komersil perusahaan dengan sistem elektronik dan dilakukan secara otomatis.

Misal, sebuah penjualan produk elektronik laptop memiliki beberapa data yang harus diolah, seperti jumlah stok produk, total penjualan, dan laporan pembelian dari konsumen. EDP Departement akan mengelola semua data tersebut secara terorganisir berdasarkan jenis data.

3. Network System

Sistem jaringan (network system) merupakan sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani suatu jaringan komputer. Sistem operasi terdiri dari banyak kumpulan layanan yang ditujukan agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna komputer.

Baca Juga | Network Engineer: Pengertian, Tugas Dan Skill Yang Diperlukan

Dari penjelasan di atas, brainware memiliki peran penting dalam pengoperasian suatu komputer. Sumber daya manusia yang kompeten merupakan aset perusahaan yang sangat berguna untuk menentukan kemajuan sebuah perusahaan. Peran brainware akan memaksimalkan dan mengoptimalkan sebuah sistem yang berjalan dalam perusahaan. Tertarik dengan sistem kerja komputer dan peran brainware? ikuti kursus Vocasia untuk mengembangkan kemampuanmu!

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *