Tanggal:18 July 2024

Cara Membuat Blogspot Bagi Pemula

Cara membuat blogspot, gimana ya? Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta komunikasi semakin canggih. Kita tidak akan mengalami kesulitan lagi karena semua itu dapat dicari melalui media internet seperti Google. Salah satu aplikasi yang populer adalah blog atau web blog. Melalui blog kita dapat mempublikasikan data, informasi, pengetahuan, bahkan hal-hal yang bersifat promosi.

Web Blog adalah fasilitas distribusi online yang menawarkan layanan internet dasar yang dapat melintasi batas ruang dan waktu. Blog juga merupakan cara yang sangat interaktif dan dinamis untuk mendiskusikan wawasan dan eksistensi diri. Blog juga disebut sebagai media digital yang e-komunitasnya tersebar di internet.

Nah, di artikel ini kamu akan belajar mengenai apa itu blog, perbedaan blog dan website, dan cara membuat blog dari awal. Yuk, disimak ya penjelasan berikut!

Apa itu Blog?

Blog adalah kependekan dari Web dan Log, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger (1997). Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di-update secara kontinu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Blog merupakan situs web yang berisi tulisan artikel atau informasi berisi manfaat yang dapat diperbarui secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi. Web mampu memuat tulisan- tulisan, gambar, atau sering dikenal dengan istilah posting. Posting di blog artinya kita mengisi blog kita dengan tulisan ataupun gambar yang bersifat informasi, hiburan, penawaran bisnis, iklan, dan banyak lagi.

Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu, blog bersifat sangat personal.

Baca juga: 6 Tools Website Traffic Monitoring Terbaik di 2022

Apa Perbedaan Blog dan Website?

Blog adalah salah satu jenis website. Perbedaan utama antara sebuah website dan blog adalah pada frekuensi publikasi dan pembaruan konten yang ada di dalamnya. Konten dalam sebuah blog akan sering bertambah dan diperbarui. Pada umumnya, blog juga memiliki kolom komentar sebagai tempat pembaca dan penulis berinteraksi. Selain itu, setiap konten blog juga dilengkapi dengan nama penulis, tanggal publikasi, dan kategori yang tidak dapat ditemukan di website.

Cara Buat Blogspot Melalui Smartphone

Cara buat blogspot pribadi yang menarik, gratis, dan menghasilkan yang pertama adalah dengan cara membuat blogspot melalui smartphone. Berikut ini kami rangkum cara membuat blogspot melalui smartphone :

1. Unduh aplikasinya

Untuk membuat blog via ponsel Anda harus mengunduh aplikasi blogspot terlebih dahulu. Aplikasi yang tersedia untuk blogspot adalah Blogger.com. Kamu bisa mengunduhnya melalui Google Play Store ataupun melalui App store.

2. Masukan alamat email

Setelah Anda selesai mengunduh dan juga menginstal aplikasi tersebut, langkah selanjutnya adalah memasukan alamat email untuk membuat akun.

3.Sign Up dengan alamat email

Lakukan sign up dengan memasukan alamat email dan juga password yang kamu miliki.

4. Edit profil

Setelah berhasil masuk pada aplikasi tersebut, Anda bisa untuk mulai mengisi profil yang ada sesuai dengan keinginan dan juga arahan pada halaman edit profil. Selanjutnya kamu bisa memilih buat blog baru.

5. Menulis alamat blog

Setelah menampilkan halaman buat blog baru, Anda bisa menuliskan alamat blog. Anda harus perhatikan saat mengisi alamat blog ini. Anda harus menuliskannya dengan nama yang belum pernah dipakai oleh pengguna lainnya.

6. Klik desain template.

Jika sudah menuliskan alamat dan juga judul blog Anda bisa untuk memilih desain template yang sesuai dengan keinginan.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Memuat Lebih Cepat

Cara Membuat Blogpot Melalui PC atau Laptop

1. Buka halaman browser

Langkah pertama ialah Anda perlu membuka halaman browser pada PC atau laptop Anda. Kemudian ketikan alamat www.blogger.com pada kolom alamat website.

2. Klik create your blog

Setelah muncul halaman blogger.com Anda bisa mengklik pada tombol create your blog untuk memulai membuat blog baru.

3. Buat akun dengan email

Selanjutnya Anda bisa menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun baru pada blogspot Anda. Meskipun membuat akun baru, Anda tak perlu untuk mendaftar karena blogspot akan langsung menghubungkan dengan data yang ada pada akun gmail Anda.

4.Lengkapi profil

Setelah masuk pada akunblogger.com, Anda akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog. Meskipun diminta untuk melengkapi profil, Anda bisa mengisinya dilain waktu.

5.Setting dasar pada dashboard.

Pada halaman profil, kamu bisa langsung menuju dashboard untuk mengatur tampilan awal pada blog yang akan kamu buat.Pada dashboard ini kamu bisa untuk menuliskan judul serta alamat blog dan juga tema yang ada. Selanjutnya klik create blog. Jika kamu ditawari untuk membeli sebuah domain, Anda bisa menolaknya dengan mengklik No Thanks yang ada pada layar.

6.Pengaturan post blog

Langkah selanjutnya anda akan menuju dashboard untuk mengatur blog dan juga menuliskan isi blog milik Anda. Kemudian Anda bisa mengklik publish jika telah selesai menulis isi blog.

7.Lihat hasil postingan

Terakhir jika anda ingin melihat bagaimana tampilan postingan tulisan pada blog, Anda bisa mengklik visit blog ataupun mengetik alamat blog yang anda buat.

Baca juga: Cara Membuat Facebook Fans Page

Hanya dengan langkah di atas, Anda sudah dapat membuat blog sendiri dengan mudah, loh. Nantikan artikel berikutnya dari Vocasia, ya! 

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *