Tanggal:02 May 2024

Perbedaan Intrapersonal dan Interpersonal Soft Skill

Soft skill sangat berkaitan dengan kemampuan bersosialisasi atau berinteraksi bersama orang lain. Tentu kamu tak hanya sekedar melakukan komunikasi semata. Kamu juga perlu dibekali keterampilan intrapersonal dan interpersonal dalam soft skill. Lalu, apa arti keduanya? Intrapersonal skill adalah keterampilan berkomunikasi sangat unik yang dilakukan oleh diri sendiri. Intrapersonal skill tak membutuhkan lawan bicara layaknya interpersonal. Kamu cukup bercakap dengan diri sendiri mengenai segala hal terkait diri kamu.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Sedangkan interpersonal skill adalah keterampilan komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan mencapai kesepakatan bersama. Kamu bisa melakukan komunikasi interpersonal baik verbal maupun non verbal. Komunikasi yang dilakukan tentu bersifat dua arah atau two way communication. Kamu dan lawan bicara dapat berdiskusi mengenai hal apapun bersifat musyawarah. Simak penjelasan terkait keterampilan yang meliputi intrapersonal dan interpersonal dalam soft skill berikut!

Keterampilan dalam Intrapersonal Soft Skill

1. Penilaian Diri

Kamu dapat melakukan penilaian terhadap diri kamu sendiri, loh. Dalam melakukan komunikasi secara intrapersonal kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Tahap evaluasi pun dapat kamu ambil. Pengembangan diri menjadi solusi yang tepat bagi kamu. Lakukan perubahan pada kekurangan yang kamu punya. Tentunya agar keterampilan intrapersonal kamu terus berkembang!

2. Kesadaran Emosi

Kemampuan komunikasi dengan diri sendiri dapat membuat pemahaman emosional meningkat. Kamu mampu memahami diri sendiri secara lebih dalam. Luapan emosi dapat lebih terkontrol melalui komunikasi intrapersonal. Tentu diri kamu lebih mudah menguasai emosi kesedihan dan kemarahan menjadi lebih stabil. Hal ini dapat terjadi karena kamu lebih sadar akan dirimu sendiri tanpa adanya paksaan ataupun dorongan untuk berubah. Tetapi, lebih kepada memahami kondisi emosional dalam diri.

3. Proaktif

Kamu dapat melakukan komunikasi secara intens dengan diri sendiri. Menanyakan berbagai hal kepada dirimu sendiri secara lebih personal. Dan tentu saja berbagai solusi, inovasi, dan inisiatif akan muncul dengan sendirinya. Pengembangan diri sendiri dapat terwujud secara lebih cepat dan tepat. Kamu bisa lebih menghargai diri sendiri. Kamu juga mampu mengubah setiap kekurangan menjadi kelebihan melalui setiap solusi yang muncul.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Soft Skill

Keterampilan dalam Interpersonal Skill

1. Berkolaborasi melalui Keragaman

Tentu melakukan komunikasi secara interpersonal melibatkan banyak orang. Kamu dituntut mampu memahami seluruh ragam didalamnya. Keragaman yang ada harus kamu ubah menjadi sesuatu yang bernilai. Kamu bisa berkobalorasi dan melakukan berbagai hal secara bersama. Berkat komunikasi interpersonal keragaman dapat berubah menjadi sinergi dalam kebersamaan. Kamu hanya perlu memahami dan bekerja sama secara tim dengan baik.

2. Komunikasi Efektif

Keragaman yang ada menjadi karunia dalam komunikasi interpersonal. Kamu yang terlibat didalamnya bisa bertukar beragam informasi, pengetahuan, dan berbagai hal unik lainnya. Komunikasi dapat berjalan efektif karena setiap orang yang terlibat memiliki kapasitas informasi yang memadai. Kamu bisa saling berbagi dan bertukar kisah untuk meningkatkan wawasan.

Baca Juga : Apa bedanya Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal?

3. Kepemimpinan

Komunikasi interpersonal yang terjalin baik dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Kamu bisa melatih kemampuan leadership didalam hubungan interpersonal ini tentunya. Komunikasi yang terjalin melibatkan banyak orang dengan berbagai karakter yang beragam. Kamu dituntut mampu mengendalikan situasi dan memahami berbagai karakter setiap anggota. Hal ini memang terlihat rumit, namun ketegasan dan pemahaman akan sesama dapat terbentuk melalui persoalan tersebut.

Nah, itulah berbagai seluk-beluk keterampilan intrapersonal dan interpersonal dalam soft skill. Kamu bisa terus mengasah kedua keterampilan itu, ya. Tentu saja agar kamu dapat mengerti dirimu sendiri dan mengerti orang disekitar kamu. Kedua keterampilan tersebut sangat penting diterapkan agar terwujud komunikasi secara efektif dan efisien. Selamat menerapkan pada dirimu dan orang di sekitar kamu!

Baca Juga : Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *