Tanggal:25 April 2024

Apa itu Browser?

Browser adalah software yang digunakan untuk membuka setiap halaman pada web. Perangkat software ini membantu dalam melakukan segala aktivitas terkait dengan internet seperti berkomentar, membaca, mengunduh gambar, film, video, dokumen, dan lain sebagainya secara online.

Di zaman yang sudah maju perkembangan teknologi dan komunikasi memudahkan kita menjelajah dunia maya secara cepat. Terutama Indonesia yang merupakan negara dengan pengguna internet paling aktif dan cukup banyak. Sehingga, beredarlah berbagai situs web browser yang paling populer di semua kalangan seperti Google Chrome, Opera, Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Safari.

Akan tetapi, setiap web mempunyai berbagai fitur yang berbeda juga, loh. Untuk itu, peranan browser sangatlah penting bagi penunjang segala pekerjaan dalam hal riset serta memberikan informasi yang belum kita ketahui. Ingin tahu lebih lanjut seluk-beluk browser? Yuk, simak terus artikel Vocasia ini karena akan kami bahas secara tuntas.

Apa itu Browser?

Ilustrasi Web Browser (Pixebay)

Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Nantinya, informasi diidentifikasi dengan sumber yang beragam dengan mengikuti link di halaman web. Tak hanya itu, browser pun mempunyai kemampuan untuk menampilkan kode semantik pada bahasa pemrograman halaman website seperti CSS Java Script, HTML, dan lainnya di halaman supaya semua orang mudah memahaminya.

Fungsi dari Browser

Browser Google (Pixebay)

Browser adalah perangkat lunak (software) yang memiliki banyak fungsi untuk mempermudah kita dalam menjelajahi situs internet. Berikut ini beberapa fungsinya:

1. Lindungi perangkat dari situs web berbahaya

Browser akan membantu menyelesaikan proses verifikasi atau autentikasi sebelum mengunjungi sebuah situs web. Cukup sulit untuk mendeteksi sebuah website yang aman dari ancaman malware atau hal berbahaya lainnya. Untuk alasan ini, menggunakan browser adalah cara yang aman untuk menjelajahi Internet dan menghindari penjahat dunia maya.

2. Menyimpan data

Browser sering kali dilengkapi dengan fitur bookmark yang memungkinkan kita menyimpan halaman web. Dengan cara ini, kita dapat membuka kembali halaman tanpa harus memasukkan kembali URL di pencarian

3. Mendapatkan informasi secara efektif

Pastinya, internet berisi banyak hal. Dengan menggunakan browser, proses pencarian informasi di internet menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, browser menyertakan perangkat lunak yang mudah digunakan. Jadi, siapa pun bisa mengakses selama ada koneksi internet.

4. Mendukung penggunaan SEO

Jenis mesin pencari seperti Google atau Bing paling baik diakses dengan browser. Dengan menggunakan mesin pencari, kita dapat menemukan informasi hanya dengan mengetikkan kata kunci tanpa harus mengingat URL.

5. Membuka halaman website

Browser tentunya bisa digunakan untuk membuka halaman web di Internet. Dengan menggunakan browser web, pengguna internet dapat membuka halaman web dengan memasukkan alamat situs web yang ingin dikunjungi. Bisa juga dengan mengetikkan kata kunci ke mesin pencari. Setelahnya, kamu akan mendapatkan beberapa halaman web sesuai dalam kata kunci yang dimasukkan.

Baca juga: Daftar Negara dengan Internet Tercepat di Dunia 2022

Contoh dari Browser

Ilustrasi Contoh Browser (Google)

1. Google Chrome

Chrome merupakan browser dari kembangan Google yang menggunakan mesin tata letak WebKit dan kerangka kerja aplikasi. Awalnya dirilis dalam versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa dan dirilis secara publik sebagai rilis stabil pada 11 Desember 2008. Tak lupa versi Mac OS X dan Linux juga dirilis. Proyek open source itu sendiri disebut Chromium.

2. Opera

Browser Opera ini dibuat oleh Opera Software Company yang berbasis di Oslo, Norwegia. Opera berjalan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD, dan Linux. Jika Firefox memiliki add-on, Opera memiliki Opera Widget, yakni aplikasi web kecil yang bekerja dengan Opera yang memiliki kegunaan khusus, seperti add-on Firefox. Diketahui memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh browser lain, seperti Opera Unite, Private Browsing, dan memiliki mesin Javascript (disebut Carakan).

3. Internet Explorer

Windows Internet Explorer (sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah browser dan perangkat lunak tidak bebas dari Microsoft dan telah disertakan dengan setiap versi sistem operasi Microsoft Windows sejak didirikan sejak 1995. Awalnya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket plus untuk Windows 95 pada saat itu. Telah digunakan secara luas sejak tahun 1999. Terhitung 95% dari semua penggunaan browser antara tahun 2002 dan 2003 bersama dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Seiring waktu, ia telah kehilangan pangsa pasar sejak dirilis dan saat ini menyumbang 55,92%. Microsoft menghabiskan hingga $100 juta per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990-an dengan 1.000 orang yang mengerjakannya.

4. Mozila Firefox

Mozilla Firefox (awalnya dikenal sebagai Phoenix kemudian secara singkat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah browser lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation dan ratusan sukarelawan. Sebelum rilis versi 1.0 pada tanggal 9 November 2004, Firefox menerima ulasan yang sangat baik dari media, termasuk Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta unduhan dalam 12 hari pertama rilis dan 6 juta pada 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak bebas dan sumber terbuka yang paling banyak digunakan oleh individu.

5. Safari

Safari merupakan browser yang dikembangkan oleh Apple Inc. Awalnya didedikasikan untuk sistem operasi Mac OS. Safari telah diinstal sebelumnya dengan Mac OS X dan telah menjadi browser web default pada sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelum itu, dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer untuk Mac sebagai browser web default. Pada 11 Juni 2007, pratinjau untuk Windows yang kompatibel dengan Windows XP dan Windows Vista dari Safari ditampilkan di Apple Worldwide Developers Conference di San Francisco.

6. Avant

Avant browser adalah web yang mendukung penjelajahan multi-jendela. Berarti kita dapat menampilkan beberapa jendela sekaligus dan semua halaman yang terbuka dapat dengan mudah dihentikan, disegarkan, ditutup, atau diurutkan dengan satu klik. Menggunakan mesin Internet Explorer menyajikan banyak fitur menarik. Fitur Avant browser termasuk pemblokir pop-up built-in yang memungkinkan kita menghapus iklan banner dan halaman pop-up yang tidak diinginkan dengan mudah dengan hanya satu klik saja.

Cara Kerja Browser

Ilustrasi Cara Kerja Browser (Pixebay)

Berikut ini adalah alur kerja yang dilakukan browser saat menampilkan informasi di situs atau laman web:

  1. Pengguna memasukkan alamat situs web atau URL (Uniform Resource Locator) di bilah browser. Misal seperti vocasia.id
  2. Browser menerima permintaan pengguna dan memuat halaman URL, kemudian mengirimkannya ke server DNS
  3. Hasilnya adalah alamat IP dari perintah yang dimasukkan oleh pengguna
  4. Web browser akan mengakses server menggunakan IP address yang didapat dari DNS server berupa www.vocasia.id
  5. Server akan merespon dengan memberikan data halaman dari www.vocasia.id dalam bentuk HTML, bisa juga file CSS, JS, dan lainnya
  6. Terakhir, konten yang diminta oleh pengguna akan ditampilkan oleh browser
  7.  Selesai

Alur ini hanya menjelaskan dasar-dasar halaman yang dilihat oleh pengguna. Tidak sepenuhnya menjelaskan proses detail dari setiap situs atau laman. Proses mengambil informasi dari halaman web yang ingin kita lihat di browser dapat bervariasi, tergantung pada teknologi server dan data yang diminta.

Nah, itulah informasi mengenai ruang lingkup browser. Perlu diingat, gunakanlah fasilitas internet dengan bijak. Semoga bermanfaat dan ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya dari Vocasia!

Kursus desain website HTML CSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *