Tanggal:18 May 2024

Cara Mudah Membuat Font Sendiri, Harus Kamu Coba!

Dalam dunia desain, font termasuk salah satu komponen yang memiliki peranan penting yang mempengaruhi keestetikaan. Misalnya, hanya dengan mengubah font akan menghasilkan kesan yang berbeda-beda pada suatu desain. 

Oleh karena itu, pemilihan font pada desain tidak bisa sembarangan. Usahakan untuk melakukan pendekatan psikologis agar pesan yang ingin disampaikan lewat desain tersebut dapat maksimal. 

Melihat perannya yang cukup penting, pasti tidak sedikit dari kalian yang ingin mencoba membuat font sendiri. Kalian tidak perlu khawatir, kali ini Vocasia akan berbagi beberapa cara yang dapat membantu kamu untuk membuat font sendiri dengan mudah. Salah satu cara paling mudah adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi.

Saat ini, terdapat banyak software yang memudahkan kamu untuk membuat tipografi. Mulai dari yang berbayar hingga gratis. Berikut ini software-software yang akan membantu kamu untuk membuat font sendiri dengan mudah.

Cara Membuat Font Sendiri

1. Private Character Editor

Cara mudah membuat font sendiri yang pertama adalah dengan menggunakan software Private Character Editor. Mungkin untuk sebagian orang, software ini sudah asing terutama bagi pengguna Window. Software ini bukanlah software baru, sebab sudah ada sejak Windows 2000/Windows XP. 

Namun, sangat disayangkan software pembuat font ini hanya baru digunakan oleh segelintir orang. Hal tersebut dikarenakan letak aplikasi yang tersembunyi dan jarang diperlihatkan ke publik oleh Microsoft. 

Untuk menggunakan Private Character Editor di Windows caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menekan shortcut Win+R untuk membuka Windows Run, kemudian ketik eudcedit dan tekan enter. Lalu nanti akan muncul tampilan worksheet dokumen yang dipenuhi grid. Hal tersebut akan memudahkan kamu dalam membuat font sendiri. Kekurangan dari software ini ialah fitur yang dimilikinya lumayan terbatas, sehingga kamu  hanya memiliki fitur dasar untuk membuat font.

2. FontForge

Cara kedua yang mudah untuk membuat font sendiri adalah menggunakan bantuan software FontForge. Jika dibandingkan dengan software sebelumnya, software ini memiliki lebih banyak fitur dan tools yang kamu butuhkan untuk membuat font kustom.

Software pembuat font ini juga dilengkapi fitur glyphs, sehingga lebih memudahkan kamu dalam pembuatan font. Kamu cukup memodifikasi karakter yang sudah ada seperti yang kamu inginkan. Kelebihan lain software ini adalah mendukung berbagai format font seperti TrueType dan Opentype. Selain itu, FontForge juga menyediakan alternatif software yang dapat digunakan apabila software ini mengalami gangguan yaitu Fontforge builds.

3. Fontstruct

Cara ketiga yang memudahkan dalam membuat font sendiri adalah menggunakan software Fontstruct. Software pembuat font ini merupakan alternatif lain yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan dua software sebelumnya. Software ini termasuk software berbasis online, sehingga memungkinkan kamu untuk membuat font dengan mudah dan cepat tanpa harus menginstall software

Software Fontstruct dirancang khusus bagi desainer yang ingin menciptakan font sendiri. Software ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan tools. Mulai dari draw, erase, rectangle, dan sebagainya. Berikut cara menggunakannya layanan software ini

  1. Kunjungi situs Fontstruct.com. 
  2. Kemudian buatlah akun menggunakan email dan silahkan login. 
  3. Cari menu Fontstruct, disitulah tempat untuk membuat bentuk font.
  4. Silahkan mencoba tool yang ada di sebelah kiri dan lainnya. Kamu hanya perlu pilih dan klik pada bagian kotak grid
  5. Pada bagian paling bawah, akan terdapat urutan abjad dari A-Z beserta simbol dan deretan angka. Pilih satu persatu, misalnya huruf A, berarti sekarang kamu sedang membuat bentuk huruf A. Lalu bentuklah font yang kamu inginkan. Kalau sudah selesai lanjut ke huruf selanjutnya.
  6. Terakhir, tinggal di preview terlebih dahulu kemudian klik menu Download. Maka font kamu sudah dapat dipakai pada aplikasi komputer.

Itulah beberapa cara mudah untuk membuat font sendiri. Dijamin tidak perlu ribet. Font dapat tercipta dalam waktu beberapa menit saja. Apakah kamu sudah menemukan software pembuat font yang pas? Beberapa software di atas memang memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun fitur-fitur yang disajikan dari masing-masing software sudah cukup untuk membuat font unik kreasi kamu sendiri. Oleh karena itu tunggu apalagi? selamat mencoba.

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *