Tanggal:14 June 2024
Mobil mewah termasuk dalam speciality consumer goods - @pexels.com

Sangat Menjanjikan, Berikut 9 Cara Membuka Usaha Cuci Mobil dan Motor

Saat ini, setidaknya tiap rumah memiliki satu kendaraan atau bahkan lebih. Apalagi di kota metropolitan seperti Jakarta. Mengutip dari laman GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Indonesia), pada tahun 2019 setidaknya terdapat peningkatan kendaraan sebesar 133.617.012 unit atau sama dengan meningkat sebesar 5,3 persen. Nah, adanya jumlah yang besar dalam kepemilikan kendaraan bermotor ataupun mobil tersebut dapat kamu manfaatkan untuk membuka usahamu sendiri, nih! Usaha apakah itu? Usaha cuci mobil dan motor tentunya.

Dengan membuka usaha cuci mobil dan motor, kamu dijamin akan untung. Apalagi ditambah dengan fakta bahwa masyarakat di perkotaan umumnya memiliki aktivitas atau kesibukan yang padat. Hal itu akhirnya menjadikan mereka tak memiliki waktu luang hanya untuk membersihkan kendaraan mereka yang sudah kotor karena dibawa kerja setiap hari. Nah, oleh karena itu, banyak di antara masyarakat perkotaan tersebut rela mengocek uang untuk membeli jasa seorang pencuci kendaraan. Nah, bayangkan jika kamu juga ikut membuka usaha cuci mobil dan motor? Duh, tak terbayang keuntungan yang bisa kamu dapatkan, deh!

Baca Juga | Berikut Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan!

Jika kamu merasa tertarik untuk membuka usaha ini, berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai cara membuka usaha cuci mobil dan motor yang langsung mendatangkan banyak pelanggan untukmu! Langsung saja, check it out!

1. Analisis Kompetitor

Analisis kompetitor.
Analisis kompetitor. Sumber: Pexels

Cara #1 yang harus kamu lakukan ketika ingin membuka usaha cuci mobil dan motor adalah menganalisis kompetitor di bidang serupa. Amati bagaimana pelayanan, strategi promosi, jenis usaha yang diterapkan oleh kompetitormu tersebut. Dari adanya pengamatan ini, nantinya kamu bisa menerapkan atau membuat pelayanan, strategi promosi, dan jenis usaha yang lebih baik dari kompetitormu itu.

Baca Juga | Mitra Usaha Tepat, Bisnis Berkembang Pesat!

2. Siapkan Modal

Siapkan modal.
Siapkan modal. Sumber: Pexels

Cara #2 yang wajib kamu lakukan jika ingin membuka usaha cuci mobil dan motor adalah menyiapkan modal yang akan dikeluarkan. Semua usaha membutuhkan modal, begitupun dengan usaha cuci mobil dan motor ini. Lalu, berapakah kiranya modal yang harus kamu siapkan ketika menjalankan bisnis tersebut? Besaran modal yang harus dikeluarkan ketika membuka usaha cuci mobil dan motor ini sangat bervariasi. Hal itu karena tergantung pada peralatan kebersihan yang akan digunakan. Semakin canggih alat kebersihan yang digunakan, maka semakin besar pula modal yang harus dikeluarkan. Untuk usaha cuci yang manual, kamu harus mengeluarkan modal sekitar Rp 8 juta. Untuk usaha cuci yang hidrolik, kamu harus menyiapkan modal sekitar Rp 20 juta. Adapun untuk usaha cuci yang robotik, kamu harus menyiapkan modal sebesar Rp 1 M.

3. Siapkan Tempat

Siapkan tempat usaha.
Siapkan tempat usaha. Sumber: Pexels

Cara #3 untuk membuka usaha cuci mobil dan motor yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menyiapkan atau menentukan lokasi tempat usahamu tersebut akan dibuka. Nah, penentuan ini harus benar-benar kamu pertimbangkan dengan jeli dan cermat. Hal itu agar usahamu tersebut dapat berkembang dan semakin kebanjiran pelanggan. Oleh karena itu, dalam menentukan lokasi usaha, kamu harus memastikan bahwa usahamu tersebut berada di wilayah yang strategis. Bagaimana menentukan strategis atau ketidakstrategisannya? Pastikan usahamu berada di dekat permukiman ramai, dekat jalan raya, memiliki aksesibilitas kendaraan, dan lain sebagainya ya!

4. Tentukan Jenis Usaha

Tentukan jenis usaha cuci kendaraan.
Tentukan jenis usaha cuci kendaraan. Sumber: Pexels

Cara #4 yang harus kamu lakukan ketika ingin membuka usaha cuci mobil dan motor adalah menentukan jenis usaha yang akan diterapkan. Adanya penentuan jenis usaha ini nantinya akan berdampak pada peralatan kebersihan yang harus dimiliki dan modal yang harus kamu keluarkan. Nah, terdapat beberapa jenis usaha cuci kendaraan yang bisa kamu pilih dan terapkan.

  1. Usaha cuci hidrolik.
  2. Usaha cuci robotik.
  3. Usaha cuci manual.

5. Siapkan Karyawan

Rekrut karyawan.
Rekrut karyawan. Sumber: Pexels

Cara #5 yang harus kamu lakukan ketika ingin membuka usaha cuci mobil dan motor adalah menyiapkan atau merekrut karyawan. Hal ini harus kamu lakukan untuk menunjang kerja, sehingga bisa dilakukan cepat dan usahamu juga bisa menampung pelanggan lebih dari satu. Oleh karena itu, pastikan agar usaha cuci mobil dan motormu tersebut tidak hanya memiliki satu karyawan saja ya!

6. Siapkan Peralatan

Lengkapi peralatan kerja.
Lengkapi peralatan kerja. Sumber: Pexels

Cara #6 yang harus kamu lakukan ketika ingin membuka usaha cuci mobil dan motor selanjutnya adalah menyipakan peralatan kebesihan yang harus dimiliki. Nah, karena terdapat tiga jenis usaha cuci kendaraan, maka kamu harus menyiapkan peralatan yang sesuai dengan jenis usaha cuci kendaraan yang diterapkan ya! Untuk jenis usaha manual atau konvensional, peralatan yang harus dimiliki antara lain kompresor, penyemprot air, dan lain sebagainya. Untuk jenis usaha hidrolik, peralatan yang dibutuhkan sama dengan yang ada di manual, hanya tambahannya yaitu mesin hidrolik untuk mengangkat mobil. Adapun untuk jenis usaha robotik, kamu harus menyiapkan peralatan seperti mesin robot dan alat pelengkapnya.

7. Pastikan Kualitas Cucian

Pastikan kualitas cucian.
Pastikan kualitas cucian. Sumber: Pexels

Cara #7 yang harus kamu pastikan ketika ingin membuka usaha cuci mobil dan motor adalah memastikan kualitas cucian. Ketika seseorang membeli jasa cucimu, artinya mereka percaya bahwa kamu bisa membuat kendaraan mereka menjadi bersih. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa hasil dari cuci kendaraan di usahamu tersebut benar-benar bersih ya! Darinya, kamu bisa meningkatkan kepercayaan pembeli dan makin mendatangkan pelanggan.

8. Promosi

Buat promosi yang menarik.
Buat promosi yang menarik. Sumber: Pexels

Cara #8 yang harus kamu lakukan ketika ingin membuka usaha cuci mobil dan motor selanjutnnya adalah melakukan promosi. Kenapa harus melakukan promosi tersebut? Agar usaha cuci mobil dan motor milikmu itu semakin dikenal oleh masyarakat. Apalagi ketika di awal usahamu tersebut baru dibuka, proses promosi ini tentunya wajib banget untuk dilakukan.

9. Buka Usaha Sampingan

Buat usaha sampingan.
Buat usaha sampingan. Sumber: Pexels

Cara #9 ini harus kamu lakukan untuk meningkatkan usaha cuci mobil dan motormu tersebut. Biasanya ketika menyewa jasa cucianmu, seorang pelanggan akan menunggu proses pembersihan hingga selesai. Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu menunggu mereka dengan membuka usaha sampingan seperti bisnis jajanan atau minuman. Tentunya selama berjam-jam waktu pembersihan tersebut berlangsung, si pelanggan tidak hanya diam dan melihat saja kan? Bisa aja mereka merasa haus atau lapar. Nah, bukalah usaha sampingan tersebut!

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca Juga | 4 Tips Membangun Branding Bisnis Jasa, Maksimalkan Peluang Yang Ada!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *