Tanggal:20 May 2024

Cara Mendaftar Shopee Food Merchant

Perkembangan teknologi menawarkan berbagai kemudahan masyarakat dalam mengakses banyak hal, termasuk pemesanan makanan secara online melalui Shopee Food. Bagi pelaku usaha yang ingin menjadi bagian dari Shopee Food, maka dapat mendaftarkan diri. Pendaftaran merchant Shopee Food terbilang mudah, Anda hanya perlu mengisi sejumlah data secara online. Dilansir dari laman resmi Shopee, mendaftar sebagai merchant Shopee Food tidak dipungut biaya sepeser pun. Tapi, pendaftaran tersebut memerlukan sejumlah dokumen administrasi berdasarkan tipe usaha. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai syarat dokumen dan cara mendaftar merchant Shopee Food untuk usaha milik pribadi atau perseorangan. 

Cara Mendaftar Merchant pada Shopee

Dokumen pendaftaran Shopee Food Usaha milik pribadi adalah usaha yang dimiliki secara perseorangan dan belum pernah didaftarkan sebelumnya di Shopee Food. Beberapa dokumen yang diperlukan untuk mendaftar sebagai merchant ShopeeFood jenis usaha perorangan sebagai berikut:

  • KTP/KITAS, yang dilampirkan wajib menggunakan KTP pemilik usaha. Anda tidak dapat menggunakan dokumen pengganti KTP seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Kartu Keluarga (KK).
  • NPWPD (untuk merchant Shopee Food dan restoran dikenakan PB1). NPWP pemilik usaha bersifat opsional. Lampirkan NPWP jika memiliki tarif PB1 (khusus merchant ShopeeFood), dan jika tidak maka tak perlu melampirkannya.
  • Foto buku tabungan, dengan data rekening meliputi nama bank, nomor rekening bank, dan nama pemilik rekening untuk pencairan dana usaha.

Apabila nama pemilik usaha dan pemilik rekening berbeda, Anda diminta melampirkan keterangan bahwa data yang dimasukkan telah benar.

Setelah mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Selanjutnya kamu dapat mengikuti langkah-langkah mendaftar Shopee food berikut ini:

1. Mengisi formulir pendaftaran shopee food

Cara daftar Shopee Food yang pertama adalah mengisi formulir pendaftaran melalui link ini. Ini adalah cara awal untuk memulai pendaftaran merchant. Jangan lupa untuk memastikan bahwa lokasi merchant yang akan didaftarkan telah masuk area layanan Shopee Food di sini. Apabila lokasi merchant sudah masuk area layanan Shopee Food, maka kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

2. Tulisnama merchant, pemilik, alamat email, dan nomor telepon

Cara daftar Shopee Food selanjutnya adalah mengisikan nama merchant, nama pemilik, alamat email, dan nomor telepon. Untuk nama pemilik, tuliskan nama sesuai yang tercantum di KTP. Sedangkan untuk alamat email dan nomor ponsel, pastikan data yang kamu isikan masih aktif atau bisa dihubungi.

3. Tulis detail informasi alamat merchant

Proses cara daftar Shopee Food selanjutnya adalah mengisikan informasi tentang lokasi merchant. Namun, sebelum mengisi form alamat tersebut, kamu harus memilih sumber dari mana kamu tahu informasi halaman pendaftaran merchant Shopee Food ini. Selanjutnya, kamu bisa mulai mengisi detail informasi terkait lokasi alamat merchant. Pastikan informasi terkait alamat ini ditulis secara lengkap mulai dari nomor rumah, RT, RW, kelurahan, kecamatan, hingga provinsi.

4. Tulis informasi bentuk badan usaha dan formulir registrasi merchant

Setelah mengisikan alamat merchant, cara daftar Shopee Food selanjutnya adalah memilih jenis bentuk badan usaha dan mengisi formulir registrasi merchant yang bisa di download melalui link https://bit.ly/3il78Qw. Setelah mengisi formulir tersebut, kamu bisa pilih “Klik untuk meng-upload” dan mengunggah formulir registrasi merchant yang telah kamu isi.

5. Tulis dan upload surat perjanjian kerja sama dan lembar informasi merchant

Berikutnya, cara daftar Shopee Food adalah dengan mengisi dan mengunggah surat perjanjian kerja sama dan lembar informasi merchant. Surat perjanjian kerja sama dapat kamu download dari link https://bit.ly/3Jgcttm sedangkan untuk lembar informasi merchant bisa kamu download.

6. Unggah foto ktp pemilik

Langkah cara daftar Shopee Food berikutnya adalah dengan mengunggah foto KTP milik pihak yang tercantum di formulir registrasi merchant. Pastikan foto KTP asli tersebut diambil dengan kamera, berformat JPEG/JPG/PNG/PDF dengan ukuran maksimal 25 MB, foto jernih, tidak terpotong, dan informasi dalam KTP dapat dibaca.

7. Unggah foto halaman depan buku tabungan

Selain foto KTP, cara daftar Shopee Food selanjutnya adalah dengan mengunggah foto halaman depan buku tabungan. Pastikan foto halaman depan buku tabungan diambil dengan kamera, memiliki format JPEG/JPG/PNG/PDF dan berukuran maksimal 25 MB, selain itu pastikan juga nama pemilik buku tabungan sama dengan nama pemilik KTP yang diunggah. Jangan lupa foto halaman depan buku rekening tabungan harus memuat nama, nomor rekening, dan nama/logo bank.

 8. Unggah foto-foto menu dan merchant tampak depan

Cara daftar Shopee Food bisa dilanjutkan dengan mengunggah foto-foto menu dan merchant tampak depan. Format foto menu sama seperti foto-foto sebelumnya, yaitu dalam format JPEG/JPG/PNG dan maksimal berukuran 25 MB. Nama foto juga diganti sesuai dengan nama menu. Jangan lupa untuk cek ketentuan kebijakan menu dan konten Shopee Food

9. Centang deklarasi persetujuan merchant

Langkah pada cara daftar Shopee Food yang terakhir adalah dengan mencentang deklarasi persetujuan merchant yang menyatakan persetujuan terhadap segala syarat dan ketentuan yang telah diatur dan juga pernyataan pertanggung jawaban sepenuhnya terhadap kebenaran data yang diserahkan oleh pihak merchant kepada Shopee. Setelah mencentang bagian ini, selanjutnya kamu dapat memilih tombol kirim yang terletak pada akhir halaman.

Setelah selesai mengisi seluruh data, akan dilakukan proses verifikasi data usaha merchant. Proses verifikasi membutuhkan waktu 14 hari kerja, dan Anda dapat mengecek perkembangan pendaftaran secara berkala melalui aplikasi Shopee Partner atau alamat e-mail.

Untuk itu, pastikan alamat e-mail dan nomor handphone yang didaftarkan belum pernah digunakan di outlet lain atau sebelumnya pernah terdaftar sebagai merchant Shopee Food. Selain itu, pastikan nomor handphone yang didaftarkan tidak dalam masa tenggang atau nomor tak aktif sehingga tidak bisa digunakan untuk menerima SMS.

Apabila proses pendaftaran berhasil, klik Mulai untuk masuk ke aplikasi Shopee Partner sebagai merchant. Tapi, jika terdapat data yang tidak sesuai maka pengajuan akan ditolak

Penulis: Shelli Melita 

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok D

Vocasia – Batch #4

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *