Tanggal:19 September 2024

Cara Menghindari Kejahatan Skimming ATM

Tahukah kamu bahwa skimming adalah salah satu tindak kejahatan di dunia perbankan? Ya, aksi pembobolan bank ini sudah marak terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Para pelaku kejahatan skimming menggunakan alat khusus yang disebut skimmer untuk mendapatkan informasi pribadi pemilik kartu. Jika kartu ATM terkena skimming, saldo rekening bisa lenyap seketika.

Untuk itu, kamu patut berhati-hati jika ingin terhindar dari kejahatan yang mengerikan ini. Memangnya bagaimana sih cara menghindari kejahatan skimming atm ini? Tenang saja, Vocasia sudah merangkum beberapa tipsnya untukmu. Simak sampai akhir, ya!

Arti skimming

Dilansir dari laman resmi BCA, Skimming adalah tindakan pencurian informasi kartu baik debit maupun kredit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu. Strip magnetik kartu adalah garis lebar hitam yang terletak di bagian belakang kartu. Strip magnetik ini merupakan tempat tersimpannya informasi mengenai kartu tersebut.

Proses terjadinya skimming

Dilansir dari laman resmi BCA, proses skimming dilakukan menggunakan skimmer yang ditempelkan pada slot kartu di mesin ATM. Skimmer ini biasa dibuat menyerupai bentuk mulut slot kartu ATM sehingga sekilas terlihat sama.

Saat kartu dimasukan ke ATM dan melalui skimmer yang ditempelkan tersebut, maka skimmer akan merekam informasi dari kartu tersebut. Informasi yang direkam berupa nomor kartu, tanggal masa kadaluarsa kartu, dan nama kamu selaku pemilik kartu.

Selanjutnya, spy camera yang diletakkan pelaku secara tersembunyi akan merekam saat kamu memasukkan PIN di keyboard mesin ATM. Kemudian, pelaku bisa langsung menduplikat kartu ATM-mu menggunakan data yang telah didapatkan dari alat skimming ke kartu lain yang masih kosong. Pelaku bisa menggunakan kartu duplikat tersebut di ATM layaknya kartu ATM-mu, dengan PIN yang didapatkan melalui rekaman spy camera. Setelah itu pelaku bebas menguras saldo dan menggunakan kartu ATM kamu.

Cara menghindari skimming

atm

source: pexels

Meski bank selalu memperbarui sistem keamanan, termasuk salah satunya memasang alat anti-skimming. Namun, kamu tetap berisiko menjadi korban, lho. Pasalnya, para pelaku kejahatan mempelajari pembaruan sistem tersebut dan menemukan kelemahannya.
Untuk itu, kamu tetap perlu melakukan beberapa cara menghindari tindak kejahatan skimming ATM seperti berikut:

  • Periksa mulut slot ATM

Saat kamu hendak bertransaksi di mesin ATM, ada baiknya kamu memerika mulut slot pada mesin ATM terlebih dahulu. Hal ini semata-mata dilakukan agar terhindar dari kejahatan skimming.

Pasalnya, pelaku akan membuat tiruan slot kartu ATM ini semirip mungkin dengan versi aslinya. Kemiripan ini lah yang banyak menjebak korban. Pelaku biasanya menggunakan lem untuk memasang alat ini pada mesin ATM.

  • Tutupi tangan saat memasukan PIN

Langkah antisipasi selanjutnya yakni tutupi tanganmu ketika memasukan PIN di mesin ATM. Cara ini diperlukan untuk menjaga diri dari spy camera yang dipasang pelaku. Kamera tersebut dipasang dengan tujuan untuk mencuri PIN kamu.

Perlu diketahui, PIN merupakan jalan terakhir bagi pelaku untuk mendapatkan akses ke rekening kamu. Jadi, berhati-hatilah saat mengetik PIN di mesin ATM.

  • Ganti PIN secara berkala

Metode skimming biasanya memerlukan rekaman kode PIN ATM. Maka, ada baiknya kamu mengganti kode PIN ATM secara berkala. Penggantian PIN bisa dalam seminggu sekali, tiga hari sekali, ataupun setiap hari. Hal ini dapat mencegah kejahatan skimming meskipun kode PIN ATM sudah pernah terekam oleh pelaku melalui kamera tersembunyi.

  • Menggunakan kartu chip-based

Bank juga ikut andil dalam mempertanggung jawabkan fenomena ini. Kini, nasabah wajib mengganti kartu magnetik ke jenis kartu berbasis chip.

Karena modus skimming mengambil data dari strip magnetik kartu. Dengan menggunakan kartu berbasis chip, maka kamu akan lebih terjaga dari modus  ini. Kartu berbasis chip lebih aman karena data yang berada dalam chip terenkripsi sehingga tidak dapat dibaca saat kartu melalui skimmer.

Baca juga: Daftar Perusahaan Fintech yang Terdaftar di OJK

  • Perhatikan lokasi ATM

Pelaku skimming biasanya mengincar mesin ATM yang menetap di daerah yang sepi dan yang tidak diawasi ketat. Jadi, sebaiknya kamu bertransaksi di mesin ATM yang diawasi oleh CCTV dan berlokasi di tempat yang aman.

Itu dia pembahasan mengenai arti, proses terjadinya, dan cara menghindari kejahatan skimming. Tetap waspada, ya!

Baca juga: Dijamin OJK, 7 Aplikasi Dompet Digital Teraman

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *