Tanggal:25 May 2024

Dijamin OJK, 7 Aplikasi Dompet Digital Teraman

Dompet digital  yang dikenal dengan sebutan e-wallet merupakan alat transaksi digital yang menggunakan media elektronik berupa server based. Biasanya e-wallet berupa aplikasi yang  memerlukan sebuah internet jika kita ingin memakainya.

Di semua kalangan masyarakat Indonesia, e-wallet ini sangat meningkat perkembangannya dan semakin populer. Hal itu karena e-wallet dinilai lebih efisien, aman, dan praktis. Lalu, aplikasi e-wallet apa saja sih yang terbaik di Indonesia?

Berikut ini deretan aplikasi dompet digital terbaik dengan memiliki pengguna paling banyak. Yuk, simak informasinya!

Baca Juga | 4 Cara Top Up PayPal Dengan Mudah

7 Rekomendasi Dompet Digital Terbaik di Indonesia

Ilustrasi aplikasi e-wallet (Pixebay)

Hingga kini, lebih dari puluhan dompet digital terbaik telah disahkan oleh Bank Indonesia. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi ini telah dipantau dan dikendalikan oleh peraturan yang berlaku. Di Indonesia, ada banyak dompet digital terbaik dengan segala kelebihan. Berikut di antaranya:

Baca Juga | Mengenal Impulsive Buying, Kebiasaan Boros Yang Semakin Menjamur Di Masa Kini

1. Dana

Dana juga merupakan salah satu e-wallet yang paling banyak digunakan di Indonesia. E-wallet ini diluncurkan pada tahun 2018 dan berhasil menarik banyak pengguna. Sehingga berdasarkan beberapa informasi, ia menempati urutan ketiga di antara e-wallet lainnya yang banyak digunakan di Indonesia. Dana sendiri merupakan e-wallet yang hadir melalui kerjasama antara emtek group dan ant Financial. Selain itu, dana e-wallet ini juga dapat digunakan untuk transaksi di aplikasi merchant Bukalapak. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membayar tagihan dan melakukan pembelian di berbagai merchant, juga terkoneksi dengan ATM Bersama dan BPJS Kesehatan. Hal yang menarik dari Dana adalah bahwa aplikasi ini dikaitkan dengan kependudukan dan status sipil untuk memudahkan administrasi kependudukan.

Baca Juga | Apa Itu Venture Capital? Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Dan Contohnya Untuk Bisnis

2. Gopay

Pengguna aktif Gojek tentu sudah tidak asing lagi dengan GoPay. Merupakan layanan pembayaran berbasis aplikasi yang dibangun ke dalam aplikasi Gojek. GoPay salah satu dompet digital paling populer dan memiliki basis pengguna yang besar. Tidak hanya digunakan untuk transaksi layanan Gojek, GoPay juga dapat digunakan untuk transaksi non tunai di berbagai merchant. Dengan GoPay Anda juga bisa melakukan pembayaran pulsa maupun data, bayar tagihan seperti BPJS, PLN, WiFi, cicilan pulsa, PDAM, TV berbayar, pembayaran toko online, bahkan toko offline dan masih banyak lagi. GoPay  kerap memberikan berbagai promo dan diskon menarik kepada para penggunanya. Terlebih lagi, GoPay telah mendapatkan lisensi e-money atau uang elektronik dari Bank Indonesia.

Baca Juga | Cara Daftar Dan Verifikasi Akun Gopay Plus, Gampang Banget!

3. Sakuku

Dompet digital terbaik lainnya adalah Sakuku. Sakuku menawarkan fitur untuk pembayaran pembelian, isi ulang pulsa atau data, pembelian voucher game, dan transaksi perbankan lainnya. Aplikasi ini dikeluarkan oleh salah satu bank terbesar di Indonesia yaitu Bank Central Asia (BCA). Hanya dengan mengaktifkan fungsi Quick Response (QR),  Anda dapat langsung melakukan pembayaran di gerai Sakuku. Dengan memindai kode QR ini, Anda dapat melakukan transfer ke pengguna Sakuku lainnya secara gratis dan tanpa biaya administrasi. Banyak transaksi perbankan yang bisa dilakukan dengan Sakuku, seperti isi ulang pulsa di BCA, KlikBCA Individual dan ATM BCA, kirim uang ke rekening BCA, tarik tunai di ATM BCA, dll.

Baca juga | 4 Tips Hemat Keuangan untuk Generasi Milenial

4. OVO

OVO merupakan salah satu layanan e-wallet terpopuler di Indonesia. Tidak heran jika OVO sering memberikan promo dan cashback kepada penggunanya. Aplikasi pembayaran ini cukup sederhana, aman, dan dapat digunakan untuk semua transaksi keuangan pengguna. Selain itu, OVO kini terintegrasi dengan Grab dan aplikasi belanja online, Tokopedia, untuk membuat transaksi menjadi lebih nyaman. OVO juga telah terdaftar dan diawasi oleh OJK sebagai penyedia FinTech. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir dalam menggunakan layanan OVO.

Baca Juga | Apa Itu QRIS?

5. Jenius

Jenius merupakan produk Bank BTPN yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Menariknya, Jenius menjadi salah satu dompet digital terbaik dengan memiliki kartu fisik yang dapat membantu pengguna masuk jika mengalami masalah dengan fitur digital. Keunggulan utama Jenius di antaranya:

  • Dapat digunakan untuk transaksi internasional seperti berlangganan layanan movie streaming (Netflix, Prime Video, dll) tanpa harus memiliki kartu kredit.
  • Melakukan pembelian di Amazon atau toko online internasional lainnya.
  • Berlangganan ke ebook atau majalah. 

Baca Juga | Apa Itu Split Bill? Metode Pembayaran Yang Sering Jadi Masalah Saat Kencan Pertama, Ini Solusinya

6.LinkAja

LinkAja adalah salah satu dompet digital e-wallet terbaik di Indonesia. Dompet digital LinkAja merupakan layanan teknologi keuangan yang dikeluarkan oleh PT Fintek Karya Nusantara “Finarya”. Ia juga produk dari bank terbesar di Indonesia, Mandiri, yang menawarkan cara yang mudah dan aman untuk membayar kebutuhan sehari-hari. Aplikasi ini mencakup berbagai jenis transaksi non tunai, mulai dari pembayaran biaya transportasi hingga pembelian makanan dan minuman, isi pulsa atau data, pembayaran tagihan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga | Apa Itu Carding? Waspadai Kejahatan Penipuan, Wajib Tahu!

7.Bank Jago

Aplikasi ini memiliki keunggulan dari pendaftarannya. Kamu cukup mengunduh aplikasi Jago di Playstore jika kamu pengguna Android dan di Appstore jika kamu pengguna iOs. Selanjutnya, kamu hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit untuk verifikasi setelah mengisi data registrasi pada aplikasinya. Ketika sudah berhasil dan dihubungi pihak customer service Bank Jago, kamu sudah bisa memakai platform tersebut untuk transaksi.

Baca Juga | Daftar Perusahaan Fintech Yang Terdaftar Di OJK

Kelebihan dari Apikasi Dompet Digital

Kelebihan transaksi menggunakan e-wallet (Pixebay)

1. Mudah, cepat, dan praktis

Hal utama dari aplikasi dompet digital adalah kemudahan dan praktisnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir membawa uang tunai kemana-mana. Semua transaksi pembayaran dapat dilakukan secara online melalui smartphone dan koneksi internet untuk bisa mengakses aplikasi.

Baca Juga | Apa Saja Alat Pembayaran Non Tunai?

2. Lebih aman

Sebagian orang masih ragu untuk menggunakan aplikasi ini karena belum yakin dengan keamanannya. Padahal banyak aplikasi yang telah resmi terdaftar di OJK yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih, seperti kode PIN, kunci wajah, dan sidik Jari. Jika mengalami kendala, Anda dapat segera melaporkannya ke OJK dan Bank Indonesia.

Baca Juga | Cara Membaca Laporan Keuangan Dengan Mudah Dan Benar

3. Banyak promo

Hampir semua aplikasi e-wallet selalu memberikan promo berupa diskon bahkan cashback. Bahkan, ada yang memberikan promo spesial setiap harinya. Jadi, bisa dibilang dengan aplikasi ini kamu juga bisa lebih hemat karena bisa memanfaatkan promo saat berbelanja.

Nah, itu dia informasinya. Dari 7 aplikasi e-wallet di atas, mana yang menurut Anda layak digunakan? Jangan lupa digunakan dengan bijak, ya. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel lainnya dari Vocasia!

Baca Juga | 7 Cara Promosi Makanan Di WA Agar Cepat Dilirik Pembeli

Kursus membuat Aplikasi website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *