Tanggal:23 July 2024
Cara Mengurus Buku Tabungan yang Hilang

Syarat, Biaya, dan Cara Mengurus Buku Tabungan yang Hilang bagi Nasabah

Pengertian

Buku tabungan atau buku deposito adalah dokumen penting untuk melacak transaksi keuangan seseorang di bank. Meskipun sebagian besar bank telah beralih ke layanan perbankan online dan mobile banking, buku tabungan tetap menjadi dokumen penting yang harus dijaga dengan baik oleh nasabah. Namun, kadang-kadang buku tabungan bisa hilang karena berbagai alasan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang buku tabungan hilang, alasan mengapa buku tabungan bisa hilang, dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk menyelesaikan masalah ini.

Mengapa Buku Tabungan bisa Hilang?

Buku tabungan bisa hilang karena berbagai alasan, mulai dari yang paling umum hingga yang jarang terjadi. Beberapa alasan mengapa buku tabungan bisa hilang antara lain:

1. Kehilangan

Kehilangan adalah salah satu alasan utama mengapa buku tabungan bisa hilang. Ini bisa terjadi ketika seseorang kehilangan buku tabungan di rumah, tempat kerja, atau di tempat umum. Ada juga kemungkinan bahwa buku tabungan bisa hilang saat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

2. Dicuri

Buku tabungan juga bisa hilang karena pencurian. Ini terjadi ketika seseorang mencuri buku tabungan dari nasabah.

3. Kerusakan

Kerusakan bisa menjadi alasan lain mengapa buku tabungan bisa hilang. Ini bisa terjadi ketika buku tabungan terkena air atau terjatuh dari tempat yang tinggi.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Buku Tabungan Hilang?

Jika buku tabungan Anda hilang, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menyelesaikan masalah ini. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan :

1. Laporkan ke Bank

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika buku tabungan hilang adalah melaporkannya ke bank secepat mungkin. Laporkan kehilangan buku tabungan ke kantor cabang bank tempat Anda membuka rekening dan beri tahu petugas bank bahwa buku tabungan Anda hilang. Bank akan mencatat laporan kehilangan dan memblokir buku tabungan Anda untuk mencegah penyalahgunaan.

2. Buat Laporan Polisi

Selanjutnya, Anda harus membuat laporan polisi tentang kehilangan buku tabungan. Ini penting untuk melindungi Anda dari kemungkinan penyalahgunaan rekening bank Anda oleh orang yang menemukan buku tabungan Anda. Pastikan untuk membawa bukti identitas saat membuat laporan polisi.

3. Ganti Buku Tabungan

Setelah melaporkan kehilangan buku tabungan ke bank dan membuat laporan polisi, Anda perlu mengganti buku tabungan yang hilang. Untuk mengganti buku tabungan yang hilang, Anda perlu mengajukan permohonan penggantian buku tabungan ke kantor cabang bank tempat Anda membuka rekening.

Setelah permohonan Anda diproses, bank akan memberikan buku tabungan baru. Pastikan untuk memeriksa apakah semua transaksi terakhir yang ada di buku tabungan lama telah dipindahkan ke buku tabungan baru.

Biaya Ganti Buku Tabungan 

Berikut ada beberapa rincian biaya ganti buku tabungan yang dapat berubah sesuai kebijakan bank yaitu : 

  1. Bank Central Asia (BCA) sebesar Rp 5.000. 
  2. Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebesar Rp 25.000. 
  3. Bank Mandiri sebesar Rp 15.000. 
  4. Bank Negara Indonesia (BNI) sebesar Rp 15.000. 
  5. Bank Bukopin sebesar Rp 20.000. 
  6. Bank CIMB Niaga sebesar Rp 25.000. 
  7. Bank Tabungan Negara (BTN) sebesar Rp 15.000. 
  8. Bank Danamon Indonesia sebesar Rp 15.000.

Syarat mengurus buku tabungan hilang

Perlu diingat bahwa proses pengurusan buku tabungan yang hilang biasanya melalui kantor cabang di mana nasabah membuka rekening.

Namun, sebelum ke bank yang dituju, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi untuk mengurus buku rekening yang hilang. Berikut beberapa berkas yang menjadi syarat mengurus buku rekening yang hilang.

  • Surat kehilangan
  • KTP/SIM atau paspor
  • Kartu ATM/debit

Untuk poin pertama, surat kehilangan harus dibuat di kepolisian di lokasi kamu kehilangan buku tabungan tersebut. 

Prosedur ganti buku tabungan hilang di setiap bank

Setiap bank punya ketentuan mengenai berbeda mengenai cara mengurus buku tabungan yang hilang. Berikut ini panduan ganti buku tabungan di masing-masing bank.

1. Cara mengurus buku tabungan BRI yang hilang

Jika buku tabungan BRI hilang, langkah pertama adalah menyiapkan berkas yang harus dibawa ke Bank BRI terdekat. Hampir sama dengan berkas yang perlu disiapkan sebelumnya, yaitu:

  • KTP/SIM/Paspor
  • Kartu ATM
  • Surat Kehilangan

Jika di ATM kamu tidak ada saldo, siapkanlah beberapa uang cash untuk membayar biaya ganti kartu. Harganya pun bervariasi, bahkan ada yang gratis. Harga termurah mulai dari Simpedes sebesar Rp 25.000 dan Rp 50.000 untuk BritAma.

2. Cara mengurus buku tabungan BCA hilang

Penggantian buku rekening BCA yang hilang dapat dilakukan di kantor cabang dengan membawa syarat-syarat berikut ini.

  • Identitas diri berupa KTP.
  • Kartu ATM.
  • Uang Rp5.000 sebagai biaya penggantian buku rekening.

3. Cara mengurus buku tabungan BNI hilang

Bagi kamu nasabah BNI yang juga kehilangan buku tabungan, mengurus buku jenis tabungan BNI yang hilang terbilang mudah. Kamu harus mempersiapkan berkas, yaitu:

  • KTP/SIM/Paspor.
  • Kartu ATM BNI.
  • Mengingat nomor rekening buku tabungan BNI.
  • Surat kehilangan di kepolisian terdekat.

Prosesnya sangat mudah, hanya butuh 15 – 20 menit kamu sudah bisa memperoleh buku tabungan baru. Khusus penggantian buku rekening baru, biasanya dikenakan biaya Rp 15.000 atau bahkan gratis.

4. Cara mengurus buku tabungan Mandiri hilang

Lakukan pengurusan buku rekening Bank Mandiri yang hilang di kantor cabang terdekat dengan mempersiapkan syarat-syarat berikut ini.

  • KTP.
  • Kartu ATM Mandiri.
  • Nomor handphone.
  • Surat kehilangan dari kepolisian
  • Biaya penanganan.

Cara di atas bisa digunakan untuk kehilangan jenis tabungan Mandiri apapun. Di kantor cabang Mandiri nasabah nantinya diminta mengambil nomor antrean.
Begitu dipanggil, sampaikan maksud pengurusan buku rekening Bank Mandiri baru ke customer service.

Penulis: Amie Dwi Ramadhanti (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *