Tanggal:04 July 2024

Sukses UTBK 2022! Ini Dia 6 Tips Efektif Menjawab Soal TPS UTBK

TPS memiliki singkatan Tes Potensi Skolastik yang merupakan salah satu komponen yang diujikan dalam tes UTBK-SBMPTN 2022. Melansir dari laman LTMPT, TPS adalah jenis tes untuk mengukur kemampuan kognitif sebagai keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Beberapa kategori soal yang diujikan dalam tes TPS terdiri atas Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan, Pengetahuan Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif. 

Kursus online IELTS Vocasia

Baca Juga: Apa itu brand equity

Cara Menjawab Soal TPS UTBK

Cara Menjawab TPS UTBK. Sumber: pexels.com

Bagi kamu yang akan berlomba-lomba untuk merebutkan kursi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impianmu, kamu harus berusaha lebih keras untuk meraih skor UTBK yang tinggi. Ketatnya persaingan di SBMPTN membuat kamu harus memaksimalkan nilai di setiap komponen tes yang diujikan. Salah satunya adalah Tes Potensi Skolastik. Artikel ini akan membahas 6 tips menjawab soal TPS UTBK yang harus kamu dipersiapkan, kira-kira apa saja ya?

1. Cermat Membaca Soal

Dalam menjawab soal TPS, penting bagi kamu untuk cermat dalam membaca soal. Hal ini karena dalam TPS banyak mengandung informasi di dalam soal maupun informasi yang tertera, sehingga kamu harus menyesuaikan keduanya. Misalnya pada jenis soal pemahaman bacaan yang hanya menanyakan informasi pada bagian atau paragraf tertentu. Pada soal tersebut, bacaan paragraf yang tertera terdiri dari 8 paragraf, kira-kira butuh waktu lama bukan untuk membacanya? Padahal jika kamu cermat membaca informasi-informasi yang tertera dengan cepat, ternyata jawaban yang tepat terletak di salah satu paragraf saja.

2. Sering Menggunakan KBBI dan PUEBI Saat Belajar

Pertanyaan semacam “Kata menganalisa para paragraf ke-4 dapat diganti dengan…” akan kamu hadapi dalam TPS. Salah satu jenis soal pemahaman bacaan akan banyak menguji pengetahuan kamu tentang penguasaan bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, KBBI (Kamus Besar Bahasa Indoesia) dan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) setidaknya harus siap digunakan saat kamu dalam proses belajar. Kamu bisa menggunakan KBBI dan PUEBI dalam smartphone kamu secara mudah. Belajar melalui KBBI dan PUEBI ini akan memperkaya kosakata dan pengetahuan kamu lebih lanjut tentang bahasa. 

3. Latihan Soal UTBK Tahun Lalu

Pola pertanyaan saat ujian umumnya tidak jauh berbeda setiap tahunnya. Begitu pun dengan soal TPS yang terdapat dalam UTBK. Jadi, kamu bisa mengukur tingkat penguasaan materi dengan mengerjakan soal-soal UTBK tahun sebelumnya. Pelajari dan cari lebih lanjut soal UTBK SBMPTN tahun sebelumnya untuk bahan kamu berlatih selama proses belajar. Selain itu, melakukan latihan soal UTBK tahun sebelumnya akan mengukur sejauh mana kesiapan diri kamu dalam menghadapi tes UTBK 2022.

4. Rajin Mengulas Materi

Setelah berlatih soal, kamu bisa mengetahui sejauh materi yang telah kamu kuasai. Ketahui bentuk pertanyaan yang sulit kamu jawab dan materi yang belum kamu kuasai. Setelah itu, tinjau ulang soal-soal dan materi apa saja yang perlu dipelajari lebih dalam lagi. Mungkin saat memulai soal dan materi yang sulit dipelajari, kamu mengalami kesulitan dan enggan untuk menguasainya. 

Langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencatat materi yang harus dikuasai dalam bentuk catatan tahapan secara rinci. Misalnya, kamu bisa mencantumkan materi apa yang sulit, contoh pertanyaan yang sulit, cara apa yang akan kamu lakukan untuk memperdalam materi tersebut, dan target menyelesaikan pendalaman materi. Jika sudah terencana dengan baik, segera mulai agar targetmu tercapai. Cara tersebut akan membuat kamu semakin mudah dalam melakukan kegiatan belajar dengan tersusun tahap demi tahap.

5. Gunakan Teknik Membaca yang Benar

Teknik membaca adalah salah satu hal yang terpenting ketika kamu menjawab TPS dan tes-tes lainnya. Kamu dapat mempelajari teknik skimming yang digunakan untuk menemukan gagasan atau inti utama pada bacaan secara keseluruhan. Teknik ini ampuh untuk membantu kamu dalam menjawab deretan soal TPS seperti “Apakah gagasan utama pada teks tersebut?”. Dengan menggunakan teknik skimming, kamu mampu mendapatkan gambaran dari isi bacaan meskipun tidak membaca seluruhnya. 

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan teknik lain yang dinamakan teknik scanning dengan tujuan untuk menemukan informasi yang lebih spesifik dari sebuah bacaan yang panjang. Teknik ini bisa digunakan ketika kamu akan menjawab pertanyaan seperti “Berdasarkan teks di atas, siapakah yang melakukan pekerjaan bersih-bersih?”. Teknik scanning akan membantu kamu untuk mencari kata kunci yang telah ada dalam teks dan menemukan jawaban yang tepat, tanpa perlu membaca keseluruhan teks.

6. Evaluasi Kelemahan

Setelah kamu mempelajari dan memperdalam materi pemahaman bahan bacaan UTBK, kamu bisa melakukan evaluasi kesiapan diri dengan mengerjakan latihan soal lainnya. Gali seluruh soal TPS dalam UTBK tahun sebelumnya. Pastikan kamu tidak melewatkan pola soal TPS, karena ini bukan hanya mempersiapkan kamu dalam UTBK, tetapi pengetahuan dan wawasan kamu juga turut bertambah. Bersungguh-sungguh ketika mempelajari segala materi, sehingga hasil evaluasi akan menujukkan kamu kemajuan yang signifikan dari sebelumnya.

Baca Juga: Cara budidaya jahe merah dalam polybag

Itu dia 6 tips efektif menjawab soal TPS yang akan kamu temui dalam UTBK 2022. Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu dapat klik tautan berikut. Ada banyak berbagai tips dan trik yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, lho! 

Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya! Ingin mantapkan skill dan pengetahuan lainnya? Vocasia sebagai salah satu online course terbaik juga menyediakan berbagai pembelajaran secara gratis untuk kamu yang ingin terus berkembang dengan mengakses tautan berikut.

Baca Juga: Cara meningkatkan traffic website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *