Tanggal:22 June 2024

12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing yang Praktis dan Mudah Kamu Gunakan

Memiliki kemampuan berbahasa asing merupakan hal yang banyak diimpikan oleh semua orang. Bukan sekadar menambah pengetahuan, menguasai bahasa asing juga bisa membuat kamu memiliki keterampilan lebih yang ditunjukkan sehingga lebih unggul dalam segala hal pekerjaan.

Tidak heran jika banyak lembaga-lembaga yang menyediakan kursus bahasa, sehingga banyak orang yang rela menghabiskan uangnya untuk pergi ke tempat les dan meluangkan waktunya untuk belajar bahasa asing. Namun, apakah hanya orang-orang yang memiliki banyak uang saja yang bisa menguasai bahasa asing?

Tidak dong! Kini banyak aplikasi belajar bahasa asing yang dihadirkan dan dapat kamu unduh secara gratis baik dengan sistem operasi apapun. Mau tahu daftar aplikasi belajar bahasa? Simak penjelasannya di bawah ini! 

Baca Juga:

Rekomendasi Aplikasi untuk Belajar Bahasa

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa. Sumber: pexels.com

Era 4.0 yang serba digital memungkinkan sekali terjadinya komunikasi antar negara menggunakan bahasa asing. Penguasaan bahasa asing penting bagi kamu untuk menambah nilai plus dalam berkomunikasi khususnya pada dunia kerja. 

Berbicara bahasa asing, kita tidak hanya berbicara mengenai bahasa Inggris, ya. Sudah banyak negara-negara maju yang memungkinkan kita berkeinginan pergi atau menetap di sana. Jika sudah seperti itu, yang perlu kamu lakukan adalah mulai untuk belajar bahasa asing sesuai keinginan kamu!

Untuk belajar bahasa asing ketahui metode dan dimana kamu akan belajar. Jika kamu mau mengikuti kursus dengan jaminan yang besar, kamu perlu menyiapkan uang yang tidak kecil. Untuk meminimalisasi hal tersebut, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa situs dan aplikasi belajar bahasa yang praktis dan mudah kamu gunakan.

Soal harga kamu tidak perlu khawatir karena sudah banyak aplikasi gratis untuk belajar bahasa. Kamu mungkin perlu merogoh kocek sedikit jika ingin berlangganan. Daftar 12 aplikasi belajar bahasa terbaik ini bisa diunduh, lho! Sudah pernah punya?

Baca Juga:

1. Busuu

Aplikasi sebesar 16 MB bernama Busuu dapat membantu kamu untuk belajar sekaligus mendapat teman baru. Fitur tersebut disediakan agar kamu terhubung dengan teman di negara lain yang juga sedang belajar bahasa. Kamu bisa menggunakan pesan teks, pesan suara, maupun video. 

Busuu juga memiliki fitur tes penempatan, yang menilai tingkat kesulitan bagi penggunanya, juga terdapat latihan aksen, kursus lengkap, tata bahasa, belajar offline, hingga mendapat sertifikasi. Beberapa bahasa yang dapat kamu pelajari dalam Busuu antara lain bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Perancis, Jepang, Portugis, Italia, Rusia, Mkamurin, Turki, Arab, Polandia. 

Baca Juga : 10+ Rekomendasi Lagu Untuk Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

2. Mondly

Mondly yang diproduksi oleh Ati Studios dapat diunduh dengan kapasitas memori 37 MB saja. Aplikasi ini digunakan pengguna dengan cara mendengarkan beberapa percakapan dan pembicaraan tentang kegiatan sehari-hari dari penutur bahasa aslinya. 

Mondly telah menyediakan sebanyak 30 bahasa asing untuk kamu pelajari. Fitur Speech Recognition yang tersedia dapat mengetahui seberapa tepat logat, intonasi, dan pengucapanmu dalam suatu bahasa. Metode belajar yang disediakan terbagi atas beberapa sesi dan disesuaikan oleh kemampuan serta kecepatan belajar.

Jika dalam belajar bahasa kamu kesulitan untuk menghafal banyak kosakata, Mondly akan mengenalkan kamu dengan kata dan frasa utama dalam bahasa asing yang tengah kamu pelajari. 

Baca Juga : Deretan Singkatan Dalam Bahasa Inggris Terpopuler

3. Duolingo

Duolingo berkapasitas sebesar 16 MB dapat membantu para penggunanya dalam mempelajari kosakata yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari pada bahasa tertentu yang ingin dipelajari.

Duolingo menyediakan 20 bahasa yang dapat kamu pelajari secara menyeluruh yaitu materi bicara, menulis, mendengarkan, dan membaca. Aplikasi ini didesain dengan mudah dan menyenangkan. Dalam pembelajarannya kamu bisa mengajak teman, sahabat, dan keluarga untuk membentuk grup dan melakukan kompetisi seru.

Duolingo menjadi aplikasi belajar bahasa asing pertama dan telah menembus angka lebih dari 100 juta kali unduhan. Oleh sebab itu, aplikasi Duolingo telah meraih penghargaan sebagai Aplikasi Terbaik tahun 2013.

Baca Juga : 4 Hal Mengapa Belajar Bahasa Inggris Cukup Di Duolingo!

4. Rosetta Stone

Aplikasi Rosetta Stone dapat kamu unduh di Google Play Store dengan kapasitas 57 MB. Aplikasi ini menyediakan 22 bahasa asing untuk dipelajari antara lain Spanish (Latin American or Spain), French, German, Italian, English (American or British), Japanese, Korean, Chinese, Arabic, Persian (Farsi), Polish, Swedia, Turki, Portuguese (Brazil), Russian, Dutch, Filipino (Tagalog), Greek, Hebrew, Hindi, Irish, dan Vietnam

Penggunaan aplikasi ini dapat kamu lakukan dengan memilih beberapa unit materi yang ingin dipelajari, mulai dari language basics, greetings and introductions, word and school, hingga shopping. 

Baca Juga : Daftar Kumpulan Kata Slang Bahasa Inggris Yang Populer Digunakan!

5. Memrise

Aplikasi Memrise pertama kali dirilis pada tahun 2013hanya dapat di-install melalui Google Play Store hanya dengan 20 MB saja. Seiring perkembangannya, aplikasi ini pernah meraih penghargaan Google Play I/O untuk Aplikasi Terbaik pada tahun 2017!

Seperti kebanyakan aplikasi belajar bahasa asing lainnya, kamu dapat mempelajari bahasa dari penutur aslinya! Bahasa asing yang dapat dipelajari cukup beragam dan tidak hanya bahasa Inggris. Beberapa bahasa asing yang tersedia mencakup bahasa Spanyol, Perancis, Jepang, Italia, Jerman, Korea, Arab, Rusia, Mandarin, Portugis, Dansk, Swensk, Polski, Norsk, Turki, Belanda, Islan, dan Mongol.

Belajar di memrise, kamu akan disuguhkan pembelajaran yang seru melalui permainan (game) yang mengasyikkan. Adanya fitur progress dan reminder yang berguna untuk proses pembelajaran kamu secara berkala. Salah satu yang membedakan Memrise dengan aplikasi lain adalah metode ilmiah di balik yang mempercepat proses belajar dan membantumu mengingat kosakata baru.

Aplikasi ini juga menyediakan pembelajaran bahasa asing dengan menonton klip video yang menyenangkan, melihat orang lokal di destinasi impian, dan main game-game sejenis kuis agar proses belajar lebih menyenangkan, tertarik?

Baca Juga : 250 Kumpulan Persamaan Kata Atau Synonym Dalam Bahasa Inggris

6. Babbel

Babbel menyediakan pembelajaran 14 bahasa asing dan aplikasinya diunduh sesuai dengan bahasa yang ingin kamu pelajari agar lebih terfokus. Ukurannya kurang lebih 20 MB untuk berhasil mengunduh setiap aplikasinya.

Aplikasi Babbel menggunakan sistem level dalam pembelajarannya, sehingga kamu tidak perlu khawatir apabila masih dalam tingkatan rendah. Dengan gaya pembelajaran seperti games, membuat penggunanya bersemangat belajar bahasa agar dapat menaikkan levelnya.

Baca Juga : 9 Cara Agar Bisa Bahasa Inggris Secara Otodidak

7. HiNative

Aplikasi hasil karya lang-8, HiNative dibuat sebagai aplikasi pembelajaran bahasa menggunakan sistem tanya jawab dengan penutur bahasa asli. Apabila ini juga dilengkapi dengan audio bahasa yang dapat diunduh untuk mempelajari aksen bahasa.

Bagi kamu yang terbiasa secara visual, pertanyaan yang diajukan bisa menggunakan gambar dan selain belajar bahasa, dalam aplikasi ini juga bisa meminta saran dan rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi ketika kamu sedang melakukan perjalanan atau sebuah wisata. Sudah terbayang asyiknya bukan?

Baca Juga : 7 Rekomendasi Situs Web Kursus Bahasa Korea Agar Cepat Fasih!

8. LingoDeer

Pengguna LingoDeer dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dengan cepat. Hal ini karena pembelajarannya dilakukan secara bertahap, dimulai dari cara pengucapan kata, tata bahasa perubahan waktu, sehingga dengan belajar bahasa asing di LingoDeer akan terasa mudah, menyenangkan, sederhana, dan bikin ketagihan. 

Baca Juga : Cara Cepat Belajar Bahasa Korea Bagi Pemula

9. Drops

Jika kamu inginkan belajar bahasa asing yang dirancang dengan metode permainan tanpa harus menegangkan dan tanpa metode hafalan yang membosankan, aplikasi Drops cocok untuk kamu! Menggunakan aplikasi kamu akan terhindar dari “kebosanan” saat belajar bahasa asing.

Kosakata yang bermanfaat akan ditanamkan ke memori otakmu melalui ilustrasi minimalis yang keren dan cepat seperti game-mikro. Hanya butuh waktu 5 menit sehari untuk kamu belajar, lho! 

Baca Juga : 75 Kosakata Bahasa Korea Sehari-Hari Dan Artinya

10. Beelinguapp

Belajar bahasa asing dengan Beelinguapp adalah aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengasah kemampuan kamu dalm membaca dan mendengarkan cerita dalam berbagai bahasa secara berdampingan. Agar cepat memahami dan mendalami bahasa asing dengan lebih cepat dan maksimal, dalam aplikasi ini kamu dapat membaca teks dan mendengarkan audio. 

Baca Juga : Trik Cepat Belajar Abjad Korea (Hangeul) Bagi Pemula

11. Learn 50 Languages

Pembelajaran dalam aplikasi Learn 50 Languages antara lain berbicara kalimat pendek dengan fasih dalam situasi dunia nyata dengan waktu yang singkat.

Seperti namanya, terdapat 50 bahasa dan sekitar 3000 kombinasi bahasa pada aplikasi ini yang dapat kamu pelajari. Kombinasi bahasa yang dimaksud misalnya Jerman ke Inggris, Bahasa Inggris ke Bahasa Spanyol, Bahasa Spanyol ke Bahasa Cina, dan sebagainya.

Aplikasi ini akan membantu kamu belajar bahasa asing saat berjumpa pada berbagai situasi seperti percakapan di hotel atau restoran, saat liburan, perkenalan, belanja, di rumah sakit, bank, dan sebagainya.

Baca juga : Mengenal 3 Huruf Jepang Dan Fungsinya, Yuk Pelajari!

12. Speekoo

Speekoo adalah aplikasi belajar bahasa terakhir yang dapat didownload secara gratis. Perbedaan Speekoo dengan aplikasi lain menurut deskripsinya adalah mencoba membuat para pengguna untuk mampu belajar 10 kali lebih cepat, intuitif dan memotivasi. Speekoo tersedia dalam 6 bahasa yaitu, Prancis, Spanyol, Italia, Jerman, Cina, dan Jepang. 

Baca Juga:

Itu dia 12 aplikasi belajar bahasa asing yang dapat kamu unduh dalam smartphone dengan praktis dan mudah. Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu dapat klik tautan berikut. Ada banyak berbagai tips dan trik yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, lho! 

Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya! 

Ingin mantapkan skill dan pengetahuan lainnya? Vocasia sebagai salah satu online course terbaik juga menyediakan berbagai pembelajaran secara gratis untuk kamu yang ingin terus berkembang. Segera temukan pembelajaran bahasa asing dengan mengakses tautan berikut.

Kursus desain website HTML CSS
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *