Tanggal:15 May 2024

9 Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website Bisnis Anda

Cara meningkatkan traffic website (pixabay.com/tumisu)

Apa itu traffic?

Baca Juga | Mau Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website? Ikuti 7 Panduan Berikut Ini!

pengertian traffic adalah jumlah orang yang mengunjungi sebuah website, halaman yang  mereka lihat, dan durasi saat pengunjung melihat atau membaca halaman-halaman tersebut. Setiap website butuh traffic. Seberapa pun bagusnya website Anda, jika pengunjungnya sedikit, website dan bisnis Anda mungkin tidak bisa bertahan. Pada dasarnya, website Anda akan hanya bertahan jika ada traffic flow yang stabil.

Baca Juga | 8 Manfaat Website untuk Meningkatkan Bisnis Online Kamu

Ada dua jenis traffic yang perlu Anda ketahui, yaitu traffic organik dan berbayar. Traffic organik adalah investasi jangka panjang. Mendapatkan peringkat di halaman pertama mesin pencari adalah kompetisi yang sulit. Anda mungkin tidak melihat hasil yang signifikan selama berbulan-bulan, terutama jika niche situs Anda adalah industri yang ramai. Sedangkan, Jika ingin melihat hasil langsung, Anda dapat memanfaatkan traffic berbayar. Anda dapat mengaturnya dalam beberapa menit dan menerima traffic di hari yang sama.

Cara Meningkatkan Traffic Website Anda

Tips meningkatkan traffic website (pexels.com/George Morina)

Tips meningkatkan traffic website (pexels.com/George Morina)

1. Optimasi SEO

Baca Juga | 7 Tips Optimasi SEO WordPress Agar Jumlah Pengunjung Meningkat

Cara sederhana untuk mengoptimalkan website Anda adalah dengan melakukan riset kata kunci untuk konten Anda. Anda akan tahu apakah ada banyak orang yang mencari kata kunci tertentu dan seberapa tinggi persaingannya. Dengan begitu, Anda dapat menentukan kata kunci mana yang ingin Anda gunakan yang dapat peringkat baik di mesin pencari. SEO yang digunakan dengan baik akan meningkatkan peringkat website Anda lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP) dan mengarahkan traffic ke website Anda. Saat membuat konten untuk website Anda, pastikan untuk fokus pada on-page SEO terlebih dahulu.

2. Menggunakan keyword yang unik dan orisinal

Baca Juga | Pengertian Keyword, Jenis – Jenisnya, dan Tips Lengkap

Lakukan repetisi keyword yang disebarkan secara merata pada artikel. Biasanya, pada tulisan sepanjang 500 kata, keyword diulang sebanyak 4 hingga 8 kali. Jangan terlalu sedikit, namun juga jangan terlalu banyak. Artikel yang terlalu banyak pengulangan kata kunci, apalagi disebar di dalam artikel secara sembarangan, akan membuat artikel tidak nyaman dibaca, sekaligus bisa dianggap Google sebagai tindakan spamming.

Baca Juga | Bahaya Keyword Stuffing Dalam SEO dan Cara Menghindarinya

Hindarilah artikel yang berisi berita sensasional, gosip, hoax atau bentuk penulisan artikel lain yang hanya mengejar jumlah page view. Lebih baik menulis dengan tema lain yang informatif dan bermanfaat. Pembaca setia akan datang sendiri kok jika memang konten yang Anda buat bagus.

3. Melakukan kampanye email marketing

Selain mengotimasi SEO, anda juga perlu menggunakan newsletter dan promosi reguler melalui email untuk menarik pelanggan anda. Untuk memulai kampanye email marketing, Anda perlu menggunakan layanan email marketing seperti MailChimp dan Constant Contact. Anda dapat mencoba versi gratisnya untuk memulai dan kemudian memutakhirkan ke paket premium saat situs Anda tumbuh. Jangan melakukan tindak spamming kepada pelanggan karna ini pasti akan mengganggu kirimlah pesan seminimal mungkin dengan berisikan informasi terkait pembaruan situs anda.

4. Tingkatkan kecepatan loading website

Baca Juga | 6 Cara Mengoptimalkan Website

meningkatkan kecepatan website dan blog adalah sebuah kewajiban. Pengunjung website dan blog tidak sabar menunggu halaman loading. jika loading website Anda lebih dari 3 detik, kemungkinan untuk ditinggalkan pengunjung lebih besar yang mengakibatkan bounce rate tinggi. bounce rate tinggi bisa menurunkan ranking website atau blog Anda di hasil pencarian.

5. Manfaatkan internal link

Baca Juga | Ingin menjadi seorang Manajer? Kenali dahulu Tugas dan Kewajiban menjadi seorang Manajer

Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain di satu website yang sama. Internal link membantu mesin pencari untuk memahami konteks dan hubungan antar halaman di website Anda. Melalui internal link, mesin pencari juga akan mengetahui mana halaman yang paling penting di website Anda.

6. Menggunakan video dan gambar pada artikel

Menambahkan infografik atau ilustrasi menarik belum cukup efektif untuk membantu pembaca blog bertahan lebih lama, Anda bisa menambahkan video. Video merupakan cara paling efektif untuk membuat pengunjung website betah membaca artikel panjang Anda.

7. Menggunakan judul yang menarik

Baca Juga | Content Writer vs Copywriter! Apa Aja Sih Perbedaanya?

Judul adalah elemen artikel yang dilihat pertama kali oleh orang di hasil pencarian. Anda harus membuat judul artikel yang menarik agar dilirik oleh para pencari di Google. Banyak metode menulis judul yang bisa Anda terapkan. Pertama, gunakan angka dan list. Orang-orang sangat menyukai judul dengan angka dan listicle.

8. Perbaharuilah konten lama

Baca Juga | 6 Cara Membuat Konten Yang Menarik Di Sosmed

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi konten. Evaluasi konten ini penting untuk mengetahui performa setiap konten yang sudah Anda terbitkan. Melalui evaluasi konten, Anda akan menemukan konten-konten yang belum menghasilkan trafik website secara signifikan. Untuk melakukan evaluasi konten dan menentukan konten mana saja yang perlu diperbaiki, Anda memerlukan bantuan Google Search Console. Dengan Google Search Console Anda bisa mengetahui di kata kunci apa saja yang tersaring di setiap halaman website Anda.

9. Tambahkan share media sosial

Baca Juga | Pengertian Sosial Media Marketing Beserta 5 Manfaatnya

Media sosial adalah tool yang ampuh untuk mengarahkan traffic ke website Anda. Jika Anda menggunakannya dengan bijak dan efektif, pengunjung segera datang membanjiri situs Anda. Selalu pastikan bahwa konten Anda mudah dibagikan. Orang suka berbagi posting menarik yang mereka temukan di internet ke teman dan juga keluarga. Jangan lewatkan kesempatan ini dan sematkan tool social sharing di posting blog Anda. Anda adalah orang yang perlu aktif dan menjangkau audiens baru. Setiap kali Anda mengunggah konten baru, bagikan konten tersebut ke berbagai jejaring sosial. Anda tidak dikenakan biaya apa pun dan secara signifikan dapat meningkatkan traffic ke website Anda.

Itulah beberapa cara meningkatkan traffic website Anda. Sebelum melakukan teknik – teknik SEO pastikan kamu juga membuat konten yang berkualitas dan informatif sehingga dapat meningkatkan traffic website anda.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

One Comment

  1. yayat s Reply

    teknik teknik seo ini memang sangat terlihat mudah tapi dalam kenyataanya butuh kesabaran dan ketekunan agar hasil maksimal sehingga website kita mempunya traffic tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *