Tanggal:08 September 2024

Cerita (Andre Apriyana) Peserta Studi Independen Batch 5 di Vocasia

Saat ini keberadaan program kampus merdeka dari pemerintah memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan mahasiswa. Salah satu kegiatan dari program kampus merdeka, yaitu program studi independen membuat mahasiswa memiliki kesempatan emas untuk mengembangkan minat dan potensi diri mereka secara optimal sesuai dengan tuntutan industri. Vocasia sebagai perusahaan edutech di Indonesia turut ikut dalam program ini. Vocasia menyediakan 3 kelas yaitu Front End Developer, Back End Developer, dan Fullstack Developer.

Dalam artikel ini, Minvo akan menjelaskan mengenai program Studi Independen Kampus Merdeka di Vocasia, dimulai dari apa itu program Studi Independen, tujuan program Studi Independen hingga, manfaat nya.

Baca Juga: Testimoni Achmad Refikasa, Peserta Studi Independen Batch 4 Di Vocasia

Program Studi Independen Kampus Merdeka

Program Studi Independen Kampus Merdeka merupakan salah satu program kampus merdeka yang tujuannya untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa sesuai dengan kebutuhan industri. Pada program ini mahasiswa dibimbing oleh para ahli di bidangnya. Walaupun program ini dilaksanakan di luar kampus, mahasiswa tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan dan berhak mendapatkan konversi minimal 20 SKS.

Tujuan Program Studi Independen Kampus Merdeka

1. Pengembangan Kreativitas dan Minat Pribadi

Program studi independen dirancang untuk memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di luar program studi. Melalui program ini mahasiswa dapat mengasah kreativitas mereka dan mengejar topik yang mereka minati.

2. Pengembangan Karakter dan Soft Skills

Program ini menekankan pada pengembangan karakter dan soft skills. Mahasiswa belajar secara mandiri dan juga tim, berkomunikasi secara efektif, dan mengerjakan project akhir sebagai syarat lulus.

3. Penguatan Kemampuan Mandiri

Pada program ini mahasiswa dituntut untuk mengelola waktu dan sumber daya secara mandiri. Mereka belajar merencanakan, menjalankan, dan mengevaluasi proyek mereka sendiri. Kemampuan ini bukan hanya relevan dalam dunia akademis, tetapi juga dalam karir dan kehidupan sehari-hari. Program ini membekali mahasiswa dengan keterampilan kepemimpinan, pengambilan keputusan, dan inisiatif yang kuat.

Baca Juga: Testimoni (Balebat Dwi.A, Elsa Novia.R),Peserta Studi Independen Batch 4 Di Vocasia

Studi Independen Batch 5 di Vocasia

Vocasia merupakan perusahaan edutech di Indonesia yang berfokus menyediakan berbagai bentuk pelatihan dalam bentuk daring seperti online course, masterclass, bootcamp, dan online event. sebagai salah satu mitra pada program Studi Independen Kampus Merdeka batch 5 ini Vocasia menyediakan 3 kelas, yaitu Front End Developer, Back End Developer, dan Fullstack Web Developer. Hal ini berbeda pada saat program studi independen batch 4 kemarin yang dimana vocasia berfokus pada 1 kelas yaitu Practical Digital Marketing. Sebagai perusahaan edutech, pastinya vocasia akan memberikan pembelajaran yang terbaik untuk para peserta dengan menghadirkan mentor-mentor yang ahli di bidangnya agar mahasiswa mendapatkan pembelajaran yang relevan di industri terkait.

Manfaat Mengikuti Studi Independen Di Vocasia

1. Pengembangan Kreativitas

Mengikuti Studi Independen di Vocasia memungkinkan untuk mahasiswa menggali topik yang sangat sesuai dengan minat pribadi mereka. Dengan demikian, mereka memiliki kesempatan untuk mengembangkan hal-hal yang kreatif dan inovatif.

2. Peningkatan Keterampilan Soft Skills dan Hard Skills

Selama Studi Independen berlangsung, mahasiswa akan mendapatkan tugas terkait dengan materi yang sudah dipelajari dan mempresentasikannya di depan mentor, hal ini dapat meningkatkan soft skills dan hard skills.

Baca Juga: Vocasia Mengadakan Bootcamp Digital Marketing Specialist (CIB-DMS)

3. Mendapat Konversi 20 SKS

Walaupun program ini belajar di luar kampus, tetapi bisa dikonversi 20 SKS. Hal ini akan membantu kamu untuk fokus mengembangkan diri dan kamu tidak terbebani dengan tugas tugas kuliah karena selama 1 semester kamu full belajar di luar kampus.

4. Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah

Pada saat mahasiswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh para mentor, mereka dituntut untuk berpikir kritis dan inovatif. Hal ini dapat membantu mahasiswa untuk melatih kemampuan dalam memecahkan masalah, karena kemampuan ini sangat berguna dalam dunia kerja.

Cerita Peserta Studi Independen Batch 5 Di Vocasia

Andre Apriyana dari Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri

“Saya ingin mengucapkan Terimakasih kepada Kemendikbudristek yang telah mengeluarkan kebijakan kampus merdeka salah satunya yaitu Program Studi Independen yang saya ikuti saat ini. Alhamdulillah tepat pada bulan Agustus saya telah di terima mengikuti program Studi Independen Back-End Develover di Vocasia. Saya sangat senang dengan pengalaman saya dalam mengikuti program Studi Independen ini. Program ini memberi saya kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan saya dalam bidang yang saya minati yaitu teknologi. Selama program ini, saya mendapatkan akses ke sumber daya pendidikan yang kaya dan beragam yang membantu saya memahami dasar-dasar pemrograman dan pengembangan web secara mendalam. Semoga program ini akan terus ada sehingga mahasiswa lainya bisa merasakan program ini. Sekali lagi terima kasih kepada Kemendikbudristek dan Vocasia.”

Mentoring Week 6 yang diikuti oleh Andre Apriyana

Sesi Mentoring yang diikuti oleh Andre Apriyana

Penulis : Achmad Refikasa – Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *