Tanggal:25 April 2024

7 Contoh Bisnis Model Canvas dan Penjelasannya Lengkap

Saat ini persaingan bisnis semakin kompleks dan berubah dengan cepat. Oleh karena itu, kamu sebagai seorang pengusaha harus memiliki pemahaman yang kuat terkait model bisnis yang perusahaan kamu jalankan. Bisnis Model Canvas (BMC) adalah alat yang dapat membantu menghadapi kompleksitas dan perubahan cepat dalam persaingan bisnis saat ini. BMC membantu pengusaha untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang bisnis model mereka, yang merupakan langkah awal dalam merencanakan strategi yang efektif. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut dan memberikan beberapa contoh bisnis model canvas yang berbeda beserta penjelasan lengkap masing-masing contoh.

Apa Itu Bisnis Model Canvas

Bisnis Model Canvas (BMC) merupakan suatu strategi pengelolaan bisnis yang ditemukan oleh Alexander Osterwalder untuk membantu para pemilik bisnis dalam merencanakan, menganalisis, dan mengoptimalkan bisnis mereka. BMC ini versi ringkasnya dari bisnis plan, dimana kamu bisa memetakan alur strategi bisnis dengan lebih efektif dan sederhana sehingga mudah untuk dipahami.

BMC menggambarkan keseluruhan gambaran bisnis dalam Sembilan elemen kunci yang saling terkait. Dengan memahami dan mengisi setiap elemen ini, kamu dapat lebih memahami bagaimana bisnis kamu beroperasi, bagaimana kamu menciptakan nilai bagi pelanggan, dan bagaimana kamu menghasilkan pendapatan.

Untuk memudahkan para pemilik bisnis membuat BMC, silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Siapa target market kamu?
  • Apa alasan yang mendorong konsumen untuk membeli produk yang kamu jual? Apa keunggulan dari produk tersebut dan apa yang membuat bisnis anda terlihat menarik?
  • Bagaimana cara konsumen dapat menjangkau bisnis kamu dan mengetahui bahwa kamu menawarkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka?
  • Strategi apa yang kamu terapkan untuk berhubungan baik dengan konsumen dan bagaimana kamu mengetahui testimoni dari konsumen yang sudah memakai produk atau layanan tersebut?
  • Produk apa saja yang akan kamu pasarkan dan bagaimana caranya supaya bisnis kamu menghasilkan uang?
  • Apa langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk meraih value proposition
  • Apa saja sumber daya yang diperlukan untuk mengoperasikan bisnis ? aset apa yang dibutuhkan untuk bersaing dengan pesaing dalam bisnis serupa?
  • Siapa yang akan menjadi pemasok bahan baku untuk bisnis kamu?
  • Pengeluaran apa saja yang dibutuhkan untuk operasional bisnis?

Baca Juga: Lean Canvas: Pengertian, Fungsi, Komponen Dan Contohnya

Contoh Bisnis Model Canvas Berbagai Industri

berikut beberapa contoh BMC dalam berbagai industri:

1. Contoh Bisnis Model Canvas Dalam Bisnis Makanan

Bisnis model canvas yang pertama adalah industri makanan. Saat ini bisnis industri makanan semakin berkembang karena minat masyarakat untuk mencoba berbagai jenis makanan semakin meningkat. Pada contoh ini Minvo ambil dari salah satu usaha MieYamin Sedaap. Berikut contoh BMC:

Bisnis model canvas makanan

Usaha MieYamin Sedaap menargatkan dari usia remaja sampai dewasa. MieYamin Sedaap juga dapat dipesan melalui gofood, grab food, dan shopeefood. Hal ini membuat pelanggan mudah untuk menjangkaunya.

Baca Juga: Kenali Business Model Canvas (BMC) Lebih Dekat!

2. Contoh Bisnis Model Canvas Dalam Bisnis Minuman

Berikutnya contoh BMC industri minuman. Tidak hanya industri makanan yang semakin berkembang, industri minuman  juga memiliki peluang besar untuk berkembang. Pada contoh ini Minvo menggunakan usaha kopi, yang dimana saat ini usaha minuman kopi sedang marak-maraknya di kalangan millennials dan Gen-Z. Berikut contoh bmc usaha minuman kopi:

Warung kopi sedhep menyediakan beragam jenis kopi tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, hal ini akan memberikan variasi yang unik kepada pelanggan. Selain itu warung kopi sedhep juga menawarkan aneka jajanan tradisional sehingga, menjadi nilai tambah bagi pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Profesi Business Analyst

3. Contoh Bisnis Model Canvas Dalam Bisnis Fashion

Saat ini, industri fashion semakin banyak diminati oleh banyak orang, bisa dilihat dari banyaknya brand-brand lokal yang berkembang dan meraup banyak keuntungan. Jika kamu ingin berbisnis di bidang fashion, yuk ikuti contoh BMC berikut ini:

Bisnis model canvas Fashion

Brand fashion tersebut memiliki desain produk yang unik dan tidak umum. Selain itu mudah sekali dijangkau oleh pelanggan karena aktif di sosial media dan juga telah tersedia di e-commerce.

4. Contoh Bisnis Model Canvas Dalam Bisnis Transportasi online

Gojek merupakan salah satu perusahaan transportasi online yang sangat diminati. Target pasar dari gojek adalah pelajar, mahasiswa, pegawai yang menggunakan internet dan pengguna transportasi umum. Key resource yang digunakan gojek berupa aplikasi, seperti Google Maps dan aplikasi gojek.

Agar kamu bisa memahami BMC dari gojek, maka kamu bisa mempelajarinya langsung melalui informasi di bawah ini:

Bisnis model canvas Transportasi online

Baca Juga: Mengenal Segmentasi Pasar Secara Tepat

5. Contoh Bisnis Model Canvas Dalam Bisnis Retail

Jika kamu tertarik untuk membuka usaha dibidang retail, yuk pelajari BMC bisnis retail! Kamu bisa mengikuti BMC yang dimiliki oleh Morrisons Supermarket. Berikut contoh BMC Morrisons Supermarket:

Bisnis model canvas Retail

Morrisons supermarket menargetkan pelanggan yang sangat suka berbelanja kebutuhan di e-commerce. Sasaran Morissons supermarket sesuai dengan value proposition yaitu menyediakan semua kebutuhan pelanggan seperti bahan makanan segar, daging, makanan siap saji secara online.

6. Contoh Bisnis Model Canvas Dalam Bisnis Penginapan

Jika kamu ingin membuat bisnis penginapan, usahakan membuat BMC yang berkualitas seperti yang dilakukan Hotel Summer Bed & Breakfast. Berikut contoh BMC Hotel Summer Bed & Breakfast:

Bisnis model canvas Penginapan

Pada bmc tersebut telah dijelaskan value proposition Hotel Summer Bed & Breakfast menggunakan konsep art hotel yang membuat hotel ini banyak dihiasi desain-desain mural. Hal ini memberikan konsep baru dalam industri hotel dan juga pastinya hotel ini sering dikunjungi oleh anak muda karena banyak spot foto yang instagramable.

7. Contoh Bisnis Model Canvas Dalam Bisnis Online shop

Di era digital saat ini, bisnis online shop sangat diminati oleh banyak orang. Jika kamu ingin membuka bisnis online shop, jangan lupa membuat BMC sebaik mungkin agar berbeda dari competitor. Berikut contoh BMC bisnis online shop:

Bisnis model canvas Online Shop

 

BMC bisnis online shop ini berfokus pada menjual berbagai makanan beku atau frozen food. Dilihat dari vaue propositionnya mereka menjual makanan sehat seperti dimsum vegan dan nugget jamur. Selain itu mereka juga bekerja sama dengan key partner seperti micro influencer, affiliate marketing, reseller, dan dropshipper untuk membantu meningkatkan penjualan.

 

Nah, Setelah kamu memahami contoh BMC berbagai bidang di atas, sekarang kamu sudah bisa membuat bisnis sendiri dan jangan lupa menjawab pertanyaan yang sudah disediakan sebelum membuat BMC agar kamu lebih mudah membuat .

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *