Tanggal:22 June 2024
cost accounting

Cost Accounting: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Penerapannya di Bisnis

Dalam dunia bisnis, informasi yang akurat tentang biaya produksi dan penggunaan sumber daya sangat penting untuk pengambilan keputusan yang tepat. Di sinilah cost accounting atau akuntansi biaya memainkan peran penting. Cost accounting adalah suatu sistem akuntansi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, menganalisis, dan melaporkan informasi biaya untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan strategis. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian, fungsi, jenis, dan penerapannya di bisnis.

1. Pengertian

Cost accounting adalah proses mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis informasi biaya yang terkait dengan kegiatan operasional perusahaan. Tujuan utama cost accounting adalah menyediakan informasi yang akurat tentang biaya produksi, biaya produk, biaya layanan, dan biaya lainnya yang diperlukan untuk menghasilkan barang atau jasa perusahaan.

2. Fungsi

Cost accounting memiliki beberapa fungsi penting dalam suatu perusahaan, antara lain:

a. Menghitung Biaya Produksi

Sangat membantu mengidentifikasi dan menghitung biaya bahan baku, tenaga kerja, overhead pabrik, dan biaya lainnya yang terlibat dalam proses produksi.

b. Pengendalian Biaya

Dengan informasi yang dihasilkan, manajemen dapat mengendalikan biaya produksi dan operasional perusahaan agar tetap efisien dan kompetitif.

c. Pengambilan Keputusan

Informasi yang dihasilkan memungkinkan manajemen untuk membuat keputusan strategis yang berhubungan dengan harga jual, analisis kelayakan investasi, penentuan harga, dan pengendalian persediaan.

d. Evaluasi Kinerja

Membantu dalam mengevaluasi kinerja departemen atau unit bisnis berdasarkan biaya yang ditanggung dan hasil yang dicapai.

3. Siklus

Siklus cost accounting terdiri dari beberapa langkah yang dilakukan secara berulang, antara lain:

  • Perencanaan biaya: Menentukan anggaran biaya untuk periode tertentu.
  • Pengumpulan data biaya: Mengumpulkan informasi biaya dari berbagai departemen atau unit bisnis.
  • Pengalokasian biaya: Membagi biaya overhead ke departemen atau produk yang relevan.
  • Perhitungan biaya produk: Menghitung biaya produksi untuk setiap produk yang dihasilkan.
  • Analisis biaya: Menganalisis komponen biaya untuk mengidentifikasi potensi penghematan atau perbaikan.
  • Pelaporan biaya: Menyajikan informasi biaya kepada manajemen dalam bentuk laporan yang relevan.

4. Jenis – Jenis

a. Cost Accounting Job Order

Digunakan untuk perusahaan yang memproduksi produk dengan spesifikasi yang khusus, seperti perusahaan konstruksi, penerbitan buku, dan perusahaan manufaktur custom.

b. Cost Accounting Process

Digunakan untuk perusahaan yang memproduksi barang dalam jumlah besar secara terus menerus, seperti perusahaan manufaktur massal.

c. Cost Accounting Activity-Based

Mengalokasikan biaya berdasarkan aktivitas yang dilakukan dalam proses produksi atau layanan.

5. Penerapan Cost Accounting di Bisnis

Cost accounting dapat diterapkan di berbagai jenis bisnis, termasuk perusahaan manufaktur, ritel, jasa, dan sektor publik. Dalam bisnis manufaktur, bisa digunakan untuk menghitung biaya produksi, menentukan harga jual, mengendalikan persediaan, dan mengevaluasi kinerja pabrik.

Di sektor ritel, dapat membantu dalam pengendalian persediaan, penentuan harga jual, dan analisis laba rugi. Sedangkan dalam sektor jasa, biasa digunakan untuk menghitung biaya layanan, menentukan harga, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Dengan memahami cost accounting, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya dan mengambil keputusan yang lebih baik dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.

Jika sobat ingin memperdalam pengetahuan sobat tentang cost accounting, minvo merekomendasikan kursus “Cara Menghitung HPP pada Perusahaan Manufaktur dengan Cost Accounting” yang dapat sobat ikuti di Vocasia. Klik tombol dibawah ini untuk informasi lebih lanjut

content manager

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *