Tanggal:18 May 2024

FAKTA SISTEM PAYLATER

Apa Itu Pay Later?

Maraknya produk toko belanja online dengan sistem paylater dapat mengubah cara konsumen dalam menggunakan metode pembayaran seperti kartu kredit, yang mana memiliki karakteristik utama yang hampir sama dengan sistem paylater.

Baik paylater maupun kartu kredit menawarkan jangka pendek, bebas bunga pinjaman, memungkinkan konsumen untuk segera memiliki barang dan menunda pembayaran. Untuk beberapa konsumen dan pedagang, produk paylater mungkin lebih menarik daripada kartu kredit.

Berbeda dengan kartu kredit, produk paylater dapat disetujui tanpa pemeriksaan yang rumit dan menawarkan opsi pembiayaan yang fleksibel kepada konsumen, persyaratan transparan, jadwal pembayaran yang telah ditentukan sebelumnya, dan biaya bunga yang lebih rendah atau bahkan tanpa biaya.

Sementara pinjaman kartu kredit bisa bebas bunga hingga satu bulan dan terbatas tergantungn apakah pemegang kartu telah membayar jumlah tagihan sebelumnya secara penuh, pinjaman paylater biasanya bebas bunga hingga tiga bulan.

Produk paylater menawarkan kemampuan untuk menyelesaikan penjualan dengan cepat, akan tetapi penyedia sistem paylater nantinya akan menanggung risiko tolak bayar dan penipuan. 

Produk paylater berpotensi menggantikan pembayaran kartu kredit dan mengurangi keuntungan bagi penyedia layanan kartu kredit. Padahal, menerbitkan kartu kredit sangat menguntungkan bagi bank terutama bank-bank besar jika dibandingkan dengan aktivitas bank lainnya.

Paylater terbukti telah mengurangi keuntungan bank. Menurut Consumer Lending Pools McKinsey data, selama beberapa tahun terakhir bank kehilangan pendapatan $8 miliar hingga $10 miliar per tahun karena fintech menawarkan produk paylater.

Kartu kredit menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada kartu debit atau prabayar. Survei terbaru yang dilakukan oleh C+R Research menemukan bahwa 38 persen pengguna paylater mengatakan paylater pada akhirnya akan menggantikan kartu kredit. 

Beberapa bank mungkin bermitra dengan penyedia paylater untuk menanggung pinjaman. Cross River Bank, misalnya, berasal dari sebagian besar pinjaman yang difasilitasi melalui platform paylater Affirm.

Kemitraan mungkin menguntungkan bagi bank yang kesulitan mendapatkan pinjaman tanpa jaminan karena akuisisi pelanggan yang mahal dan aplikasi pinjaman yang begitu rumit.

Bermitra dengan perusahaan paylater mungkin memudahkan proses tersebut. Beberapa bank dan merchant juga bermitra dengan perusahaan paylater untuk memungkinkan pedagang menawarkan opsi pembayaran paylater.

Misalnya, First National Bank of Omaha baru-baru ini meluncurkan sistem paylater dan menawarkannya kepada pedagang dengan bermitra dengan Skeps, penyedia produk pinjaman paylater. Incumbent lain telah bereaksi terhadap produk BNPL dengan mencoba mendapatkannya. 

Pada Agustus 2021, Square, penyedia e-wallet dan pemroses pembayaran pedagang, mengumumkan niatnya untuk mengakuisisi Afterpay. Square menawarkan Aplikasi Tunai, aplikasi dompet pembayaran untuk pelanggannya serta aplikasi dan layanan pemrosesan pembayaran untuk pedagang.

Akuisisi akan memungkinkan Square untuk menawarkan paylater saat checkout dan memungkinkan pelanggan Cash App untuk menemukan pedagang yang menawarkan paylater langsung di dalam aplikasi. Selanjutnya, konsumen Afterpay akan dapat mengelola pembayaran cicilan mereka langsung di Cash App.

Pemain lainnya yang bereaksi terhadap produk paylater dengan menawarkan opsi paylater atau pinjaman cicilan dalam infrastruktur yang ada adalah PayPal, penyedia e-wallt dan pemroses pembayaran pedagang. Paypal mengklaim dirinya dapat menghidupkan kembali produk bunga yang ditangguhkan dan memperkenalkan produk pinjaman cicilan yang disebut “Pay in 4”.

Pay in 4 memiliki fitur yang sama dengan produk tipikal paylater: empat cicilan sama, tanpa bunga, dengan pembayaran pertama pada saat itu untuk pada saat pembelian dan tiga pembayaran sisanya setiap dua minggu berikutnya.

Contoh lainnya adalah Mastercard dan Visa dimana kedua penyedia layanan e-wallet tersebut sama-sama bersaing mengembangkan opsi paylater. Opsi paylater Mastercard tersedia untuk bank, pemberi pinjaman, perusahaan fintech, dan penyedia e-wallet yang menerima pembayaran Mastercard.

Konsumen dapat mengakses opsi paylater Mastercard melalui mobile banking atau aplikasi e-wallte pemberi pinjaman, atau melalui fitur paylater dengan  persetujuan pinjaman paylater selama checkout. Dengan demikian, konsumen dapat menggunakan paylater di merchant manapun itu yang menerima Mastercard.

Mirip dengan produk paylater lainnya, merchant biasanya dikenakan biaya pelanggan yang memiliki akses ke cicilan tanpa bunga.

Hampir sama seperti Mastercard, visa juga menawarkan paylater melalui aplikasi pemrograman yang memungkinkan penerbit kartu membuat rencana cicilan dan menyediakan paket merchanr dengan biaya cicilan yang memenuhi syarat yang dapat dipilih oleh pemegang kartu selama checkout. 

Paylater menghadapi pengawasan yang lebih ketat seiring perkembangannya. Di Inggris dan Australia, misalnya, regulator sudah mulai mengambil langkah-langkah untuk mengatur industry paylater. Departemen Keuangan Inggris baru-baru ini menerbitkan konsultasi yang mengeksplorasi opsi kebijakan untuk mengatur industri paylater.

Konsultasi secara luas berfokus pada hasil konsumen, akses ke sengketa, dan biaya yang dibebankan penyedia paylater ke pedagang. Reserve Bank of Australia baru-baru ini menyimpulkan bahwa menghapus aturan tanpa biaya tambahan dalam pengaturan paylater merupakan kepentingan publik sehingga ini akan memungkinkan pedagang untuk membebankan biaya menerima transaksi paylater kepada pelanggan yang menggunakan paylater.

Meski regulator di Australia belum mengambil tindakan langsung terkait kekhawatiran konsumen, asosiasi industri termasuk perusahaan paylater terbesar telah mengeluarkan kode praktik untuk mengatur sendiri industri paylaternya. 

Ditulis Oleh Julia Rosela Kapisa (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *