Tanggal:03 May 2024

Memahami Follow Up Untuk Kemajuan Bisnis

Di masa persaingan bisnis yang ketat ini, pastinya sebagai seorang pebisnis perlu menemukan cara untuk mempertahankan dan juga memajukan bisnisnya. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan bisnis adalah melakukan follow up.

Follow up dalam berbisnis memiliki tujuan untuk memantau perkembangan perusahaan, memastikan pemasaran berjalan dengan lancar, dan mengantisipasi segala masalah yang dapat memberikan dampak buruk terhadap perusahaan.

Dengan begitu, seberapa penting suatu perusahaan melaksanakan strategi follow up? Untuk menjawab pertanyaan di atas, artikel ini akan membahas lebih dalam apa itu strategi follow up, seberapa pentingnya follow up, strategi dan media apa yang cocok untuk melakukan strategi follow up

Apa Itu Follow Up?

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, follow up memiliki arti tindak lanjut. Jadi, follow up ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menindaklanjuti. Oleh karena itu, biasanya follow up dilakukan setelah perusahaan tersebut melakukan pemasaran atau mempromosikan produknya kepada konsumen.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan follow up, mulai dari mengirim email secara teratur, ataupun mengirim pesan melalui media sosial. Salah satu tujuan dari follow up ini untuk mengingatkan produk kita kepada konsumen dan mengetahui tanggapan mereka, setelah mengenalkan produk kita kepada mereka melalui promosi.

Pentingnya Melakukan Follow Up

Follow up ini sangat penting dilakukan oleh para pelaku usaha. Sebab jika kita tidak melakukan follow up setelah mempromosikan produk kita, itu diibaratkan layaknya melepaskan peluang kita begitu saja. 

Maksud peluang di sini adalah calon pelanggan, tanpa adanya tindak lanjut. Pelanggan yang awalnya tertarik dengan produk kita kemungkinan tidak akan membeli karena tidak adanya tindakan follow up

Oleh karena itu, ada beberapa alasan yang menjadikan seorang pebisnis untuk melakukan tindakan follow up. Hal itu sudah dirangkum dalam artikel ini, berikut beberapa alasan pentingnya melakukan follow up.

1) Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Follow up terhadap pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan demikian, kita bisa mengetahui bagaimana cara untuk menarik konsumen. 

Dibarengi dengan melakukan promosi dan pemasaran yang efektif. Follow up mampu meningkatkan jumlah pelanggan dan menarik customer untuk memperluas jangkauan pembeli. 

2) Penjualan dan Penghasilan Bertambah

Dengan meningkatnya jumlah pelanggan setelah melakukan follow up. Hal itu secara tidak langsung meningkatkan penjualan sehingga penghasilan bisnis kita pun makin bertambah.

Hal ini pastinya harus dibarengi dengan konsistensi kita dalam melakukan follow up. Dengan demikian, produk yang kita pasarkan akan lebih cepat terjual dan omset pun juga ikut meningkat.

3) Memperoleh Feedback dari Pelanggan

Dengan melakukan follow up, kita bisa mendapatkan feedback dari pelanggan. Feedback yang bisa diberikan mulai dari bentuk kritik dan saran; bisa juga berbentuk testimoni dan rekomendasi.

Memperoleh kritik dan saran, kita bisa mengevaluasi dan mengembangkan bisnis kita menjadi lebih baik. Dengan produk yang memuaskan pelanggan, mereka bisa memberikan testimoni yang baik terhadap produk kita. 

Dengan begitu, calon pelanggan baru akan lebih percaya kepada produk kita sehingga berani membeli produk kita. Serta mereka pun juga akan merekomendasikan produk kita kepada orang lain.

4) Performa Bisnis yang Meningkat

Kritik dan saran sangat berperan untuk mengembangkan produk kita. Tanpa adanya hal tersebut, pastinya kita akan merasa cepat puas dan tidak mau memberikan inovasi kepada produk kita.

Oleh karena itu, dengan melakukan follow up kita dapat meningkatkan performa bisnis kita; agar dapat memenuhi kebutuhan dan menyesuaikan produk kita dengan selera pelanggan. Dengan begitu, penjualan akan meningkat secara perlahan. 

5) Meningkatkan Retensi

Dengan melakukan follow up yang baik dan konsisten, hal itu akan membangun hubungan yang baik terhadap konsumen. Hal itu biasa kita sebut sebagai “retensi”. Retensi adalah rasa kepercayaan konsumen terhadap produk kita. 

Hal ini sangat berpengaruh dalam jangka panjang karena kita bisa mempertahankan pelanggan yang setia. Dengan demikian, mereka tidak akan hanya melakukan one time purchase saja, melainkan akan melakukan repeat order.

Strategi Agar Follow Up Efektif

Ada beberapa strategi yang harus dilakukan agar follow up menjadi lebih efektif dan memberikan dampak yang signifikan.

1) Memberikan Ucapan Terima Kasih

Memberikan ucapan terima kasih terhadap pelanggan yang sudah membeli produk kita merupakan hal kecil yang cukup penting. Karena dengan begitu, pelanggan memiliki kesan yang baik terhadap produk kita dan juga merasa lebih dihargai sebagai pembeli.

Biasanya perusahaan memberikan ucapan terima kasih melalui kartu ucapan atau mengirimnya melalui email. Pastikan cantumkan kontak agar pembeli bisa menghubungi kembali jika memiliki masalah.

2) Melakukan Penjualan Kedua

Hal ini juga penting untuk dilakukan pada saat melakukan follow up walaupun tampak seperti membuang waktu. Sebenarnya ini merupakan kunci menciptakan hubungan baik terhadap konsumen.

Melakukan komunikasi akan membantu bisnis memahami kebutuhan mereka dan memberikan ide dalam mengembangkan produk. Dengan demikian, Anda akan memiliki kesempatan untuk menawarkan produk selanjutnya.

3)  Pentingnya Jalur Komunikasi

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting di dalam semua hal, salah satunya dalam melakukan follow up. Oleh sebab itu, Hal tersebut dilakukan dengan melakukan komunikasi dan memberikan informasi yang bermanfaat seperti artikel, tips dan trik, dan juga webinar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. 

Tahap ini dapat dikatakan sebagai fase konsolidasi kepercayaan konsumen dengan bisnis anda. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan layanan call atau live chat.

Media Yang Cocok Untuk Follow Up

Ada beberapa media yang cocok untuk melakukan follow up secara efektif dan juga efisien.

1) Email

Media yang cocok untuk melakukan follow up adalah email karena dengan email kita juga bisa mengirim email secara rutin. Email yang dikirimkan juga harus melampirkan hyperlink yang mengarah ke situs produk kita agar konsumen bisa mengetahui dengan baik apa yang kita tawarkan.

2) Telepon

Walaupun telepon sudah jarang digunakan, tetapi media ini masih efektif untuk melakukan follow up. Melalui telepon, kita dapat menanyakan pengalaman pelanggan dalam menggunakan produk kita.

3) SMS

Sama seperti telepon, media SMS juga sudah sedikit yang menggunakannya. Namun tak ada salahnya juga melakukan follow up melalui SMS. Kita dapat mengirim beberapa informasi tentang produk maupun layanan kepada pelanggan.

4) Social Media

Nah, yang satu ini berbeda dengan telepon dan SMS yang sudah jarang digunakan. Media sosial merupakan media yang paling efektif untuk melakukan follow up. Dengan menggunakan media sosial, kita dapat berinteraksi dengan pelanggan; biasanya mereka akan mengajukan pertanyaan produk sehingga terjadi hubungan yang positif.

Nah, bagi Sobat Vocasia yang ingin mengetahui lebih banyak hal-hal yang berkaitan dengan dunia bisnis. Kalian bisa mengikuti kelas online Vocasia yang membahas tentang tips bisnis dan materi-materi yang mengedukasi lainnya. Yuk, mumpung lagi ada promo langsung aja daftar, yaitu caranya langsung KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *