Tanggal:17 June 2024

5 Ide Bisnis Online Untuk Pemula, Dijamin Untung!

Bisnis online semakin populer dan berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya orang yang menggunakan internet sebagai sumber informasi dan belanja.

Memiliki usaha online yang menguntungkan, bahkan mungkin untuk laku setiap hari merupakan keinginan setiap orang. Walaupun hal seperti itu tidak mudah, tapi bukan berarti hal tersebut mustahil terjadi. Selain itu, ada juga beberapa ide bisnis online tanpa modal yang dapat dijalankan juga, lho.

Penasaran apa saja ide bisnis online untuk pemula yang dapat kamu jalankan? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Membuka Toko Online

Sumber: Indoworx

Ide bisnis online untuk pemula pertama yang layak untuk kamu coba adalah dengan membuka toko online. Berbeda dengan toko offline yang harus memiliki toko fisik, untuk membuka toko online hanya dibutuhkan gadget dan internet saja.

Sudah ada banyak sekali platform e-commerce yang dapat kamu manfaatkan untuk membuka toko online. Di Indonesia sendiri, salah satu platform yang dapat digunakan seperti adalah Bukalapak.

Barang yang diperdagangkan di dalam toko online tersebut pun dapat beragam, mulai dari barang baru, seperti produk kerajinan tangan hingga barang bekas milik pribadi yang sudah tidak terpakai. Kamu juga bisa menjadi reseller dengan menjual kembali barang dari supplier. 

Yuk, mulai bisnismu dengan membuka toko online di Bukalapak.

Daftar Seller Bukalapak Sekarang!

2. Dropship

(Sumber: Kompas)

Jika ingin membuka toko online tetapi tidak memiliki produk yang dapat dijual, maka kamu dapat memulai bisnis dropship saja. Dalam bisnis dropship, kamu hanya perlu bekerja sama dengan pemasok dari produk yang ingin dijual. Bahkan, produk tersebut dapat kamu ganti namanya dengan brand milik sendiri. Namun, pastikan bahwa kamu dan pemasok sudah melakukan kesepakatan akan hal tersebut, ya.

Bisnis dropship ini bahkan tidak memerlukan modal sepeser pun, hanya gadget dan akses internet saja. Kamu juga bisa menghemat biaya lain seperti penyediaan gudang, perawatan barang, dan lain sebagainya. Benar-benar dapat dilakukan sepenuhnya dari rumah.

Cara kerjanya juga mudah, jika ada pelanggan yang berminat untuk membeli sebuah produk, mereka hanya perlu mentransfer uang pembelian ke dropshipper. Kemudian, dropshipper akan meneruskan uang pembelian (yang telah dipotong dari keuntungan dropshipper) beserta informasi kontak pembeli kepada pemasok. Terakhir, pemasok akan mengirimkan produk tersebut ke alamat pembeli. Sangat mudah bukan?

3. Affiliate Marketing

Sumber: Empire Flippers

Affiliate marketing merupakan salah satu ide bisnis online untuk pemula yang baru-baru ini sedang menjadi tren. Cara kerjanya hampir mirip dengan dropshipper, tetapi elemen yang ditonjolkan adalah kamu seolah-olah menjadi micro-influencer dari produk yang akan dipromosikan tersebut.

Setelah mempromosikan suatu produk, kinerja dari kamu akan dihitung sesuai dengan berapa banyak produk tersebut yang terjual dari promosi yang telah dilakukan. Setelah itu, perusahaan terkait akan memberikan komisi sesuai target produk yang dihasilkan. Komisi itu sendiri tergantung pada kesepakatan antara kamu dengan pihak penjual produk. Menarik bukan?

4. Menjual Pulsa, Kuota, dan Token

(Sumber: Fimela)

Ide bisnis online untuk pemula yang satu ini sangat mudah untuk dijalankan. Kamu hanya perlu memberitahu orang-orang, baik itu melalui media sosial atau secara mulut ke mulut bahwa kamu menyediakan jasa pengisian pulsa,  kuota, dan token.

Nantinya, jika ada pelanggan yang tertarik untuk membelinya, kamu hanya perlu meminta nomor telepon atau nomor listrik dari pelanggan tersebut saja dan mengisi pulsa atau kuota sesuai yang mereka minta. Kamu dapat mendapatkan keuntungan dengan cara menambahkan harga dari saldo pulsa atau token sebenarnya. Sebagai contoh, jika pelanggan ingin membeli saldo pulsa atau token senilai 25.000, maka kamu dapat menjualnya dengan harga 28.000 atau disesuaikan saja.

5. Freelance

Sumber: The Remote Hive

Ide bisnis online untuk pemula yang selanjutnya adalah menjadi freelancer. Kamu bisa ‘menjual’ kemampuan yang dimiliki menjadi jasa seperti penulisan, desain grafis, mengajar, dan lain sebagainya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dari pasar yang ingin diikuti.

Untuk menjadi freelancer, kamu dapat melakukannya dengan dua cara. Pertama, kamu dapat menawarkan jasa dengan mendaftarkan diri melalui situs freelance. Saat ini sudah banyak situs freelance yang bisa digunakan, baik dari lokal maupun luar negeri.

Selanjutnya, kamu bisa menjadi freelancer yang independen atau mandiri. Artinya, kamu memasarkan jasa freelance dengan strategi sendiri, baik itu melalui media sosial atau memasang iklan digital, dan lain sebagainya.

Berbagai kemungkinan bisa kamu lakukan dengan hanya bermodalkan internet, termasuk menjalankan bisnis dari rumah. Untuk memudahkan kamu, kami sudah menyiapkan rangkuman dari semua hal yang kami bahas dalam artikel ini.

Contoh ide bisnis online untuk pemula yang menguntungkan:

    • Membuka toko online. Jual produk melalui toko online.
    • Bisnis dropship. Teruskan produk secara langsung dari pemasok kepada konsumen di toko dengan label kamu sendiri.
    • Pemasaran afiliasi. Dapatkan komisi dengan mempromosikan suatu produk.
    • Menjual pulsa, kuota, dan token. Kamu hanya perlu meminta nomor telepon atau nomor listrik dari pelanggan dan mengisi pulsa atau kuota sesuai yang mereka minta.
    • Menjadi freelancer. Siapkan CV/resume lalu tawarkan jasamu melalui situs freelance.

Demikian rekomendasi bisnis dari rumah untuk pemula yang layak untuk dicoba. Bagaimana, sudah menemukan ide bisnis online terbaik yang ingin kalian jalankan? Semoga artikel ini bisa membuat kamu mendapatkan inspirasi untuk bisnis online, ya! Jika punya pertanyaan, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga sukses selalu!

Ditulis Oleh DWI PUSPITA MAHARANI (Mahasiswa Studi Independen Batch 4)

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *