Tanggal:17 September 2024

Ingin Resign? Ini Pertimbangan-Pertimbangannya Sebelum Memutuskan

Mengundurkan diri dari tempat kerja memang bukan pilihan dan perbuatan yang mudah untuk dipikirkan dan dilakukan dalam kurun waktu yang cepat. Kamu minimal membutuhkan waktu dari satu sampai dua minggu, hingga berbulan-bulan. Tentu saja hal ini berbeda dengan setiap orang. Ada yang bisa langsung menentukan, ada juga yang harus membutuhkan waktu yang lama. Kamu sendiri jenis orang yang mana nih? 

Pertimbangan-pertimbangan dibutuhkan agar kamu memiliki keputusan yang menurut kamu benar-benar mutlak, bukan perasaan yang ternyata hanyalah sebuah perasaan sementara. Maka dari itu, kamu harus mengecek dan berpikir ulang kembali, apakah kamu memerlukan resign?

Yuk kita simak list berikut untuk pertimbangan apa saja yang harus kamu lakukan sebelum resign

1.Apakah Kamu Masih Ingin Berada Di Tempat Yang Sekarang? 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, apakah kamu masih ingin berada di tempat kerja yang sekarang? Apakah kamu masih nyaman? Apakah kamu yakin kamu masih akan dapat belajar serta berkembang lebih lagi? Jika tidak, mungkin kamu harus resign, karena kalau sudah tidak memiliki rasa terhadap hal-hal tersebut, untuk apa masih di tempat kerja yang sekarang?

2. Nominal Gaji 

Ini mungkin merupakan salah satu hal pertimbangan yang sering sekali digunakan oleh banyak orang. Gaji sendiri merupakan hal yang penting bagi banyak orang, karena mereka harus menghidupkan mereka sendiri dengan memenuhi kebutuhan pokok dan lain-lainnya. Kalau kamu merasa gajimu yang sekarang kurang dan sudah tidak cukup untuk memenuhi kehidupan dan kebutuhanmu, mungkin saatnya kamu harus resign.

3. Kesehatan Mental & Fisik 

Di dalam lingkungan kerja, kesehatan mental dan fisik biasanya diuji dalam beberapa momen. Contohnya saja dengan atasan, rekan kerja, hingga kuantitas tugas yang harus kamu kerjakan. Maka dari itu, pastikan kesehatan mental dan fisik kamu masih dalam kontrol. Karena jika tidak, itu pastinya akan mengganggu produktivitas kerjamu.

4. Rencana Kerja Kedepannya 

Dalam bekerja, pastinya kamu memiliki tujuan dalam rencana kerja kamu. Baik kamu yang menentukan, atau ditentukan dari perusahaan dan atasan kamu. Apakah kamu yakin masih sejalan, atau sebaliknya? Jika sudah tidak dalam jalan yang sama, memang lebih baik kamu resign dan gunakan hal ini menjadi salah satu pertimbangan kamu.

5. Pengalaman Yang Sudah Didapat 

Selama bekerja di suatu tempat, pasti kamu mendapatkan banyak hal. Seperti gaji, koneksi dan relasi, serta pengalaman. Pengalaman ini yang dapat kamu gunakan untuk menjadi pertimbangan apakah kamu sudah cukup mendapatkannya di tempat tersebut, atau kamu sudah puas dengan pengalaman yang sudah kamu dapat.

6. Minta Masukkan Dari Kerabat Terdekat 

Teman, rekan kerja hingga keluarga adalah orang-orang yang mungkin akan kamu tanyakan dan meminta masukkan apakah kamu perlu melakukan resign. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya dan cerita tentang pekerjaan kamu, sampai perihal resign.

7. Pastikan Kembali Apakah Kamu Butuh Resign? 

Setelah kamu telah melakukan pertimbangan hal-hal di atas, saatnya bertanya kembali ke diri kamu sendiri. Apakah kamu yakin ingin resign? Apakah perlu? Jangan sampai kamu memilih keputusan yang salah ya!

Baca juga :

7 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Apa Saja Alasan Resign Yang Masuk Akal? Simak Jawabannya Di Sini!

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Sopan

7 Cara Resign Yang Tepat, Harus Jaga Profesionalitas!

Semoga poin-poin di atas membantu untuk kamu menemukan jalan keluar apakah harus resign atau tidak ya!

Mahir Excel
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *