Tanggal:17 May 2024

Karyawan dan Staff, Berikut Perbedaan-Perbedaannya!

Karyawan dan Staff? Memang ada ya perbedaanya ya? Bukannya sama? Ternyata, kedua hal tersebut berbeda lho! Ada hal-hal yang membedakan keduanya, tetapi mereka sama-sama pekerja yang mungkin dapat samakan, tetapi memiliki perbedaan yang mungkin kamu belum tahu atau melihatnya secara teliti.

Secara garis besar, perbedaan antara staff dan karyawan sendiri adalah dimana staff adalah pekerja tetap, sedangkan karyawan adalah pekerja yang memiliki kontrak kerja dan bisa berhenti saat kontrak kerja tersebut berakhir. Tetapi tidak hanya itu saja lho, kita juga membedakannya dari banyak hal juga. Yuk kita simak bareng!

Baca Juga | Apa Itu Karier? Yuk, Pahami Arti Dan Contohnya!

1. Tanggung Jawab 

Tanggung jawab yang dimiliki oleh kedua hal tersebut ternyata berbeda. Secara singkat tanggung jawab yang dimiliki oleh staff itu termasuk pekerjaan yang spesifik, sedangkan karyawan masih mendapatkan pekerjaan yang kurang spesifik. Kira-kira sama-sama mudah atau susah untuk dilakukan ya?

Baca Juga | Apa Saja Tugas Dan Tanggung Jawab Supervisor?

2. Penghasilan 

Hal berikutnya yang membedakan antara staff dan karyawan adalah nominal gaji yang didapatkan. Staff sendiri biasanya mendapatkan gaji yang lebih besar karena bekerja untuk perusahaan atau lembaga. Sedangkan karyawan sebaliknya dan mungkin mendapatkan gaji yang lebih kecil.

Baca Juga | Perbedaan Passive Income Dan Active Income

3. Status Sebagai Pekerja 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, status pekerja antara staff dan karyawan itu berbeda. Staff sendiri merupakan pekerja yang terbilang pekerja tetap, sedangkan karyawan memiliki kontrak kerja yang dapat berakhir.

Baca Juga | Definisi Produktivitas Karyawan, Apa Aja Sih Ciri-Cirinya?

4. Perusahaan 

Jenis perusahaan juga dapat kamu bedakan antara staff dan karyawan. Staff sendiri bekerja untuk perusahaan atau lembaga, sedangkan karyawan bekerja untuk hal yang sifatnya lebih luas. Contoh saja untuk usaha seseorang, rumah makan, atau pegawai toko.

Baca Juga | Pengertian Dari Perusahaan Startup Yang Harus Kalian Ketahui

5. Waktu Kerja 

Waktu kerja yang dimaksud adalah jangka waktu seorang pekerja di suatu tempat yang ditetapkan pada awal. Staff sendiri mungkin bisa lama, tergantung dari kinerja yang diperlihatkan selama masa kerja. Sedangkan karyawan sudah ada jangka waktunya yang terdapat di dalam kontrak kerja.

Baca Juga | Mengenal Teknik Pomodoro, Solusi Tepat Manajemen Waktu!

6. Manfaat Kerja 

Pastinya dalam setiap pekerjaan, pekerja mendapatkan dan memiliki manfaat kerja. Contohnya saja dalam jumlah cuti yang didapatkan oleh kedua staff dan karyawan. Biasanya, staff sendiri akan menerima waktu cuti atau libur lebih banyak, sedangkan karyawan sebaliknya.

7. Definisi 

Dari definisi saja kamu juga sudah bisa membedakan kok. Secara singkat, staff adalah pekerja yang mengurus atau bekerja di belakang meja (contoh: staff admin). Sedangkan karyawan lebih bekerja dengan suatu hal yang sifatnya nyata atau fisik.

Nah kamu sekarang sudah tahu nih bedanya apa, jangan sampai lupa ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *