Tanggal:30 May 2024

Kehilangan Kartu ATM BCA? Lakukan Hal Ini!

Kepercayaan dari para nasabah menjadi tujuan penting yang harus dijaga oleh pihak bank. Jaminan keamanan kini merupakan daya tarik utama dari setiap bank untuk menarik calon nasabah. Keamanan transaksi seperti melakukan penarikan/setoran tunai di ATM perlu diperhatikan setiap bank. Keamanan yang dilakukan bank untuk mencegah beberapa tindakan kejahatan pada perbankan seperti Card Skimming, Phising, dan Carding.

Pihak bank akan selalu menjaga uang Anda dengan tingkat keamanan yang tinggi agar terhindar dari kejahatan-kejahatan diatas. Kemudahan yang diberikan oleh pihak bank ditujukan kepada nasabah agar para nasabah selalu percaya dengan keamanan dan kenyamanan dari produk bank yang telah mereka pilih.

Kini setiap bank telah menambahkan mesin ATM menyebar diseluruh tempat publik. Hal ini berguna untuk memudahkan para nasabah melakukan transaksi. Namun masih sering terjadinya kelalaian dari para nasabah maupun dari bank tersebut dalam menjaga kartu ATM.

Banyak dari nasabah yang melaporkan kehilangan kartu dalam mesin ATM maupun pada tempat-tempat di luar bank tersebut. Hal itu menjadi keluhan utama dari para nasabah yang ditujukan kepada pihak bank. Maka dari itu Bank BCA melakukan preventif dengan memberikan solusi bagi para nasabah yang memiliki permasalahan yang sama yaitu kehilangan ATM BCA. 

Langkah – Langkah Pengurusan Kehilangan Kartu ATM BCA

Para nasabah bank BCA tidak perlu khawatir jika mengalami permasalahan kehilangan kartu ATM. Pihak bank BCA telah memberikan solusi dengan beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para nasabah. Para nasabah hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen penting untuk diberikan kepada pihak bank agar bisa diurus permasalahan yang dialami. Berikut cara yang dapat dilakukan jika ingin mengurus kehilangan kartu ATM BCA dengan offline maupun Online :

Melalui Call Center dan Kantor Cabang

bagi Anda yang kehilangan kartu ATM BCA, langkah-langkah yang dapat dilakukan dengan menghubungi call center BCA maupun langsung menuju kantor cabang terdekat BCA sebagai berikut:

  • Menghubungi call center BCA dengan nomor panggilan 1500888 dengan dikenakan biaya panggilan (pulsa)
  • Jika sudah terhubung dengan customer service bank, Anda dapat menceritakan permasalahan anda dan Anda diminta untuk memberikan dan memverifikasi beberapa data seperti nama, alamat, hingga nomor rekening
  • Menunggu pihak bank sedang melakukan proses pemblokiran kartu anda
  • Setelah kartu Anda sudah terblokir, Anda bisa mengunjungi kantor cabang Bank BCA terdekat dengan membawa KTP dan buku rekening
  • Tanyakan dan jelaskan kepada security mengenai tujuan Anda, kemudian Anda diarahkan mengambil nomor antrian.
  • Tunggu sampai nomor antrian Anda dipanggil oleh customer service pihak bank
  • Setelah dipanggil, customer service akan membantu permasalahan Anda dengan membuatkan kartu ATM baru dengan dikenakan biaya administrasi
  • Kartu ATM sudah berhasil dibuat
  • Selesai

Melalui M-Banking BCA (m-BCA)

bagi anda yang kehilangan kartu ATM BCA, langkah-langkah mengganti kartu ATM BCA melalui  M-Banking BCA (m-BCA) sebagai berikut:

  • Buka aplikasi m-BCA dan login dengan username dan password
  • Setelah berada di menu layar utama , pilih menu “Akun Saya”
  • Setelah  itu, anda dapat mengklik “ganti kartu”
  • Pilih jenis kartu yang anda gunakan seperti Mastercard atau GPN
  • Jika telah dipilih, anda dapat klik “lanjut”
  • Kemudian anda dapat menuliskan alamat pengiriman kartu ATM BCA yang telah berbasis chip
  • Pastikan kembali data yang anda berikan sudah benar
  • Jika sudah, anda dapat klik “ Lanjut”
  • Masukkan PIN BCA Anda
  • Proses penggantian kartu ATM BCA Anda telah selesai.

Jadi, sudah tidak khawatirkan jika kehilangan kartu ATM BCA?

Kartu ATM yang hilang membuat para nasabah cukup panik dan menjadi permasalahan utama. Namun kini Anda tidak perlu khawatir dan panik jika terjadi kehilangan kartu ATM BCA. Anda dapat melakukan beberapa langkah yang telah dijelaskan diatas. Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan jika Anda kehilangan kartu ATM BCA. Cara kedua melalui M-Banking BCA dapat lebih praktis dan mudah hanya dengan mobile, Anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor cabang terdekat untuk mengurus kehilangan ATM BCA. Terlebih pada saat pandemi covid-19 yang diharuskan melakukan segala kegiatan dirumah untuk meminimalisir interaksi yang menyebabkan penularan penyakit. Namun kembali lagi pada Anda dapat memilih cara yang mana dan lebih efektif dan terpercaya bagi diri Anda.

Dapatkan update berita mengenai perbankan dan informasi lebih lengkap mengenai produk-produk bank BCA dengan membuka tautan resmi bank BCA yaitu https://www.bca.co.id/. Pada situs tersebut Anda dapat menanyakan dan mencari tahu informasi berdasarkan keluhan yang Anda alami. Anda juga dapat menginstal aplikasi m-BCA pada perangkat handphone melalui Appstore dan Playstore.

Ditulis Oleh Jihan Nurhaliza F (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Referensi:

https://www.idxchannel.com/milenomic/cara-ganti-kartu-atm-bca-yang-hilang-atau-rusak-online-dan-offline/2

https://katadata.co.id/agung/berita/634d7c771ae75/memahami-3-cara-mengurus-atm-bca-yang-hilang

 

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *