Tanggal:17 June 2024

Kenali dan Gabung Dropshipper dan Raih Penghasilan Tambahan

Saat ini dunia bisnis mengalami banyak memungkinkan ada beberapa hal yang diluar prespeksi pada umumnya, hal tersebut karena dunia bisnis bagaikan seni yang dimana harus memiliki kreativitas yang tinggi jadi membuat seseorang terus berusaha untuk mendapatkan kebutuhan dan keinginan yang sifatnya tidak terbatas. 

Teknologipun kian membuat bisnis makin berkembang, dimana sekarang kita bisa melakukan transaksi tanpa bertemu secara langsung. Hal tersebut membuat sebagian orang terbiasa dan senang berbelanja melalui online. Dengan adanya teknologi yang sekarang, berbagai usaha bisnis membuka dropshipper dan reseller, lalu apa sih itu dropshipper? Bagaimana cara menjadi dropshipper?

Pengertian Dropship

Dropship adalah suatu sistem pemasaran dimana penjual tidak menjual produk langsung kepada konsumen, tapi penjual akan meneruskan barang yang sudah dipesan ke distributor (orang yang ingin menjual produk ulang) yang harganya akan diberikan juga jauh lebih murah. Dropship saat ini menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki modal terbatas dan menjadi peluang bagi pelajar maupun ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan.

Saat ini sudah banyak orang yang berhasil mendapatkan penghasilan dari metode pemasaran bahkan mendapatkan hingga jutaan.

Cara Menjadi Dropshipper

Lima cara menjadi dropshipper yaitu:

  1. Memilih produk yang sesuai target konsumen
  2. Menentukan supplier
  3. Meningkatkan nilai jual
  4. Membuat website toko online
  5. Mempromosikan toko Anda

Untuk penjelasannya simak berikut yaa

Memilih produk yang sesuai target konsumen

Cara menjadi dropship untuk yang pertama adalah memilih produk yang sesuai target konsumen, lalu produk seperti apa saja yang bisa anda tawarkan untuk dijual ulang?

Memilih produk yang tepat adalah kunci dari suksesnya penjualan. Anda bisa memilih produk utama yang sebaiknya berkaitan untuk produk selanjutnya. Produk yang sesuai target konsumen anda sangatlah penting untuk diperhatikan, jadi anda harus memilih dan memilah produk yang akan anda jual. 

Untuk target konsumen sebaiknya anda memiliki detail mengenai target tersebut agar nantinya anda tidak mengalami kesusahan dalam menjual produk.

Menentukan Supplier

Saat ini banyak sekali supplier yang menerima dropship dari berbagai produk mulai dari makanan, fashion, produk kecantikan dan masih banyak lagi. Oleh karena itu anda bisa memilih supplier yang memang memiliki produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keingin konsumen anda.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan supplier:

Biaya administrasi

Sebaiknya anda memilih supplier yang memiliki biaya administrasi yang rendah agar nanti dana yang digunakan bisa untuk kebutuhan yang lainnya.

Biaya Ongkos kirim

Apabila anda ingin membeli produk ke supplier yang ada di luar kota sebaiknya jangan terlalu jauh karena nanti kita akan terbebani oleh biaya ongkos kirim yang dimana semakin jauh maka harganya akan semakin mahal

Produk yang dijual

Saat ini dalam 1 produk aja memiliki suppier yang cukup banyak, jadi usahakan anda bisa menentukan supplier yang produknya berkualitas dan sesuai kebutuhan konsumen anda.

Meningkatkan nilai jual

Disamping produk dan supplier sudah tepat sebaiknya produk yang anda jual memiliki nilai jual yang tinggi dimana kualitas produk baik serta harga yang diberikan terjangkau.

Selain itu agar konsumen tertarik dengan produk anda, memberikan nilai plus dan keunikan dapat menjadi kuncinya. 

Agar anda mendapatkan supplier dengan produk yang berkualitas yuk cari supplier anda di Bukalapak

Cari supplier Anda di buka lapak sekarang!!

Membuat Website Toko Online

Website bagi toko online sangatlah penting untuk dimiliki, dikarenakan penjualan dropship ini kebanyakan via online jadi website bisa menjadi titik interaksi pertama bagi konsumen dengan toko online anda. Oleh karena itu desain dan isi website haruslah diperhatikan agar konsumen nyaman saat berada di situs ini sehingga membuat mereka tertarik bertanskasi.

Mempromosikan Toko Anda

Mempromosikan toko anda sangatlah penting apalagi kalau anda adalah seorang pemula  yang dimana promosi harus digencarkan agar produk anda dapat dikenal dengan orang banyak. Promosi ini dapat dilakukan di berbagai media offline maupun omline seeperti Whatsapp, Facebook, instagran, mempromosikan ke teman maupun saudara, dan masih banyak lagi.

Itulah pengertian dan langkah langkah cara menjadi dropship. Semoga Anda dapat memahami penjelasan tersebut dan nantinya bisa mempraktekkan. Yuk kita gabung menjadi dropshiper dengan mengetahui langkah langkah yang sudah dijelaskan.

Referensi : https://blog.bukalapak.com/bukasend/dropshipper-adalah-pelajari-usaha-yang-minim-modal-ini-120948

Ditulis Oleh Fera Rachmatika (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *